Properti

Harga Apartemen Vs Harga Rumah, Mana yang Lebih Baik?

Ajaib.co.id – Apartemen menjadi hunian yang dipilih oleh sebagian besar keluarga milenial, lantaran harga apartemen relatif lebih murah dibanding rumah. Khususnya bagi milenial yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta. 

Perlu diketahui, bahwa harga rumah setiap tahunnya mengalami kenaikan rata-rata sebesar 10%. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak milenial yang lebih memilih apartemen dibanding rumah. 

Dalam beberapa tahun terakhir, tren apartemen mikro di Indonesia mulai berkembang walaupun dianggap sedikit terlambat dibanding negara-negara lainnya seperti Jepang. Konsep hunian vertikal ini kini menjadi tren bagi milenial zaman now yang memiliki mobilitas yang tinggi. 

Meskipun memiliki ruangan yang kecil, namun hunian apartemen mikro tetap nyaman untuk ditinggali oleh keluarga milenial yang baru menikah. Di mana, ruangan kecil tersebut tidak terlalu dirisaukan oleh milenial lantaran waktu sehari-hari mereka banyak dihabiskan di luar apartemen dengan bekerja. Setiap unit kompleks apartemen mikro juga dipisahkan dengan teras pribadi yang menjadi pemisah antara satu dengan unit lainnya.

Harga Apartemen Mikro Terjangkau

Faktor utama yang benar-benar perlu menjadi perhitungan milenial di luar sana saat ingin membeli sebuah hunian adalah budget. Di Jakarta, masih banyak pengembang properti yang membangun kompleks apartemen mikro dengan harga jual di bawah Rp500 juta. 

Pembangunan apartemen mikro ini bukan terfokus di Kota Jakarta saja. Melainkan, pembangunannya juga sudah meliputi pelosok-pelosok di seluruh Indonesia. Walaupun memiliki perbedaan lokasi, namun pada dasarnya harga hunian mikro ini tetap relatif terjangkau bagi milenial zaman now.

Bahkan, untuk milenial yang ingin memiliki tempat tinggal di Jakarta. Kamu masih bisa menemukan unit apartemen mikro di kawasan Pantai Indah Kapuk dengan harga Rp200 jutaan, misalnya Apartemen Osaka Riverview di PIK 2. 

Cocok untuk Milenial yang Memiliki Mobilitas Tinggi

Lokasi yang strategis menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan saat ingin memilih sebuah hunian. Usahakanlah untuk memilih hunian yang dekat lokasi kantor, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas transportasi umum. Mengapa?

Hal ini bisa mendukung mobilitas tinggi yang sering kamu jalani setiap harinya. Inilah keuntungan bila kamu memilih apartemen mikro yang bisa disesuaikan dengan mobilitas milenial zaman now. Lantaran, pembangunan apartemen mikro umumnya berlokasi di daerah perkantoran. 

Mana yang Lebih Baik, Rumah Vs Apartemen?

Perdebatan mengenai mana yang lebih baik antara rumah vs apartemen selalu menjadi kebingungan tersendiri bagi milenial saat ingin memilih tinggal di apartemen atau rumah. 

Walaupun demikian, satu hal yang pasti adalah keputusan untuk membeli rumah atau apartemen itu tergantung dari situasi dan kondisimu saat ini. Sehingga, sebelum kamu membeli apartemen atau rumah alangkah baiknya memperhatikan hal-hal ini:

Berinvestasi atau Ditinggali

Seperti diketahui, properti adalah salah satu jenis instrumen investasi yang bisa menghasilkan passive income. Oleh karenanya, bila kondisimu saat ini memiliki uang lebih untuk membeli properti sebagai investasi. 

Kamu perlu mempertimbangkan keadaan pasar dan apa yang dicari oleh penyewa dan pembeli di lokasi properti itu berada. Tentunya, berbeda halnya bila kamu ingin membeli rumah atau apartemen sebagai hunian yang ingin langsung ditinggali. 

Jika kamu ingin membeli properti sebagai investasi, baik itu apartemen dan rumah sama-sama menguntungkan. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah biaya-biaya yang perlu kamu keluarkan sebagai biaya pemeliharaan properti tersebut. 

Besaran dana yang kamu miliki berperan besar dalam menentukan keputusanmu. Bila kamu memiliki uang misalnya sebesar Rp200 jutaan saja, mungkin untuk harga rumah anggaran tersebut masih terbilang belum cukup. Sehingga, opsi terbaiknya adalah mencari harga apartemen murah di lokasi yang dekat dengan di mana kamu bekerja.

Jadi, membeli rumah atau apartemen bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini yakni sebagai investasi atau sebagai hunian.

Memikirkan Masa Depan

Hunian yang kamu miliki saat ini, kemungkinan besar akan kamu tinggali hingga 20-30 tahun ke depan. Bila saat ini, kamu memiliki rencana untuk memiliki anak misalnya lebih dari dua. 

Kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah dibanding apartemen, karena menawarkan ruangan yang lebih luas. Tetapi, bila kamu sebentar lagi akan memasuki usia pensiun, kamu bisa pindah ke rumah yang lebih kecil atau apartemen sebagai langkah bijak.

Gaya Hidup

Penting untuk mempertimbangkan gaya hidup yang sedang tren saat ini bagi milenial. Jika kehidupan tinggal di apartemen mikro menjadi hunian yang sedang tren di kalangan milenial. Ini merupakan keputusan yang baik untuk kamu. Salah satu alasan mengapa milenial suka tinggal di apartemen adalah dapat menunjang mobilitas mereka yang tinggi. 

Selain itu, tinggal di apartemen juga menawarkan tingkat keamanan yang tinggi seperti menggunakan kartu untuk masuk ke apartemen dan sebagainya. Belum lagi, apartemen dianggap sebagai hunian modern yang dekat dengan berbagai fasilitas anak muda zaman now seperti pusat perbelanjaan, ATM, kolam renang, pusat kebugaran, lapangan tenis, spa atau sauna, dan lain sebagainya.

Ketiga hal di atas bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kamu saat ingin membeli rumah atau apartemen. Di Indonesia, tren hunian apartemen mikro sedang naik daun di kalangan milenial untuk kebutuhan tempat tinggal maupun sebagai investasi untuk disewakan kembali. 

Perencanaan Finansial untuk Membeli Apartemen atau Rumah

Bagi milenial yang memiliki rencana untuk membeli apartemen atau rumah dalam 5 tahun dari sekarang. Kamu bisa mempersiapkan dana untuk pembayaran DP apartemen atau rumah dengan berinvestasi di jenis instrumen investasi yang memiliki tingkat return di atas kenaikan rata-rata properti pada umumnya yakni 10%.

Investasi saham bisa menjadi pilihan milenial yang ingin mempersiapkan uang untuk membeli rumah atau apartemen dalam kurun waktu 5 tahun ke depan. Kamu bisa berinvestasi di ratusan emiten yang terdaftar di IDX lewat aplikasi Ajaib. Proses pembuatan rekening efek di Ajaib 100% secara online sehingga kamu nggak perlu bolak-balik ke perusahaan sekuritas hanya untuk membuat rekening efek, serta pembelian saham bisa dilakukan via aplikasi.

Setelah mengetahui harga apartemen mikro di Jakarta masih relatif terjangkau, apakah kamu berminat untuk membelinya?

Artikel Terkait