Bisnis & Kerja Sampingan

Alternatif Kerja Sampingan Offline Bagi Pekerja Fulltime

kerja sampingan offline bisa membantu menambah pemasukan

Ajaib.co.id – Bagi seorang karyawan tentu mengandalkan gaji yang didapat setiap bulannya tidak akan cukup, terutama untuk yang sudah berkeluarga. Bagi ibu rumah tangga yang kesehariannya di rumah bisa melakukan pekerjaan sampingan secara online, mulai dari bisnis sampingan online atau menjadi penulis artikel. Lalu bagaimana dengan pekerja fulltime atau kantoran? Tentu mencari kerja sampingan offline bisa jadi salah satu solusi di sela-sela waktu luang demi menambah penghasilan.

Semakin meningkatnya biaya hidup seringkali tidak diimbangi dengan pendapatan yang diperoleh. Maka dari itu, banyak orang mencari akal untuk menambah penghasilan. Mulai dari menabung, berinvestasi, bahkan menambah pekerjaan atau bisnis sampingan dilakoni agar semua kebutuhan dapat tercukupi. Dengan melakukan kerja sampingan, berarti seseorang bekerja secara selingan atau mengerjakan bisnis tambahan selain pekerjaan utamanya.

Kamu tak perlu ragu untuk mencoba mengambil kerja sampingan offline di luar pekerjaan kantor. Banyak ko orang sukses yang bahkan mengawali karirnya dari bekerja sambilan. Kalau kamu bingung pekerjaan sambilan apa saja yang bisa dilakukan, berikut ini ada beberapa pilihan kerja sampingan offline untuk kamu.

Mengajar Privat

Kalau kamu suka bekerja di bidang pendidikan dan tertarik akan dunia mengajar, tidak ada salahnya untuk menjadi guru les privat. Walaupun saat ini bermunculan aplikasi atau situs web yang memberi pengajaran privat secara online, nyatanya kehadiran guru privat dengan cara mengajar yang menarik masih sangat dibutuhkan. Apalagi jika yang diajarkan anak-anak SD tentu butuh bimbingan riil seorang guru daripada harus belajar lewat aplikasi online.

Mulailah tawarkan mengajar materi kepada anak-anak di sekitar komplek rumah kamu. Selain pelajaran sekolah, kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing jika memiliki keahlian tersebut. Atau kalau kamu punya keterampilan lain seperti bermain musik, menjahit, dan sebagainya bisa dimanfaatkan untuk menjadi guru privat. Tinggal kamu yang menentukan apakah kamu yang mendatangi rumah calon murid atau mereka yang datang ke tempatmu.

Jual Pulsa Elektronik dan Aksesoris Ponsel

Kata siapa menjual pulsa elektronik untungnya sedikit! Justru bisnis agen pulsa ini punya prospek yang cukup menjanjikan, karena saat ini pulsa sudah jadi kebutuhan pokok semua orang. Kegiatan ini dapat kamu jadikan kerja sampingan offline di luar pekerjaan kamu sebagai karyawan. Kamu bisa menjualnya kepada saudara ataupun rekan kerja yang kini pasti semakin penting untuk menggunakan paket data karena perebutan sinyal internet di rumah.

Jangan hanya jual pulsa saja tapi sediakan juga berbagai aksesoris ponsel untuk dijual, seperti casing, screen guard, gantungan ponsel, voucher game, dan lain-lain. Kelebihannya pekerjaan sampingan ini tidak perlu banyak tenaga dan kamu juga bisa membuka offline store di garasi rumahmu. Ketika kamu masih sibuk dengan pekerjaan kantor, kamu bisa percayakan kepada keluarga atau merekrut satu atau dua orang karyawan. Jika kamu punya modal cukup, kerjaan sampingan ini jadi solusi bagus untuk menambah saldo rekening.

