Asuransi & BPJS

Mengapa Asuransi Kesehatan Keluarga Diperlukan?

Ajaib.co.id – Perlindungan kesehatan untuk setiap anggota keluarga adalah hal yang sangat penting. Risiko atau kemungkinan yang berhubungan dengan kesehatan bisa saja terjadi. Kondisi yang tidak terduga dan tidak diharapkan seperti jatuh sakit akan membutuhkan perawatan dan pengobatan, besar atau kecilnya nominal yang akan dibayarkan juga tergantung jenis penyakit yang diderita.

Saat risiko ini terjadi kepada anggota keluargamu dan membutuhkan biaya yang cukup besar melebihi kemampuan keuanganmu, apakah kamu sudah siap? Yap, tentu saja kamu akan merasa siap apabila kamu telah memiliki asuransi kesehatan keluarga yang dapat menanggung biaya perawatan anggota keluargamu.

Apa sih asuransi kesehatan keluarga, dan apa saja manfaatnya bagi kamu? Yuk, simak pembahasan mengenai asuransi keluarga berikut ini:

Pengertian Asuransi Kesehatan Keluarga

Asuransi kesehatan keluarga merupakan produk asuransi yang dapat memberikan proteksi atau menanggung biaya kesehatan yang timbul dari tertanggung. Asuransi keluarga dapat memberikan jaminan lebih dari satu orang anggota keluarga dalam satu polis, biasanya produk asuransi ini dapat menanggung maksimal lima orang anggota keluarga. 

Jika mengamati kenaikan biaya perawatan yang naik setiap tahunnya, memberikan proteksi kepada keluarga dan diri sendiri dengan asuransi keluarga sangatlah penting.

Asuransi keluarga akan membantumu untuk menyelesaikan tagihan biaya tanpa perlu pusing memikirkan biaya yang akan kamu keluarkan lho, apalagi jika kamu atau anggota keluargamu terkena penyakit kritis atau harus menjalani perawatan inap.

Asuransi dapat menjadi pengaman untuk kamu dalam menghadapi risiko terjadinya kerugian finansial karena biaya kesehatan dalam jumlah yang besar. Namun tentunya, harus sesuai dengan polis asuransi yang telah kamu setujui ya. 

Terdapat dua jenis asuransi kesehatan keluarga, yakni:

Keluarga Syariah

Merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat bagi anggota keluarga atau tertanggung seperti pertanggungan biaya rawat jalan, rawat inap yang sesuai dengan syariat Islam atau menganut prinsip syariah.

Keluarga Konvensional 

Merupakan produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi yang sama dengan asuransi syariah yang merupakan produk dari perusahaan non Syariah atau konvensional. 

Asuransi Kesehatan Keluarga atau Individu?

Asuransi Kkeluarga lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi individu, kenapa ya? Nah, hal ini penting untuk kamu ketahui. Banyak orang atau juga mungkin kamu beranggapan bahwa untuk membeli produk asuransi keluarga, kamu harus membayar lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi ndividu. Pada dasarnya manfaat asuransi individu dan asuransi keluarga adalah sama. 

Kedua produk asuransi ini dibedakan oleh jumlah orang atau anggota keluarga yang tertanggung dalam produk tersebut. Oleh karena jumlah orang yang tertanggung lebih banyak, tentu saja premi yang kamu bayarkan juga akan lebih besar jika dibandingkan dengan asuransi individu yang hanya menanggung satu individu saja.

Namun, jangan khawatir ada juga beberapa produk asuransi keluarga yang memberikan diskon lho, jika kamu membayar preminya langsung setahun.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga

Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga

Dalam memilih produk asuransi keluarga, terlebih dahulu kamu harus memahami riwayat kesehatan anggota keluarga. Kamu dan anggota keluarga dapat melakukan medical check up untuk dapat mengetahui kemungkinan risiko yang akan kamu hadapi di masa yang akan datang, dan dapat memperkirakan biaya kesehatan yang mungkin timbul di masa depan. Hal ini cukup penting agar kamu dapat memilih dan membeli produk yang sesuai untuk anggota keluarga.

Pilih Asuransi dengan Proteksi Maksimal dan Sesuai Budget

Apabila kamu berencana memiliki asuransi keluarga, pilihlah produk asuransi yang memberikan proteksi yang maksimal untuk mu dan anggota keluarga contohnya seperti manfaat proteksi batas usia yang dapat ditanggung. Jika sesuai, mungkin saja kamu menemukan asuransi keluarga dengan proteksi batas usia diatas rata-rata angka harapan hidup Indonesia.

Faktanya, asuransi keluarga termasuk asuransi untuk penyakit kritis tidaklah murah. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar paham jumlah perlindungan yang akan kamu peroleh dari produk asuransi yang kamu beli. Jangan lupa ya, pastikan juga budget yang kamu sediakan untuk membayar premi asuransi keluarga sesuai dengan kondisi finansial mu. 

Perhatikan Rekanan Rumah Sakit

Selain harga preminya yang sesuai dengan kondisi finansialmu, hal lainnya yang harus kamu perhatikan dalam memilih asuransi adalah jumlah rumah sakit yang menjadi rekanan. Belilah asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit rekanan yang banyak dan kredibel.

Dengan banyaknya rekanan rumah sakit, kamu akan dimudahkan dalam menggunakan asuransi, dalam keadaan darurat dan butuh penanganan medis yang segera, kamu atau anggota keluargamu dapat langsung memanfaatkan kartu keanggotaan.

Kartu keanggotaan asuransi dengan sistem cashless semakin memudahkan kamu untuk bertransaksi tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi untuk membayar terlebih dahulu. Tentunya, kartu keanggotaan ini   hanya dapat digunakan di rumah sakit yang menjadi rekanan asuransi yang kamu miliki. 

Pahami Sistem dan Kredibilitas Perusahaan Asuransi 

Sebelum membeli produknya, penting untuk kamu mengetahui sistem dan kredibilitas perusahaan asuransi. Pastikan kamu dapat mengajukan klaim dari perusahaan asuransi yang kredibel, dan dengan sistem yang baik.

Kamu harus mencari tahu terlebih dahulu dan melakukan perbandingan dengan memperhatikan review nasabahnya dan harus terdaftar di otoritas berwenang yang berfungsi mengawasi lembaga asuransi dan sistem yang sesuai untukmu dan keluarga seperti klaim dengan sistem cashless, yang cenderung lebih mudah dari sistem reimburse. 

Berikut ini beberapa produk asuransi keluarga yang dapat kamu miliki, yaitu:

  • Asuransi Kesehatan Cigna
  • Asuransi Kesehatan Syariah Allisya Care dari Allianz
  • Health Plus+ Family dari Lippo Insurance
  • Asuransi Kesehatan Keluarga Manulife
  • Asuransi Kesehatan Keluarga Prudential

Nah, itulah pembahasan mengenai asuransi keluarga, jenis, cara memilih dan beberapa jenis produknya. Jangan lupa memproteksi keluargamu, ya.

Jangan ragu berinvestasi di Ajaib! Yuk, mulai investasi di Ajaib, aplikasi online yang mudah, aman dan telah terdaftar di OJK, lho dan mudah untuk kamu download. Tunggu apalagi? 

Sumber: Asuransi Jiwa & Kesehatan Keluarga, Asuransi Kesehatan keluarga, Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Di Indonesia, Pentingnya Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik di Masa Pandemi, dan Asuransi Kesehatan Keluarga, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait