Perencanaan Keuangan

Contoh Hidup Sederhana dan Bijaksana Saat Menggunakan Uang

Ajaib.co.id – Hidup sederhana atau simple life adalah sebuah gaya hidup yang tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan. Contoh hidup sederhana juga bisa disebut dengan gaya hidup minimalis. Orang yang hidup sederhana bukan berarti miskin atau tidak mampu.

Gaya hidup sederhana merupakan sebuah kebiasaan atau pandangan hidup yang dipilih seseorang untuk mendapatkan kenyamanan dan kebebasan.

Dengan gaya hidup sederhana kamu tidak harus terseret-seret arus modernisasi. Seseorang yang hidup sederhana hanya memfokuskan waktu dan energinya pada hal yang benar-benar penting. 

Contoh Hidup Sederhana

Berikut ini adalah contoh hidup sederhana yang bisa diterapkan pada diri kamu baik saat di rumah atau pun di masyarakat.

Memilih Barang Berdasarkan Fungsi Bukan merek

Istilah barang murah bukan murahan memang benar adanya. Khususnya jika berbicara masalah fashion. Banyak orang dengan gengsi tinggi yang lebih memilih merek ketimbang fungsi dan manfaatnya. Padahal, banyak merek lain dengan kualitas yang tidak kalah bahkan sama dengan produk bermerek dengan harga selangit.

Membeli Barang Sesuai Kebutuhan Bukan Keinginan

Contoh hidup sederhana selanjutnya adalah membeli barang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan. Misalnya, membeli banyak barang hanya karena suka atau sedang diskon besar-besaran. Padahal, belum tentu barang itu akan digunakan. 

Hidup berlebihan juga bisa dengan memaksakan diri membeli barang untuk mengikuti tren semata. Padahal, kamu sudah memiliki barang serupa yang sebetulnya masih bisa berfungsi dan memenuhi kebutuhanmu dengan baik. Ini adalah contoh pembelian impulsif yang tidak sesuai dengan prinsip hidup sederhana.

Mementingkan Kualitas

Hidup sederhana bukan berarti mengabaikan kualitas. Karena membeli barang-barang murah dengan kualitas terlalu rendah juga dapat menjadi penyebab boros. Kamu mungkin harus membeli barang yang sama berkali-kali karena barang cepat rusak.

Oleh karena itu, saat membeli barang dengan kualitas baik walaupun harga lebih tinggi, selama masih sesuai kemampuan maka itu adalah contoh hidup sederhana. Karena orang yang hidup sederhana akan mengetahui bagaimana menggunakan uangnya dengan bijaksana.

Hidup Apa Adanya

Orang yang hidup sederhana, tidak mengandalkan materi untuk bisa membuatnya percaya diri atau mampu menerima diri sendiri. Kamu tidak harus mengandalkan barang-barang mahal untuk bisa merasa diterima oleh orang lain.

Orang yang hidup sederhana tidak akan tertekan saat tidak dapat mengikuti tren, atau merasa kalah dari orang lain saat busana atau barang yang digunakan kalah glamor. I am who I am, dan kamu pun akan merasa lebih nyaman dalam menjalani hidup. Karena hidup sederhana akan memberikan lebih sedikit tuntutan dan stres, serta lebih banyak kebebasan untuk menjadi diri sendiri.

Hemat Energi

Orang dengan gaya hidup sederhana sangat peduli dengan lingkungan sekitarnya. Mereka tidak suka membuang-buang sesuatu dengan sia-sia. Oleh karena itu, contoh hidup sederhana adalah dengan selalu hemat energi.

Orang yang hidup sederhana selalu memperhatikan penggunaan listrik, air, gas sesuai kebutuhan saja. Mereka juga tidak pernah membuang-buang makanan.

Tidak mengherankan jika gaya hidup sederhana merupakan gambaran kepedulian pada kondisi sekitar. Karena orang yang hidup sederhana tidak pernah menyia-nyiakan apa yang mereka miliki dan hanya menggunakan segala sesuatu secukupnya saja.

Merencanakan Keuangan Dengan Baik

Orang yang hidup sederhana akan mampu mengatur keuangan dengan baik. Agar tidak hidup boros dan uang terbuang sia-sia, maka kamu harus mampu mengatur keuangan dan biaya hidup dengan baik. Seiring waktu, hidup sederhana akan membuat kondisi keuangan kamu meningkat. Bukan saja dapat memenuhi kebutuhan biaya hidup, kamu juga akan mampu menyisihkan penghasilan untuk menabung.

Menghindari Utang

Hidup tanpa kartu kredit? Kenapa tidak? Kartu kredit mungkin memberikan banyak promosi yang bagi sebagian orang dianggap menguntungkan. Padahal, untuk bisa mendapatkan keuntungan dari kartu kredit, yang pertama harus kamu lakukan adalah: berbelanja. 

Promosi memang menggiurkan, tapi promosi juga salah satu yang membuat seseorang bisa bergaya hidup konsumerisme. Pemilik kartu kredit dapat terdorong pada kebiasaan berbelanja impulsif dan bukan berdasarkan kebutuhan. Kartu kredit juga mempermudah seseorang untuk menghamburkan uang. Apalagi bagi mereka yang pada dasarnya memang boros dan selalu mendahulukan gengsi. 

Prinsip hidup sederhana adalah hidup apa adanya, termasuk dalam masalah berbelanja. Belilah sesuatu sesuai kesanggupan kamu, tanpa menyisakan beban utang di masa depan. Yang penting, barang tersebut dapat berfungsi maksimal dan memenuhi kebutuhan kamu.

Memanfaatkan Waktu Secara Produktif

Contoh hidup sederhana selanjutnya adalah mengatur waktu untuk sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan diri. Seseorang yang hidup sederhana tahu cara melakukan efisiensi waktu atau tidak membuang-buang waktu untuk sesuatu yang kurang penting.

Kamu tidak akan pesta setiap malam atau nongkrong terus di café untuk “menghabiskan waktu”. Hidup sederhana akan membuat kamu fokus pada hal-hal yang membuat kamu lebih produktif, seperti:

  • Melakukan aktivitas untuk meningkatkan kondisi kesehatan
  • Lebih memilih menghabiskan waktu untuk membaca buku dan membuka wawasan ketimbang membuka akun-akun gosip.
  • Lebih memilih mengikuti kursus atau seminar ketimbang menghabiskan waktu untuk nongkrong-nongkrong tanpa tujuan atau hura-hura.

Fokus Mengumpulkan Bukan Menghabiskan

Dengan hidup sederhana, kamu akan lebih fokus untuk mengumpulkan atau mendapatkan uang, memanfaatkan waktu, memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar. Sementara gaya hidup boros hanya akan terus memikirkan cara menghabiskan uang, atau mendapatkan uang untuk dihabiskan.

Orang sederhana tidak akan tergiur memamerkan kemewahan walaupun dia mampu. Ketimbang menghabiskan uang untuk foya-foya, orang yang hidup sederhana cenderung memilih menyimpan atau mengembangkan uangnya.

Itulah beberapa contoh hidup sederhana yang dapat kamu terapkan. Ketimbang membuang-buang uang untuk berfoya-foya, sebaiknya investasikan uang yang kamu miliki agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Artikel Terkait