Properti

Cari Perumahan Murah? Ini Daftar Rumah Murah di Jabodetabek

Perumahan Murah

Ajaib.co.id – Mencari dan menemukan perumahan murah yang terletak di daerah sekitar Jakarta, seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek), saat ini memang terbilang cukup sulit.

Sulitnya mencari perumahan dikarenakan kebutuhan pemukiman di Jakarta dan sekitar yang semakin tinggi, sementara lahan yang semakin sempit. Kemudian lahan-lahan yang ada di daerah tersebut telah dikuasai oleh para developer kelas kakap.

Hal inilah yang membuat harga jual tanah di daerah Jakarta dan sekitar menjadi melambung tinggi. Dengan harga tanah yang tinggi, membuat perumahan di Jabodetabek juga mematok harga yang mahal.

Berbeda halnya bila kamu mencari hunian rumah yang berada di luar kawasan Jabodetabek, di mana kemungkinan besar kamu masih bisa menemukan harga rumah yang berkisar di bawah Rp200 juta.

Namun mencari rumah di luar kawasan Jabodetabek tentunya cukup sulit jika kamu beraktivitas atau bekerja di Jakarta dan sekitarnya. Pertimbangan jarak ini yang membuatmu berat untuk mengambil keputusan mencari rumah di luar Jabodetabek.

Ini merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh keluarga milenial atau keluarga baru saat ingin mencari tempat tinggal dengan dana yang terbatas atau low budget.

Salah satu solusi dari mahalnya harga rumah saat ini adalah mempertimbangkan untuk membeli hunian vertikal misalnya sebuah apartemen.

Pemilihan apartemen sebagai hunian keluarga milenial saat ini tentunya bukan tanpa alasan. Karena pemilihan apartemen bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan utilitasmu sehari-hari.

Bila kamu yang baru berkeluarga, kamu bisa memilih apartemen bertipe studio yang paling banyak dibeli oleh generasi milenial. 

Dari harga apartemen bertipe studio yang ditawarkan kepada masyarakat juga beragam mulai Rp200 juta hingga Rp800 juta. Semua ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansialmu setelah berdiskusi dengan pasangan tercinta.

Sebab, membeli sebuah rumah baru adalah keputusan finansial terbesar dalam kehidupan milenial zaman now dalam kurun waktu hingga 20 tahun ke depan. Sehingga membutuhkan komitmen antara kedua pasangan untuk mengalokasikan penghasilan bulanan untuk biaya rumah.

Selain mempertimbangkan apartemen bertipe studio bagi keluarga milenial, kamu juga bisa memilih opsi lainnya yakni dengan cara membeli rumah second di area Jabodetabek.

Namun banyak yang harus kamu pertimbangkan untuk membeli rumah bekas atau second ini. Salah satu pertimbangannya adalah melakukan renovasi.

Karena umumnya rumah bekas ini tidak selalu yang siap huni. Ada saja yang harus diperbaiki atau ditambah agar kamu nyaman menempatinya. Entah itu perbaikan kamar tidur, toilet, atau garasi.

Opsi lainnya adalah mencari rumah subsidi yang disediakan pemerintah. Harga perumahan subsidi dari pemerintah ini cukup memungkinkan untukmu yang memiliki dana terbatas.

Namun perumahan subsidi pemerintah, meski masih berada di kawasan Jabodetabek, biasanya terletak di kawasan yang memiliki transportasi terbatas.

Memang terbilang sulit untuk menemukan perumahan murah yang berada di kawasan Jabodetabek. Namun kamu tidak perlu kecewa, Redaksi Ajaib akan membantu kamu untuk bisa menemukannya.

Daftar perumahan murah berikut ini mungkin bisa jadi pertimbanganmu untuk mendapatkan rumah yang kamu impikan.

Daftar Harga Rumah Murah di Jabodetabek

1.     Bekasi

Untuk kawasan Bekasi, kamu bisa mencari rumah murah di daerah Cikarang. Kamu masih bisa menemukan harga rumah di bawah Rp200 juta misalnya di Perumahan Balika Residence Cikarang. 

Di perumahan tersebut, rumah yang dijual memiliki luas bangunan 25 meter persegi dengan luas tanah 60 meter persegi dengan harga jual Rp160 jutaan.