Makelar

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan seperti sales, bekerja sampingan sebagai makelar juga oke. Sama halnya seperti agen properti, makelar juga termasuk agen atau broker yang sama sekali tidak membutuhkan modal. Selain itu pekerjaan ini tidak dipacu oleh target sehingga kamu bisa melakukannya di sela pekerjaan utamamu.

Penghasilannya didapat dari margin yang telah disepakati antara kamu dan penjual barang. Biasanya makelar akan jadi negosiator untuk jual beli barang seperti motor, mobil, dan lainnya. Meski begitu kamu harus bisa membagi waktu dengan baik supaya pekerjaan yang kamu lakukan tetap lancar.

Membuka Toko Kelontong

Alternatif kerja sampingan offline lainnya adalah membuka toko kelontong. Jika di sekitaran rumahmu masih minim toko-toko yang menjual sembako, ini bisa jadi menguntungkan buat kamu. Memang perlu modal untuk membeli sejumlah barang-barangnya, tapi penghasilan yang akan diterima sangat menjanjikan.

Kamu tidak harus menjaga toko selama 24 jam dan tetap masih bisa melakukan kegiatan lainnya. Atau bisa meminta keluarga dan saudara untuk menjaganya.

Bisnis Jualan Hampers

Beberapa waktu belakangan ini hampers mulai digemari masyarakat selain parsel. Bisnis ini bisa jadi alternatif buat kamu pekerja fulltime karena tidak akan menggangu jam kerja karena hampers banyak dibutuhkan pada momen-momen tertentu saja seperti hari raya keagamaan, kado ulang tahun, maupun acara lamaran. Ide ini sangat menarik untuk dilakukan bagi para karyawan yang tidak punya banyak waktu untuk berbisnis.

Kreasikan ide kamu membuat hampers dengan tampilan yang unik untuk menarik calon pelanggan. Soal penghasilannya tergantung dari kreativitas kamu serta keunikan desain dan isi dari hampers yang dibuat.

Bisnis Katering

Mau coba bisnis katering? Kenapa tidak? ide bisnis ini sangat cocok untuk karyawan yang ingin mencari kerja sampingan, terutama bagi yang memang hobi memasak. Jika dirasa ribet, cobalah untuk mengajak keluarga membantumu seperti menyiapkan bahan-bahan atau keperluan katering lainnya.

Untuk awal coba tawarkan kepada teman sekantor yang sedang shift masuk, pastinya mereka butuh makanan untuk sarapan ataupun makan siang. Tawarkan menu-menu yang kamu punya dengan packing menarik sehingga rekan kerjamu tertarik untuk mencobanya.

Bagi karyawan yang tinggal sendiri atau ngekost akan sangat membutuhkan jasa katering ini. Apalagi menu makanannya terjamin kebersihan dan kesehatannya. Kamu bisa mengambil untung sekitar Rp5.000 sampai Rp20.000 per porsinya.

Lakukan Sefektif dan Seefisien Mungkin

Bagi seorang karyawan, mengambil kerja sampingan offline tidak bisa begitu saja dilakukan. Perlu untuk menyesuaikan dengan kemampuan serta mampu membagi waktu antara pekerjaan kantor dengan sampingannya. Jangan sampai pekerjaan sambilan ini malah membebani tanggung jawabnya pada pekerjaan utama.

Jangan lupa setelah mendapat pemasukan, penuhi tabungan dan dana darurat. Setelah itu coba kembangkan portofolio investasimu. Mulai saja berinvestasi di Ajaib. Platform investasi yang ramah bagi investor pemula melalui investasi reksa dana atau saham. Cara ini adalah salah satu cara mendapat uang dengan pasif karena uangmu bekerja sendiri.

Masih galau karena takut? Tenang, Ajaib sudah terdaftar dan diawasi OJK dan IDX. Kamu cukup mendaftar secara daring dan kamu sudah siap untuk memulai portofolio investasi. Coba sekarang!

Artikel Terkait