Ekonomi, Milenial

Terbaik di Dunia, Ini 5 Prestasi Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sumber: Ekonomi Bisnis.com

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak kenal menteri keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati. Satu kali menjabat di Era SBY dan 2 kali menjabat di era Jokowi. Sepak terjangnya tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Ibu Ani sapaan akrab beliau juga menorehkan segudang prestasi membanggakan baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

Segudang prestasi yang ia torehkan bukanlah apa-apa dibandingkan apa yang ia telah lakukan kepada bangsa ini. Dengan ketekunannya, ia berhasil menyelamatkan Indonesia dari jurang kehancuran.

Mantan pejabat Bank Dunia ini juga sempat dianugerahi sebagai menteri keuangan terbaik se Asia Pasifik Timur di tahun 2018. Penghargaan ini memberikan Sri Mulyani title Finance Minister of the Year East Asia Pacific ini, diberikan oleh majalah Global Market.

Hal ini lantas menjadi kiblat banyak negara dan menjadikan Sri Mulyani semakin bersinar sebagai menteri terbaik asal Indonesia, terutama sebagai rujukan bagi pelaku dan institusi di bidang moneter. Sederet prestasi yang membanggakan terus menerus tiada hentinya diperoleh oleh Menteri Sri Mulyani. Lalu, apa saja prestasi membanggakan tersebut? Simak uraian berikut ini :

The Best Minister in The World Versi World Government Summit

Menteri Keuangan Sri Mulyani memperoleh anugerah The Best Minister in The World versi World Government Summit dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab. Sri Mulyani dianugerahi sebagai Menteri Terbaik atau bisa dikatakan The Best Minister in the World Award yang diberikan secara langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Menteri keuangan Sri Mulyani juga terpilih usai proses seleksi panjang dan juga ketat dari lembaga profesional independen Ernst & Young. Menteri keuangan Sri Mulyani menjadi menteri pertama yang menerima penghargaan tersebut di antara menteri keuangan lainnya di kawasan Asia.

Sri Mulyani Sebagai Wanita Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah Forbes

Tak hanya menorehkan segudang prestasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani bahkan menjadi satu dari sekian banyak wanita paling berpengaruh di dunia. Hal ini tercantum versi Majalah Forbes yang merupakan  majalah bisnis yang menghadirkan artikel finansial asal AS.

Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk dalam kategori World’s Most Powerful Women pada 2016 dan menduduki peringkat ke-37 sebagai wanita yang berpengaruh di dunia. Hal ini merupakan imbas dari kepiawaian Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam mengemban jabatan sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sebagai Orang Paling Berpengaruh Versi Globe Asia

Menteri Sri Mulyani juga menjadi seseorang yang paling berpengaruh di urutan ke empat dari 99 orang yang masuk dalam nominasi Globe Asia. Adapun hal yang menjadikan Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk dalam daftar tersebut adalah karena ia mampu dan sukses dalam menjalankan program tax amnesty beberapa tahun lalu. Hal ini dinilai mampu mengembalikan nominal pajak yang seharusnya dibayarkan oleh orang di Indonesia dan juga luar negeri.

Menjadi Menteri Keuangan Terbaik di Tahun 2006 Versi Euromoney

Kemudian, Menteri Sri Mulyani sukses masuk dalam Euromoney dan menjadi salah satu orang yang dikenal dan berpengaruh dalam majalah bisnis dan finansial tertua di dunia  atau dari majalah yang terbit sejak tahun 1969.

Penghargaan yang diberikan kepada Menteri Sri Mulyani tersebut sebagai Finance Minister of the year pada 2006 silam terjadi kala ia sedang menjabat sebagai menteri keuangan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia bahkan dinilai sukses dan mampu dalam meredam gejolak dan isu moneter yang menghantam neraca keuangan di Indonesia kala itu.

Paksa Google Bayar Utang

Dengan banyaknya gerak cepat yang dilakukan Menteri Sri Mulyani ia bahkan menyelamatkan Indonesia dari keterpurukan. Hal ini terbukti dari gebrakan yang ia lakukan dengan memaksa perusahaan raksasa teknologi Google yang kala itu diwakili oleh Google Asia Pacific Pte Ltd, untuk melakukan pelunasan utang di tahun 2015.

Selain itu, Menteri Sri Mulyani juga mengejar berbagai perusahaan asing yang memiliki pangsa pasar di Indonesia untuk membayar pajaknya. Seperti misalkan Facebook, Twitter, dan baru-baru ini yang masih hangat dalam ingatan kita adalah platform online streaming Netflix.

Wanita paruh baya ini bahkan sempat berdebat dengan para pengacara Facebook di Singapura terkait dengan biaya pajak yang belum dibayarkan oleh Facebook. 

Dengan segudang prestasi yang ditorehkan oleh Menteri Sri Mulyani, tidak salah jika ia memperoleh gelar sebagai menteri keuangan terbaik dan merupakan aset berharga Indonesia.

Dengan track record yang demikian hebatnya ia membuktikan pengabdian kepada dunia dan terus berupaya untuk menyelamatkan kondisi ibu pertiwi dari jurang kehancuran ekonomi, terutama dalam hal moneter.

Artikel Terkait