Saham

Produk Investasi Saham Mandiri yang Bisa Jadi Pilihan

Produk Investasi Saham Mandiri di Mandiri Investasi

Ajaib.co.id – Mandiri Investasi adalah salah satu perusahaan manajer investasi terbesar yang merupakan bagian dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk yang berdiri sejak tahun 2004. Salah satu produk investasi saham Mandiri di Mandiri Investasi adalah reksa dana saham.

Reksa dana saham adalah salah satu cara investasi berupa pembuatan portofolio berupa saham yang dikelola manajer investasi. Manajer investasi ini bertugas untuk membeli atau menjual saham untuk mendapatkan keuntungan yang didapatkan dari selisih kenaikan harga jual beli saham. Kamu hanya bisa membeli saham perusahaan yang berbadan hukum dan tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Mandiri Investasi punya beberapa produk investasi reksa dana saham yang sebagian besar alokasi investasinya ditempatkan di efek saham. Redaksi Ajaib merangkum beberapa produk investasi saham Mandiri yang dimiliki Mandiri Investasi melalui artikel berikut.

Mandiri Investa Equity Dynamo Factor (DYNAMO)

Mandiri Investa Equity Dynamo Factor diluncurkan tanggal 19 November 2013 dengan bank kustodian Citibank cabang Jakarta. Tingkat pendapatan yang bisa didapatkan dari salah satu produk investasi saham Mandiri ini cukup besar dalam jangka panjang. Kebijakan investasi dari produk ini adalah saham minimal sebesar 80%, maksimal 100%, obligasi maksimal 20%, dan pasar uang maksimal 20%.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi di DYNAMO adalah akan didampingi manajemen investasi profesional, diberikan diversifikasi investasi, adanya fleksibilitas investasi dan kemudahan pencairan dana.

Selain keuntungan, tentunya ada risiko yang bisa terjadi. Beberapa faktor risiko utama di DYNAMO yang bisa terjadi adalah risiko perubahan kondisi ekonomi dan politik, risiko wanprestasi, risiko likuiditas, risiko berkurangnya nilai aktiva bersih setiap unit penyertaan, dan risiko transaksi melalui media elektronik.

Mandiri Investa Ekuitas Dinamis (MIED)

Mandiri Investa Ekuitas Dinamis adalah salah satu produk investasi saham dari Mandiri Investasi yang memiliki Nilai Aktiva Bersih Rp578.89/unit. Diluncurkan tanggal 29 Mei 2011 dengan Bank Deutsche Jakarta sebagai bank kustodian, produk ini menawarkan kebijakan komposisi portofolio saham sebesar 93,78% dan pasar uang sebesar 6,22%.

Kepemilikan saham terbesar produk ini berdasarkan abjad dipegang oleh Ace Hardware Indonesia Tbk., Adaro Energy Tbk., Mayora Indah Tbk., Mitra Keluarga Karyasehat Tbk., dan Sarana Menara Nusantara Tbk. Kalau kamu mau berinvestasi di produk ini, perlu dipahami bahwa produk ini punya periode investasi panjang yaitu di atas 5 tahun dengan tingkat risiko tinggi.

Mandiri Investa Cerdas Bangsa (MICB)

Mandiri Investa Cerdas Bangsa adalah salah produk investasi saham Mandiri yang fokus pada saham-saham berkapitalisasi pasar besar dan menengah sehingga kinerjanya fleksibel terhadap pergerakan harga pasar saham secara umum. Komposisi portofolio yang ditawarkan adalah saham sebesar 94,60%, pasar uang sebesar 5,40%, dan obligasi sebesar 0,00%.

Kepemilikan saham terbesar berdasarkan abjad di produk ini adalah Astra International Tbk., Bank Central Asia Tbk., Bank Mandiri (Persero) Tbk., Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Mandiri Investa Equity ASEAN 5 Plus

Mandiri Investa Equity ASEAN 5 Plus diluncurkan tanggal 22 November 2013 dengan bank kustodian Citibank Jakarta. Komposisi portofolio yang dimiliki adalah saham sebesar 93,71%, pasar uang sebesar 6,29%, dan obligasi sebesar 0,00%.

Nilai proposisi yang ditawarkan produk ini adalah proporsi investasi di luar negeri, mengikuti histori pertumbuhan market ASEAN, pendekatan sistematik dalam konstruksi portofolio, dan alokasi dana yang fleksibel. Saat ini, kepemilikan saham terbesar berdasarkan abjad adalah Bank Centra Asia Tbk., Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., H.M Sampoerna Tbk., Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., dan Unilever Indonesia Tbk.

Mandiri Investa Atraktif Syariah (MITRAS)

Mandiri Investa Atraktif Syariah (MITRAS) adalah satu produk investasi saham Mandiri berbasis syariah yang diluncurkan tanggal 25 Januari 2008 dengan Bank Deutsche Jakarta sebagai bank kustodian. Berbeda dengan produk konvensional, komposisi portofolio produk ini dialokasikan untuk pasar uang syariah sebesar 10,37%, saham syariah sebesar 89,63%, dan Sukuk sebesar 0,00%.

Kepemilikan terbesar berdasarkan abjad dari produk yang fokus pada saham-saham berkapitalisasi pasar besar dan menengah ini adalah Astra International Tbk., Chandra Asri Petrochemical Tbk., Charoen Pokphand Indonesia Tbk., Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., dan Unilever Indonesia Tbk.

Mandiri Investa Atraktif (MITRA)

Mandiri Investa Atraktif (MITRA) diluncurkan tanggal 30 Agustus 2006 dengan bank kustodian Bank HSBC Jakarta. Sebagian besar reksa dana MITRA berfokus di saham-saham blue chips sehingga punya Nilai Aktiva Bersih lebih stabil. Komposisi portofolio yang dimiliki adalah saham sebesar 93,92% dan pasar uang dalam bentuk seperti kas atau deposito berjangka sebesar 6,08%.

Kepemilikan saham terbesar berdasarkan abjad untuk salah satu produk investasi saham Mandiri ini adalah Bank Centra Asia Tbk., Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., H.M Sampoerna Tbk., Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., dan Unilever Indonesia Tbk.

Mandiri Investa Ekuitas Syariah (MIES)

Mandiri Investa Ekuitas Syariah fokus pada saham-saham berkapitalisasi pasar besar agar bisa fleksibel kinerjanya. Komposisi portofolio yang dimiliki adalah saham syariah 92,63%, pasar uang syariah sebesar 7,3%, dan Sukuk sebesar 0,00%.

Alokasi sektor terbesar di produk ini adalah consumer dan infrastruktur dengan kepemilikan saham terbesar sesuai abjad Astra International Tbk., Chandra Asri Petrochemical Tbk., Charoen Pokphand Indonesia Tbk., Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., dan Unilever Indonesia Tbk.

Itu dia beberapa produk investasi saham Mandiri dari Mandiri Investasi dalam bentuk reksa dana. Selain Mandiri Investasi, kamu juga melakukan investasi reksa dana di Ajaib lho! Ajaib menyediakan berbagai tipe investasi reksa dana, apapun tujuan keuanganmu.

Tak harus mengeluarkan dana besar, kamu bisa melakukan investasi mulai dari Rp10 ribu. Walau demikian, keamanan investasi kamu juga akan terjamin karena Ajaib bekerja sama dengan Manajer Investasi dan Bank Kustodian tepercaya. Jadi tunggu apalagi? Mulai investasi kamu sekarang juga di Ajaib dan dapatkan return sesuai dengan tujuan investasimu.

Artikel Terkait