Selain di Perumahan Balika Residence Cikarang, kamu juga bisa menemukan perumahan murah di Bekasi lainnya yakni Perumahan Taman Karang Bahagia Cikarang dengan harga mulai dari Rp143 juta.

2.     Depok

Bila kamu ingin mencari rumah murah yang berada di dekat Jakarta, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli rumah di daerah Depok.

Depok sudah memiliki beragam fasilitas transportasi yang cukup memadai untuk aktivitas sehari-harimu yang harus pulang-pergi ke Jakarta untuk urusan pekerjaan.

Beragam akses transportasi dari Depok ke lokasi kerjamu di Jakarta, misalnya dengan menggunakan commuter line, atau bus Transjabodetabek.

Jika kamu pengguna kendaraan pribadi, kamu bisa mengakses jalan Tol Desari, Tol Jagorawi, atau jalan protokol yang sudah ada.

Kamu bisa memilih membeli perumahan murah di Depok dengan harga di bawah Rp250 juta di antaranya:

·        Grand Citayam City.

·        Hamizan Regency.

·        Falisha Residence.

·        Buana Nuansa Residence 6.

·        Pesona Pulo Indah.

Kelima perumahan di Depok ini menjadi opsi bagi kamu yang ingin memiliki hunian rumah yang dekat dengan lokasi kantor di Jakarta.

3.     Bogor

Bila kamu ingin mencari lingkungan rumah yang masih asri, kamu bisa memilih untuk tinggal di daerah Bogor.

Selain masih memiliki udara yang sejuk dibanding Jakarta, banyak pula pekerja yang bekerja di Jakarta berasal dari Bogor.

Bukan hanya memiliki lingkungan yang sejuk saja, melainkan di sini kamu juga bisa menemukan harga rumah yang masih tergolong murah misalnya Cluster Bukit Teratai di Citra Indah City.

Perumahan murah di Bogor ini terletak di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Di mana, cluster ini adalah karya dari pengembang besar yang ada di Indonesia yakni Ciputra Group.

Untuk fasilitas yang ada di perumahan tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi karena dekat dengan berbagai fasilitas publik lainnya yakni rumah sakit, pasar modern, dan universitas.

Harga yang ditawarkan oleh Cluster Bukit Teratai berkisar Rp160 jutaan dan tergolong cocok untuk keuangan generasi milenial yang baru saja berkeluarga dengan luas bangunan 22 meter persegi dan luas tanah 60 meter persegi.

4.     Tangerang

Perumahan dengan harga murah di bawah Rp200 juta lainnya bisa kamu temukan di daerah Tangerang di antaranya adalah Cluster Bukit Raya, Cisoka.

Di perumahan ini, kamu akan ditawarkan harga rumah mulai Rp150 jutaan bertipe 42 dengan luas tanah 60 meter persegi.

Selain itu, harga rumah di Cluster Bukit Raya juga dipredikasi naik setiap tahunnya karena lokasinya dikelilingi oleh pengembang besar lainnya seperti Ciputra Group dan Sinar Mas Land. 

Sayangnya, untuk kawasan di daerah Jakarta itu sendiri sulit untuk menemukan harga rumah yang berada di kisaran Rp200 jutaan.

Hal ini dikarenakan rata-rata harga tanah di Jakarta bisa mencapai hampir Rp6 juta per meter persegi.

Namun, bila kamu ingin mencari rumah dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mempertimbangkan untuk memiliki lokasi rumah di daerah Jakarta Timur karena masih berdekatan dengan Bekasi. 

Itulah beberapa perumahan murah di daerah Jabodetabek yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli sebagai investasi jangka panjang bersama pasangan tercinta.

Agar tidak terjebak oleh developer bodong yang menawarkan harga rumah murah, kamu bisa memastikan terlebih dahulu apakah pihak developer tersebut telah terdaftar di asosiasi pengembang di Indonesia atau tidak.

Pastikan juga keaslian dari seluruh kelengkapan dokumen sertifikat rumah tersebut.

Ini merupakan syarat mutlak agar proses jual beli rumah yang kamu lakukan tidak merugikan kamu di kemudian hari misalnya dalam proses pemindahannama.

Artikel Terkait