Teknologi

Bagaimana Pendiri Youtube Membangun Video Online Terbesar?

Ajaib.co.id – Di 15 tahun sejarahnya, Youtube telah menjadi raja video online yang tak terkalahkan. Setidaknya lebih dari 2 miliar pengguna bulanan yang menonton ratusan hingga ratusan juta jam konten setiap hari. Tetapi penggunanya hanya melihat Youtube dari sisi kesuksesannya saat ini tanpa tahu bagaimana Youtube dimulai dan akhirnya menjelma menjadi salah satu perusahaan terkenal.

Perusahaan yang memiliki tiga pendiri ini pertumbuhannya meroket setelah resmi berdiri pada tahun 2005, dan dibeli Google 18 bulan kemudian.

Di bawah Google, Youtube berubah dari tempat video amatir berkumpul menjadi sumber konten-konten unik dan original. Menghasilkan content creator terkenal seperti PewDiePie hingga Jake Paul.

Namun, sama seperti kebanyakan start-up Silicon Valley, pendiri Youtube menjalankan bisnis awalnya di sebuah garasi kecil. Hampir seluruh pegawai awal-awal Youtube pernah bekerja dengan para founder di PayPal.

Untuk lebih jelasnya, artikel di bawah ini akan menceritakan kisah pendiri Youtube memulai bisnisnya, mempertahankan momentum, dan hingga akhirnya menjadi kekuatan terbesar platform video online.

Tiga Orang, Satu Tujuan

Semua berawal di tahun 2004, tiga pegawai awal PayPal bernama Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim berusaha mengembangkan ide sebuah situs di mana penggunanya bisa mengunggah video profil kencan. Mereka menjalankan bisnis rintisan tersebut di garasi rumah Hurley, di Menlo, California.

Setelah resmi beroperasi, Youtube yang awal diciptakannya untuk kencan, tapi karena sepi peminat, akhirnya Chad Hurley selaku CEO mengubah Youtube menjadi platform video biasa yang memungkinkan semua pengguna bisa mengunggah video apa pun.

Video pertama yang diunggah di Youtube pun akhirnya meluncur pada April 2005. Salah satu pendiri Youtube, Jawed Karim mengunggah video berdurasi 18 detik yang berjudul “Me at the Zoo”.

Masih di tahun yang sama, Youtube mendapatkan pendanaan seri A dari Sequoia Capital Invest senilai USD3,5 juta. Partner Sequoia Roelof Botha yang sebelumnya pernah bekerja di PayPal dengan salah satu pendiri Youtube, mempelajari bagaimana Youtube bekerja dengan mengunggah video pernikahan dan bulan madunya.

Popularitas Youtube semakin meroket setelah iklan Nike yang viral menampilkan pesepakbola legendaris Ronaldinho menerima “Golden Boots” dan menunjukkan betapa efektifnya pemasaran melalui Youtube.

Berbagai video terus diunggah ke Youtube, misalnya seperti video dua anak lagi-lagi yang menampilkan aksi lip synching Backstreet Boys hingga video Saturday Night Live yang sempat kontroversial.

NBC, pemilik dari program SNL mengajukan gugatan ke Youtube terkait hak cipta hingga akhirnya Youtube resmi meluncurkan “Content Verification Program” untuk mendukung para content creator mengidentifikasi konten yang melanggar hak cipta.

Di tahun 2006, Youtube akhirnya resmi diakuisisi Google dengan nilai mencapai USD1,65 miliar, yang artinya memberikan keuntungan sekitar USD400 juta untuk setiap pendiri Youtube. Hari di mana akuisisi tersebut resmi, Youtube pindah kantor ke San Bruno, California.

Hari di mana Apple meluncurkan model iPhone pertamanya, Youtube juga meluncurkan situs mobile. Menurut Harley, situs mobile akan menjadi pasar yang sangat besar dan memudahkan melakukan transisi di kemudian hari.

Setelah resmi beroperasi dalam dua tahun, Google meluncurkan iklan pertama di Youtube. Alih-alih iklan sebelum video utama tayang, iklan dibuat dalam format iklan dalam video menampilkan banner semi-transparan yang muncul di bagian bawah video.

Di tahun 2009, Youtube mengungkapkan pencapaian 1 miliar tontonan dalam sehari. Di titik ini, lebih dari video berdurasi 20 jam diunggah ke Youtube di setiap menit.

Selain itu, Youtube juga telah bekerja sama dengan Vevo untuk distribusi video klip, meluncurkan program partner yang memungkinkan content creator mendapatkan keuntungan dari setiap video yang ditonton, serta meluncurkan iklan sponsor di tengah video utama.

Popularitas Youtube semakin meningkat, hingga akhirnya Felix Kjellberg atau dikenal PewDiePie bergabung ke Youtube dengan konten awalnya mengomentari video-game hingga akhirnya berubah menjadi format vlogging dan meme internet.

PewDiePie menjadi content creator yang memiliki pelanggan tertinggi di dunia, mencapai lebih dari 100 juta subscribers.

Desember 2010 menjadi hari yang menyedihkan bagi Youtube, salah satu pendirinya Chad Hurley memutuskan untuk melepas jabatan CEO dan akhirnya Google menunjuk Salar Kamangar yang sudah memimpin operasi Youtube selama kurang lebih 2 tahun.

Masih di tahun yang sama, Youtube memperkenalkan format iklan “True View” yang memungkinkan pengguna melewati iklan setelah menyaksikannya selama 5 detik untuk melanjutkan ke video utama.

Dua tahun kemudian, video “Gangnam Style” viral dan menjadi video Youtube pertama yang mencapai 1 miliar penayangan, hanya lima bulan sejak diiunggah ke Youtube, video klip PSY ini memecahkan rekor jumlah penayangan di Youtube dan hingga saat ini masih menjadi video yang paling banyak ditonton di Youtube.

Tidak hanya berfokus ke konten original dan distribusi video klip, Youtube merambah ke konten anak-anak dengan meluncurkan platform khusus video “family-friendly” yang disebut Youtube Kids.

Platform ini akan memfilter konten yang tidak sesuai dengan tontonan usia anak dan menawarkan fitur kontrol orang tua atas tontonan anak, seperti membatasi waktu menonton dan menonaktifkan fitur pencarian. Hingga saat ini, platform Youtube Kids berhasil menarik lebih dari 8 juta pengguna setiap minggu. 

Gaming juga turut meramaikan platform Youtube setelah perusahaan ini memperkenalkan Youtube Gaming sebagai cara untuk para gamers berinteraksi dengan penonton langsung selagi streaming bermain secara real-time. Layanan ini diluncurkan untuk berkompetisi dengan Twitch yang dimiliki Amazon.

Perubahan Algoritma

Youtube memutuskan mengubah dua algoritma utama videonya dengan menerapkan kebijakan yang lebih ketat pada iklan, dan mengubah Partner Program untuk meningkatkan persyaratan kelayakan channel yang menghasilkan uang.

Perubahan ini memicu munculnya istilah Adpocalypse yang diciptakan content creator untuk penurunan besar pendapatan dari video yang mereka unggah.

Keputusan ini juga memicu serangan seorang wanita yang melukai tiga orang di markas Youtube. Aksi ini diduga karena wanita tersebut kecewa atas keputusan Youtube mengubah algoritma monetisasi video.

Di tahun 2020, 14 tahun sejak akuisisi Youtube, Google mengungkapkan pendapatan iklan dari platform video tersebut. Youtube menghasilkan total USD14 miliar di tahun 2019, dengan porsi 9% dari total pendapatan iklan perusahaan induk, Alphabet.

Artikel Terkait