Milenial, Properti

Tips Bagi Milenial yang Ingin Sewa Apartemen

Ajaib.co.id – Sewa apartemen saat ini menjadi pilihan banyak milenial yang tinggal di kota metropolitan. Alasannya karena beberapa kemudahan yang apartemen tawarkan kepada penggunanya. Terlebih di kota metropolitan seperti Kota Jakarta yang sibuk dan ramai di jam-jam tertentu, kamu pasti inginnya serba nyaman dan cepat.

Apartemen memang berbeda dengan rumah konvensional. Apartemen menyediakan sistem keamanan yang lebih canggih karena tersedianya CCTV di setiap lantai dan ada satpam yang biasanya berpatroli sehingga tidak sembarangan orang bisa masuk ke komplek apartemen.

Lalu, berbagai macam fasilitas yang tersedia di apartemen cukup membantu dan menghibur pemiliknya. Kamu akan mudah menemukan ATM, mini market, penjual makanan, hingga pusat perbelanjaan di sekitar apartemen.

Selain itu apartemen biasanya berlokasi di pusat kota sehingga mudah dijangkau oleh transportasi umum. Atau jika kamu punya kendaraan pribadi juga bisa memarkirnya di lahan yang sudah tersedia, 

Walaupun rumah masih menjadi tempat tinggal primadona, tinggal di apartemen sekarang menjadi pilihan baru bagi siapa saja yang ingin merasakan fasilitas-fasilitas dan kemudahan yang ditawarkannya.

Milenial sepertimu yang ingin sewa apartemen, bisa ikuti tips berikut ini untuk menemukan apartemen yang sesuai dengan selera.

Lakukan riset

Riset sangat penting sebelum menyewa apartemen. Kamu bisa melakukan riset dengan mengandalkan internet terlebih dahulu. Riset ini tidak sulit karena bisa dengan mudah kamu lakukan dan temukan, hanya saja kamu akan membutuhkan waktu. Apalagi di sini kamu tidak hanya mencari, tapi juga membandingkan apartemen satu dengan apartemen yang lain.

Di riset ini ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan. Kamu bisa melakukan perincian sebagai berikut:

  • Cari harga sewa apartemen sesuai budget

Harga sewa apartemen itu beragam tergantung dengan fasilitas yang dimilikinya dan lokasi. Namun, kamu tetap harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Intinya apartemen yang hendak kamu tinggali itu bisa kamu jangkau dengan penghasilanmu. 

  • Perhatikan fasilitas yang tersedia

Setiap apartemen punya fasilitas khusus yang berbeda. Misalnya, ada yang memiliki kolam renang, ada yang tidak. Lalu, ada yang di dalamnya sudah memiliki barang lengkap seperti tempat tidur, microwave, lemari, televisi, internet, dan lain sebagainya. 

  • Perhatikan lokasi

Lokasi adalah hal yang perlu kamu perhatikan selanjutnya. Kalau ini kamu yang bisa menilai. Apakah kamu ingin lokasi apartemen yang benar-benar dekat dengan kantor, jadi kamu bisa menjangkaunya hanya dengan jalan kaki. Apakah apartemenmu itu dekat dengan berbagai macam fasilitas moda transportasi.

  • Perhatikan keamanan

Keamanan apartemen adalah hal penting yang perlu kamu tahu. Apakah di sana ada satpam yang berjaga. Apakah di sana tersedia CCTV di setiap lantai, dan lain sebagainya.

Datang langsung ke lokasi

Setelah selesai melakukan riset, dan kamu sudah menemukan beberapa calon apartemen yang akan kamu sewa, kamu sebaiknya menyediakan waktu untuk datang langsung ke apartemen-apartemen itu. Datang langsung ini penting untuk mengonfirmasi apakah apartemen yang kamu inginkan itu sesuai dengan deskripsi atau tidak.

Lagi pula penting juga untukmu mengenal pemilik apartemen karena nanti kalau ada apa-apa yang berkaitan dengan masalah apartemen, beliau yang akan membantu.

Ajukan pertanyaan yang krusial

Jika tidak ada di deskripsi kamu bisa menanyakannya langsung pada pemilik apartemen. Misalnya saja kamu memelihara seekor kucing, apakah di apartemen tersebut boleh membawa kucing. Jika tidak diperkenankan, kamu tentunya harus mengikuti aturan yang berlaku. Atau kamu dapat mencari apartemen lain yang sesuai dengan kriteria.

Pertanyaan lainnya adalah apakah pihak apartemen menyediakan jasa maintenance apartemen. Lalu, apakah biayanya di luar biaya sewa apartemen. Lalu, jika ada fasilitas apartemen yang rusak, kamu bisa menghubungi siapa atau ke mana. Kamu akan memerlukan hal-hal krusial ini. 

Perhatikan biaya tambahan

Ketika sedang bertemu dengan pemilik apartemen biasanya dia akan menjelaskan berbagai macam hal yang cukup banyak. Salah satunya adalah biaya tambahan jika ada. Misalnya adalah biaya tambahan sewa internet yang ternyata belum termasuk di biaya sewa apartemen per bulan, biaya tambahan listrik, biaya tambahan keamanan, biaya tambahan kebersihan.

Jika pemilik apartemen tidak menjelaskannya, tidak ada salahnya bertanya agar ketika sudah sepakat ingin menyewa apartemen kamu tidak dikejutkan dengan berbagai macam biaya tambahan itu. Kebijakan di masing-masing apartemen bisa berbeda.

Lalu, apakah pemilik apartemen mengharuskan biaya deposit tertentu untuk ditambah di awal sewa. Beberapa apartemen di Indonesia ada yang punya sistem seperti ini.

Siapkan budget final

Jika sudah jelas kamu mau sewa apartemen di mana, persiapkan budget. Jika kamu tidak masalah ada biaya tambahan, itu adalah pilihan. Jika masih ingin mencari yang lebih murah dengan fasilitas yang sama, itu juga menjadi pilihanmu. Budget bisa kamu perhatikan dari awal dan di bagian akhir setelah kamu sudah mengestimasi semua informasi biaya yang kamu dapatkan.

Perhatikan aturan yang berlaku di apartemen

Untuk menyewa apartemen kamu akan diminta menandatangani surat perjanjian. Di dalam surat itu ada berbagai poin yang berkaitan dengan aturan di apartemen. Biasanya mereka akan mengingatkanmu untuk menjaga barang-barang di dalam. Ada juga yang tidak memperbolehkan kamu merombak kamar dengan bentuk sesukamu.

Ada lagi aturan kamu dilarang membawa keluar barang-barang apartemen yang bukan jadi milikmu setelah akan pindahan. Jika ada aturan yang tidak sesuai dengan kata hatimu, tentu kamu bisa membatalkan proses sewa.

Seperti itulah tips bagi milenial yang ingin menyewa apartemen di kota-kota besar. Semoga beruntung mendapatkan apartemen yang diinginkan.

Artikel Terkait