Investasi

Manfaat Pasar Modal dan Pasar Uang dalam Dunia Investasi

manfaat pasar modal dan pasar uang

Ajaib.co.id – Memahami manfaat pasar modal dan pasar uang saat berinvestasi, cukup penting dalam mewujudkan target keuntungan yang akan dicapai. Untuk itu, yuk pahami keduanya dalam ulasan berikut ini.

Di dalam dunia investasi, dikenal istilah pasar modal dan pasar uang. Bagi orang yang baru dalam dunia investasi, biasanya mereka menganggap kedua istilah tersebut merupakan hal yang sama. Kebanyakan orang menganggap jika kedua istilah tersebut sama-sama berada pada sektor pengelolaan keuangan yang menghasilkan keuntungan.

Padahal, kedua istilah tersebut jelas memiliki perbedaan. Mulai dari pengertian hingga manfaat pasar modal dan pasar uang memiliki perbedaan. Nah, agar kamu dapat mengerti istilah ini yang ada di dalam dunia investasi, berikut penjelasan yang dapat dipahami untuk memudahkan proses investasi kamu di masa mendatang.

Pengertian Pasar Modal dan Pasar Uang

Untuk mengetahui perbedaan dari pasar modal dan pasar uang, kamu bisa melihatnya dari pengertian kedua istilah tersebut. Pasar modal merupakan pasar yang melakukan kegiatan dengan mempertemukan penawaran serta permintaan dana jangka panjang. Hal ini meliputi pusat keuangan, bank, serta firma yang menawarkan pinjaman uang dalam jumlah besar.

Produk dari pasar modal ini berupa surat berharga yang diperjualbelikan dengan jangka waktu minimal satu tahun lebih. Sedangkan pasar uang atau money market adalah pasar yang memfasilitasi seseorang untuk bertransaksi jual beli berupa sekuritas keuangan. Pasar uang juga bisa dikatakan sebagai wadah atau tempat bagi pihak tertentu untuk meminjam dana kepada pihak lain dengan imbalan tingkat bunga pada pengembaliannya.

Jangka waktu yang ditetapkan pada pasar uang biasanya pendek seperti satu hari hingga satu tahun. Jika jangka waktu melebihi satu tahun, maka hal tersebut dikategorikan ke dalam pasar utang.

Selain itu, transaksi pasar uang bisa dilakukan secara mandiri dan menggunakan bantuan perantara seperti broker. Nah, jika diambil kesimpulan dari pengertian kedua istilah tersebut, maka kamu dapat melihat perbedaan antara pasar modal dan pasar uang.

Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Uang

Dari pengertian pasar modal dan pasar uang, tentunya sudah dapat dilihat perbedaan di antara keduanya. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat memahami penjelasan mengenai beberapa perbedaan antara pasar modal dan pasar uang berikut ini:

Jangka Waktu yang Ditetapkan

Perbedaan yang paling jelas adalah pada jangka waktu yang diberikan pasar modal dan pasar uang. Pasar modal biasa dimanfaatkan oleh para investor maupun pencari modal untuk saling menguntungkan dengan jangka waktu yang panjang.

Yang mana, dana yang diinvestasikan oleh investor akan digunakan dalam pengembangan usaha, berekspansi ke beberapa daerah, meningkatkan modal kerja, dan masih banyak lainnya.

Hal ini akan mendukung penerima modal untuk meningkatkan pendapatan dari usaha yang dijalani. Pendapatan ini tentu memberikan keuntungan bagi penerima modal atau perusahaan dan investor melalui pembagian dividen hingga capital gain. Sedangkan untuk jangka waktu pasar uang, biasanya cukup pendek.

Pasar uang biasa dimanfaatkan untuk kebutuhan yang sifatnya darurat atau butuh cepat bagi investor, pencari modal, lembaga dan perusahaan keuangan atau non keuangan, hingga peserta lainnya.

Dengan pasar uang, mereka dapat memanfaatkannya untuk menempatkan dana dengan jangka waktu pendek dan berharap untuk mendapatkan imbal bunga dengan jangka waktu yang cepat pula.

