Investasi

Syarat Investasi Jam Tangan Agar Menghasilkan Untung Besar

investasi jam tangan

Ajaib.co.id – Ini syarat yang harus dipenuhi saat ingin melakukan investasi jam tangan atau arloji dan menghasilkan untung yang besar. Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Masih sedikit yang sadar jika ternyata investasi jam tangan bisa dijadikan sebagai alternatif investasi yang menggiurkan. Hal ini bisa dilihat dari harga jam tangan merk tertentu yang justru akan selalu mengalami kenaikan harga setiap tahunnya.

Fakta tersebut bisa menjadi pertanda jika jam tangan sejatinya bukanlah sekedar aksesoris penghias tangan saja. Lebih dari itu, jam tangan ternyata bisa dijadikan sebagai produk investasi yang bernilai tinggi.

Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah jam tangan ini termasuk jenis investasi jangka panjang. Artinya jika tujuan membeli jam tangan hanya untuk koleksi atau kebutuhan saja, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan jam tangan sebagai pilihan investasi.

Barang Mewah Sebagai Currency

Untuk kamu yang ingin investasi sekaligus mengoleksi arloji mewah, ada hal paling mendasar yang harus diperhatikan betul. Hal tersebut berkaitan dengan luxury goods jam tangan mewah sebagai currency atau mata uang yang dapat dilikuidasi kapan saja.

Konsep mata uang yang ada pada jam tangan mewah ini sebenarnya dimaksudkan agar para investor tidak salah sangka dalam memproyeksikan peningkatan nilai finansial jam tangan mewah koleksinya. Jam tangan mewah ini termasuk salah satu barang yang sudah memiliki monetisasi baik di Indonesia.

Kenapa? Hal ini dikarenakan pasarnya di Indonesia sudah terbentuk di kalangan yang juga paham mengenai value sebuah barang mewah, seperti jam tangan ini. Sederhananya, pada saat kamu menyimpan deposito jangka panjang selama kurun waktu tertentu, secara otomatis nilai deposito akan bertambah pada saat deposito jatuh tempo.

Tetapi di sisi lain, jika kamu memiliki arloji mewah yang bisa dijual kembali dengan harga melebihi harga pada saat pertama membelinya, maka kamu tidak perlu lagi menunggu masa “jatuh tempo” untuk memperoleh keuntungan dari investasi barang mewah ini.

Meskipun demikian, ada hal paling mendasar yang harus diperhatikan, yakni memperhatikan pergerakan dari nilai tukar rupiah. Hal ini dikarenakan jam tangan mewah rata-rata adalah barang impor yang harga jualnya di Indonesia sudah pasti menggunakan mata uang Rupiah. Artinya harga jam tangan mewah, baik yang baru maupun second akan berpengaruh jika Rupiah terdepresiasi maupun terapresiasi.

Nah itulah kenapa membeli jam tangan baru atau menjual jam tangan mewah bekas di Indonesia bisa menjadi peluang yang sangat menarik. Namun dengan catatan jika semua itu dilakukan pada saat kondisi mata uang Rupiah yang tepat.

Tetapi meskipun masyarakat kelas atas Indonesia sudah begitu familiar dengan kepemilikan luxury goods, sebisa mungkin jam tangan mewah ini tidak dijadikan sebagai satu-satunya portofolio untuk tujuan investasi.

Meskipun demikian, risiko kerusakan barang jika berada di tangan yang tidak tepat justru akan merusak nilainya. Dengan demikian, penting untuk para investor tahu betul risiko dari kegiatan investasi barang-barang berharga, seperti investasi arloji yang tidak menghasilkan pendapatan tetap.

Nantinya setelah kamu memiliki mindset jam tangan mewah sebagai currency atau mata uang, barulah menjadikan jam tangan mewah sebagai salah satu portofolio investasi kamu. Nah, yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah jam tangan merk apa yang cocok dijadikan investasi?

Daftar Brand Jam Tangan Mewah untuk Investasi

Penting untuk selalu diingat bahwa tidak semua jam tangan mahal cocok dijadikan sebagai barang investasi. Kenapa demikian? Memang benar, cukup banyak brand jam tangan mewah dengan harga mahal. Tetapi sayangnya tidak semuanya memiliki harga jual tinggi di kemudian hari. Atau istilah lainnya tidak bisa diinvestasikan.

Lalu brand jam tangan mewah apa yang cocok dijadikan sebagai produk investasi? Berikut ini adalah brand jam tangan yang bisa kamu pilih pada saat ingin menjadikannya sebagai barang koleksi sekaligus investasi.

1. Patek Philippe Calatrava

Harga awal pada saat kamu membeli jam tangan mewah Patek Philippe Calatrava adalah US$9.750 atau setara dengan Rp36,44 juta. Sementara itu estimasi pertumbuhan harganya selama 10 tahun bisa mencapai 40 sampai dengan 50%. Artinya keuntungan yang bisa didapatkan ketika berinvestasi barang mewah yang satu ini adalah US$4.875 atau setara dengan Rp68,22 juta.

2. Rolex Submariner

Harga awal Rolex Submariner ini ditaksir mencapai US$7.500 atau setara dengan Rp104,96 juta. Sementara itu pertumbuhan harga selama 10 tahun ditaksir bisa mencapai 50%. Artinya keuntungan yang didapatkan saat memilih jam tangan mewah ini adalah US$2.550 atau setara dengan Rp35,68 juta.

3. Omega Cosmic Triple Calendar

Harga awal jam tangan mewah yang satu ini adalah US$5.500 atau setara dengan Rp76,97 juta. Sementara itu estimasi pertumbuhan harga Omega Cosmic Triple Calendar selama 10 tahun adalah 50 sampai dengan 55%. Artinya dalam jangka waktu 10 tahun, keuntungan investasi yang bisa didapatkan adalah US$3.023 atau setara dengan Rp42,30 juta.

4. Breitling Navitimer

Jam mewah ini memiliki harga dikisaran angka US$5.385 atau setara dengan Rp75,36 juta. Sementara estimasi pertumbuhan harga Breitling Navitimer ini selama 10 tahun bisa mencapai 30%. Artinya keuntungan dari jam tangan yang bisa kamu dapatkan selama kurun waktu 10 tahun adalah US$1.615 atau setara dengan Rp22,60 juta.

Pertimbangan Investasi Jam Tangan Mewah

Membangun investasi pada jam tangan mewah sebenarnya sah-sah saja. Tapi selalu ingat untuk tidak menjadikan barang mewah sebagai satu-satunya portofolio untuk tujuan investasi.

Kenapa demikian?

Pasalnya nilai barang akan langsung jatuh ketika ada kerusakan barang. Di sisi lain, para investor harus paham betul saat-saat dimana kondisi mata uang Rupiah untuk membeli atau menjual jam tangan mewah koleksinya. Barulah setelah semua itu bisa kamu jalankan dengan baik, investasi jam tangan mewah bisa menghasilkan untung besar. 

Artikel Terkait