Dunia Kerja

5 Keuntungan Kerja dari Rumah

Kerja dari rumah ternyata menyimpan banyak manfaat positif. Selain bisa lebih fleksibel mengatur waktu, kamu juga bisa memiliki waktu bersama keluarga.

Ajaib.co.id – Pandemi COVID-19 ini membuat lebih banyak orang kerja dari rumah. Selain sebagai usaha mengantisipasi penyebaran virus Corona, hal ini harus dilakukan agar diri lebih aman, sehat dan produktif dalam menghasilkan pendapatan, namun tetap menjalani tugas perusahaan.

Sisi lainnya, ada banyak orang yang terpaksa tetap menjalani pekerjaannya di lapangan lantaran, bekerja dari rumah tidak memungkinkan

Kerja dari rumah atau yang disebut dengan work from home rata-rata dilakukan kebanyakan karyawan dengan memanfaatkan koneksi internet. Walau harus beradaptasi dengan kehidupan bekerja yang sangat berbeda jika dilakukan di kantor, bekerja di rumah ternyata menyimpan banyak kelebihan.

Misalkan saja, kamu lebih memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Selain itu, kamu juga dapat mempelajari berbagai macam hal yang selama ini belum pernah benar-benar kamu jalani. Satu lagi, kamu juga bisa berhemat dengan anggaran transportasi dari rumah ke kantor dan juga sebaliknya.

Namun kerja dari rumah juga nyatanya memiliki beberapa kekurangan. Kamu tentunya harus menghabiskan dana untuk membayar tagihan listrik dengan nominal yang lebih besar. Selanjutnya biaya kuota internet kamu juga so pasti bakal membengkak, lantaran seringnya melakukan virtual meeting.

Selain itu, burn out dan kebosanan karena kurangnya interaksi dengan orang lain juga kerap menghantui orang-orang yang bekerja dari rumah.

Walau demikian, ayo kita ambil sisi positif dari hal ini. Bekerja dari rumah tentunya akan lebih menyenangkan untuk kehidupan. Apalagi jika kamu adalah orang tua, kamu bisa memiliki waktu lebih banyak untuk bersama keluarga dan anak. 

Apa lagi kelebihan lainnya? Redaksi Ajaib telah merangkum 5 keuntungan kerja dari rumah melalui artikel berikut:

1. Menekan Biaya Pengeluaran 

Kelebihan kerja dari rumah yang pertama adalah menekan biaya pengeluaran. Jika kamu menjalani pekerjaan dari rumah, beberapa biaya yang bisa kamu hemat antara lain, biaya transportasi mencakup biaya tol, bahan bakar dan perawatan kendaraan kamu. Kamu yang naik kendaraan umum juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk ojek online, bus, atau kereta.

Selain itu kamu juga berhemat dalam hal pengeluaran jajan makanan yang biasa kamu lakukan jika kamu bekerja di kantor, mulai dari makan siang sampai camilan seperti kopi atau kue-kue. Selalu saja ada alasan untuk membeli camilan pada jam rawan yang bisa dihindari jika kerja dari rumah.

Dengan memangkas biaya jajan dan transportasi, tentunya nominal ini bisa kamu tabung untuk kebutuhan yang lebih penting. Misalkan mengaplikasikannya kepada kebutuhan yang lebih penting seperti listrik atau juga kuota internet untuk kerja online.

2. Kenyamanan Lebih dengan Kerja dari Rumah

Rumah merupakan tempat yang paling nyaman bagi siapapun. Karena dilakukan dari rumha, tentunya bisa membuat kamu bekerja secara lebih nyaman lagi daripada kamu harus bekerja di kantor dengan suasana formal mulai dari busana, meja kerja sampai dengan penampilan yang tidak mungkin seadanya.

Bekerja dari rumah tentunya membuat kamu berpenampilan lebih santai, atau bahkan hanya menggunakan kaos atau daster saja. Bekerja dari rumah juga membuat kamu lebih leluasa dalam menjalani pekerjaan, lantaran suasana bekerja yang bisa dimana saja.

Kamu bisa bekerja di meja makan sembari ngemil, atau kamu juga bisa bekerja di dalam kamar sambil selonjoran. Posisi-posisi tersebut tentunya tidak bisa kamu dapatkan ketika kamu harus bekerja di kantor yang penuh dengan aturan.

3. Lebih Leluasa Mengatur Waktu

Bekerja dari rumah juga membuat kamu lebih leluasa dalam mengatur waktu kamu. Saat kamu bekerja dai kantor tentunya kamu bisa kehilangan banyak waktu lantaran jarak yang jauh dari rumah ke kantor atau bahkan sebaliknya.

Sesampai kamu di kantor, aktivitas kerja kamu juga diatur dengan sistem yang ada, baik dari jam kerja, istirahat hingga jam pulang. Berbeda dengan bekerja dari rumah yang tentunya memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam melakukan beragam kegiatan. Kamu bahkan bisa melakukan berbagai hal secara multitasking. Bagi kamu yang sudah lama ingin menjalankan bisnis, waktu seperti ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

4. Kerja dari Rumah Membuat Lebih Dekat dengan Keluarga

Bekerja dari rumah akan membuat kamu lebih dekat dengan keluarga. Keluarga yang merupakan hal yang paling berharga, tentunya akan membuat kamu bisa berbagi waktu lebih banyak dengan keluarga kamu saat bekerja dari rumah.

Apalagi jika kamu memiliki anak yang masih kecil, tentunya perhatian bisa diberikan lebih banyak lagi daripada saat kamu bekerja di kantor. Bekerja dari rumah juga membuat kamu bisa menjalin kembali keakraban antar anggota keluarga yang dulu sempat terbatas lantaran jam kerja kamu yang tinggi.

5. Kehidupan Seimbang

Bekerja dari rumah membuat kehidupanmu lebih seimbang antara pekerjaan dan keluarga. Dengan kehidupan yang seimbang, tentunya kamu akan lebih bahagia apalagi jika seharian kamu bisa ditemani oleh anak dan pasangan.

Dengan memiliki keseimbangan antara keluarga dan pekerjaan, tentunya kamu bisa melakukan banyak hal berkualitas ditengah-tengah waktu luang kamu dalam bekerja. Hal seperti ini jelas tidak dapat kamu peroleh ketika kamu bekerja di kantor yang mana sejak subuh kamu sudah keluar rumah dan kembali saat petang.

Nah itulah lima keuntungan kerja dari rumah yang bisa menjadi nilai positif bagi kamu. Bagi kamu yang saat ini tengah menjalani pekerjaan dari rumah, tentunya kamu harus bersyukur. Karena dimasa pandemi COVID-19 saat ini ada banyak perusahaan yang melakukan pengurangan tenaga kerja.

Sementara kamu masih diberikan rezeki walaupun menjalani pekerjaan dari rumah. Kamu jadi bisa mempelajari berbagai hal lain yang bisa dipelajari secara online. Bagi tengah mencari pekerjaan, kamu bisa juga memanfaatkan situasi ini untuk bekerja sebagai penulis lepas sembari terus mengirimkan lowongan kerja.

Artikel Terkait