Jenis Produk yang Diperdagangkan

Perbedaan selanjutnya ada pada jenis produk yang diperjualbelikan oleh pasar modal dan pasar uang. Pasar modal biasanya memperjualbelikan saham, obligasi, dan reksa dana yang bisa dibeli oleh para investor sebagai aset mereka dalam berinvestasi.

Sedangkan pasar uang memiliki produk yang diperjualbelikan seperti Surat Bank Indonesia atau SBI, surat berharga pasar uang, sertifikat deposito, banker’s acceptance, commercial paper, promissory notes, hingga interbank call money.

Otoritas

Perbedaan selanjutnya pada pasar modal dan pasar uang adalah otoritas. Yang mana, pada pasar modal, otoritas tertinggi dipegang oleh Otoritas Jasa Keuangan yang bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia dalam mengawasi dan memproses setiap transaksi di pasar modal.

Sementara pada pasar uang, otoritas tertinggi dipegang oleh Bank Indonesia yang berhak mengatur, mengembangkan, mengizinkan, serta mengawasi setiap kegiatan yang ada di pasar uang.

Risiko

Sudah tidak bisa dipungkiri jika dalam berinvestasi kamu mengharapkan keuntungan, maka kamu juga harus siap menerima risiko. Risiko pada pasar modal memiliki risiko yang cukup tinggi.

Misalnya saja pada produk saham, di mana harga saham dapat sewaktu-waktu turun secara tajam karena suatu beberapa hal. Sedangkan pada pasar uang, biasanya terjadi fluktuasi pada nilai surat berharga yang menyebabkan kondisi seperti gagal bayar, capital loss, inflasi, hingga perubahan nilai mata uang.

Manfaat Pasar Modal dan Pasar Uang

Ketika investor memutuskan berinvestasi, baik di pasar modal dan pasar uang, tentu tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan. Keuntungan ini menjadi salah satu manfaat pasar modal dan pasar uang. Selain itu, masih ada beberapa manfaat pasar modal dan pasar uang yang bisa dirasakan oleh investor seperti berikut ini:

Pasar Modal

  • Sebagai tempat atau wadah dalam menanamkan modal untuk meraih keuntungan.
  • Risiko investasi dapat dicegah dan diminimalisir dengan pengelolaan yang profesional serta transparan.
  • Keuntungan berupa dividen dan capital gain.
  • Kesempatan untuk mengambil alih kepemilikan atas suatu perusahaan.
  • Memiliki hak suara pada rapat umum pemilik saham.
  • Menambah jaringan bisnis.

Pasar Uang

  • Sumber pembiayaan yang cepat dengan jumlah dana tertentu untuk kebutuhan dana darurat.
  • Menjadi fasilitator dan mediator dalam memberikan pinjaman jangka pendek bagi investor asing.
  • Menjadi tempat perdagangan surat-surat berharga dengan jangka waktu yang pendek.
  • Menjadi tempat atau sarana mengumpulkan dana masyarakat lokal melalui penawaran investasi yang menguntungkan.

Penjelasan mengenai perbedaan serta manfaat pasar modal dan pasar uang bagi kamu yang ingin berinvestasi, tentu penting untuk dipahami. Apalagi jika kamu mempertimbangkan risiko dan keuntungan yang akan didapat saat berinvestasi. Untungnya, kini berinvestasi semakin mudah dilakukan dengan instrumen investasi seperti saham.

Hal ini karena kamu bisa menggunakan bantuan media investasi saham seperti aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan media investasi online yang dapat kamu akses melalui smartphone untuk memudahkan proses investasi saham. Melalui fitur Ajaib Saham, kamu dapat menemukan informasi secara lengkap yang berhubungan dengan investasi saham.

Mulai dari pembuatan rekening saham yang dapat dibuat secara online melalui aplikasi Ajaib, melihat pergerakan saham-saham perusahaan, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai berinvestasi saham dengan menggunakan bantuan aplikasi Ajaib di mana saja dan kapan saja. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mengelola perencanaan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang secara tepat.

Kamu bisa memilih saham-saham perusahaan yang memiliki portofolio bagus pada pergerakan harga sahamnya untuk mendapatkan keuntungan. Jadi tunggu apalagi, segera download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait