Perencanaan Keuangan

Kebiasaan Hemat ala Kerajaan Inggris yang Patut Ditiru

Kebiasaan Hemat

Ajaib.co.id – Kehidupan keluarga Kerajaan Inggris sering dipandang bak cerita-cerita yang ada di film atau buku dongeng. Di mana, mereka tinggal di sebuah istana megah dengan pengawal yang ada di berbagai sudut istana.

Ditambah dengan pelayanan yang diberikan oleh pelayan serta pengawal pribadi kerajaan. Sudah bisa dipastikan jika kehidupan keluarga Kerajaan Inggris makmur dan sejahtera.

Akan tetapi, anggapan jika keluarga kerajaan itu dapat dengan bebas menghambur-hamburkan harta atau boros dipatahkan oleh Kerajaan Inggris.

Faktanya, sebagai bagian dari silsilah The Royal Family, pangeran Charles serta keluarga justru dikenal dengan kehidupan yang hemat. Walaupun dilimpahkan harta kekayaan, hal tersebut tidak menjadi alasan keluarga Kerajaan Inggris untuk boros.

Hal ini dibuktikan dengan memiliki kebiasaan hemat ala Kerajaan Inggris yang selalu diterapkan dalam kehidupannya. Kebiasaan ini tentunya dilakukan tanpa ada rasa malu karena mereka adalah keluarga Kerajaan Inggris.

Nah, kira-kira kebiasaan hemat seperti apa yang diterapkan dalam kehidupan keluarga Kerajaan Inggris hingga mendapat perhatian dan dapat menjadi contoh yang bisa kamu tiru di kehidupan.

Yuk, simak penjelasannya melalui pembahasan berikut agar kamu paham.

Mengatur Menu Makanan Hemat namun Tetap Sehat

Kebiasaan hemat yang dapat ditiru oleh kamu, salah satunya adalah makanan yang disajikan oleh keluarga kerajaan. Akan tetapi, kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya tentu harus cukup.

Untuk sarapan saja, Ratu Elizabeth memilih semangkuk sereal, ditambah susu dan buah-buahan. Keluarga kerajaan memang memiliki juru masak yang ditugaskan untuk menyiapkan makanan dengan memasaknya sendiri.

Hal ini jelas membuat keluarga Kerajaan Inggris sangat jarang untuk makan di luar.

Selain itu, makanan sisa biasanya masih dikonsumsi oleh keluarga kerajaan sehingga mereka tidak akan membuang makanan tersebut. Tentunya, makanan tersebut merupakan makanan yang masih enak dan dapat dikonsumsi kembali.

Memanfaatkan dan Menggunakan Pakaian Lama

Untuk soal pakaian, tidak ada yang spesial dari keluarga kerajaan. Hal ini dibuktikan dengan pakaian-pakaian lama yang masih digunakan ketika mereka pergi ke tempat umum. Mereka tidak malu untuk menggunakan pakaian lama dan sama saat mengunjungi acara-acara resmi.

Hal ini jelas salah satu kebiasaan yang patut ditiru oleh semua orang. Jika pakaian lama masih bagus, lalu buat apa beli yang baru hanya karena gengsi.

Membeli Pakaian dari Merek Lokal

Anggapan jika anggota kerajaan harus mengenakan pakaian yang dirancang oleh desainer ternama dan mahal sepertinya salah. Hal ini dibuktikan dengan istri Pangeran Harry yaitu Meghan Markle yang menggunakan pakaian untuk aktivitas sehari-harinya dari merek-merek lokal Inggris.

Hal ini membuktikan bahwa anggota keluarga sekalipun tidak diharuskan menghambur-hamburkan uang hanya untuk pakaian.

Bepergian dengan Alat Transportasi Kelas Ekonomi

Walaupun bagian dari anggota kerajaan, bukan menjadi alasan bagi pangeran William untuk tidak menggunakan pesawat ekonomi dalam perjalanan dari Memphis menuju Dallas pada 2014 lalu.

Selain itu, hal ini juga dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle yang pernah kedapatan sedang naik penerbangan British Airways kelas ekonomi pada malam tahun baru 2018 lalu.

Hal ini juga menjadi kebiasaan baik yang dapat ditiru oleh siapapun. Walaupun mereka merupakan bagian dari anggota keluarga kerajaan, tidak ada salahnya memilih untuk naik alat transportasi dengan kelas ekonomi.

Memperbaiki dan Mendaur Ulang Barang-Barang

Salah satu kebiasaan berikutnya dari anggota kerajaan adalah memanfaatkan barang-barang lama dan tidak membuangnya.

Ratu Elizabeth sendiri dikenal dengan kebiasaan untuk memperbaiki pakaian yang masih bisa dilakukan sendiri.

Selain itu, beliau juga diketahui tidak pernah membuang bungkus-bungkus hadiah yang diberikan. Biasanya akan dikumpulkan dan digunakan ketika dibutuhkan.

Menyimpan dan Tidak Membuang Barang-Barang Lama

Selain memanfaatkan barang yang tidak terpakai untuk didaur ulang atau diperbaiki, ternyata Ratu Elizabeth juga suka menyimpan barang-barang lama yang menjadi kesukaannya.

Salah satu barang lama yang masih disimpan adalah koper Globe-Trotter yang dimiliki sejak tahun 1947 dan tidak pernah dibuang.

Menghemat Listrik

Jika ada imbauan untuk berhemat listrik, tentunya kamu juga harus menerapkan kebiasaan tersebut. Pasalnya, anggota keluarga Kerajaan Inggris sekalipun peduli dengan penghematan pada listrik.

Hal ini dibuktikan dengan perintah ratu kepada para staf untuk mematikan lampu yang sudah tidak digunakan di sekitar gedung. Pasalnya, diperkirakan jika Istana Buckingham memiliki sekitar 40 ribu lampu sehingga hal tersebut tentu mempengaruhi tagihan listrik.

Nah, untuk sekelas anggota keluarga Kerajaan Inggris saja selalu menerapkan kebiasaan hidup yang hemat.

Walaupun keluarga Kerajaan Inggris dekat dengan kehidupan yang dilimpahi harta kekayaan, hal ini bukan alasan bagi mereka untuk menerapkan hidup boros untuk menghambur-hamburkan harta demi kehidupan mewah tersebut.

Hal ini jelas merupakan contoh yang patut ditiru untuk hidup hemat dan tidak selalu menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting serta berlebihan.

Kamu bisa meniru kebiasaan hemat dari mengatur menu makanan dan memasaknya sendiri. Kamu bisa memilih bahan-bahan makanan yang murah dengan nilai gizi dan nutrisi secara cukup.

Sedangkan pada pakaian, kamu bisa memanfaatkan pakaian lama yang sekiranya masih bagus dan layak untuk dipakai.

Kamu tidak perlu membeli barang atau pakaian baru hanya karena gengsi untuk selalu update dengan tampilan yang sedang tren. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan dana yang dihemat untuk dialokasikan ke tabungan atau investasi.

Bukan hanya memiliki dana yang tersimpan saja, kamu juga berkesempatan untuk mendapat keuntungan dari nilai atau dana yang diinvestasikan.

Pasalnya, keuntungan dari mengalokasikan dana ke beberapa instrumen investasi adalah mendapatkan selisih nilai yang lebih besar dari jumlah dana yang disetorkan.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat kamu gunakan untuk mengatur perencanaan keuangan. Salah satunya adalah investasi saham.

Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara online melalui smartphone yang dimiliki dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat membantu kamu berinvestasi saham.

Dengan menggunakan aplikasi Ajaib, kamu bisa membuat rekening saham untuk bertransaksi saham langsung melalui smartphone.

Melalui aplikasi Ajaib, kamu bisa memilih emiten-emiten saham yang memiliki portofolio pergerakan saham secara baik di pasar modal. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan yang dihasilkan dari investasi saham berupa pembagian dividen dan capital gain.

Kamu juga tidak perlu takut dan khawatir dengan dana yang diinvestasikan karena Ajaib sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentunya, kamu bisa mewujudkan perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti biaya pensiun, biaya pendidikan anak, membeli rumah, membuka usaha, dan masih banyak lainnya.

Jadi tunggu apalagi, segera buka aplikasi Ajaib di smartphone kamu untuk mendapatkan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait