Saham

Ini Cara Buka Rekening Saham Rp100 Ribu? Simak Ulasannya

Ajaib.co.id – Salah satu bentuk investasi yang diminati masyarakat adalah investasi saham. Memiliki imbal hasil yang tinggi dalam jangka waktu yang relatif singkat merupakan salah satu faktor pemikat dalam investasi saham.

Makanya, tidak heran, jika ada investor yang menuai untung puluhan hingga ratusan persen dari investasi saham. Jumlah itu membuat keuntungan saham lebih unggul dari instrumen investasi lainnya, yang rata-rata “hanya” bisa memberi imbal hasil maksimal 10-15% per tahun.

Sayangnya banyak yang berpikiran investasi saham sebagai sesuatu yang sulit dan butuh modal yang besar. Kalau kamu punya pikiran seperti itu, kamu keliru. Sebetulnya main saham itu mudah dan tidak butuh modal besar. Bahkan saat ini kamu bisa buka rekening saham Rp100 ribu.

Dahulu setiap investor harus membeli 1 lot saham yang terdiri 500 lembar di pasar modal. Jadi, kalau misalnya kamu membeli saham yang satu lembarnya dihargai Rp1.000 maka kamu harus mengeluarkan uang Rp300 ribu untuk membeli saham.

Namun, Bursa Efek Indonesia (BEI) mengubah kebijakan tersebut. Kini 1 lot saham terdiri dari 100 lembar. Artinya dengan modal seratus ribu kamu sudah bisa bermain saham.

Rekening saham Rp100 ribu pada umumnya bertujuan untuk mendorong para mahasiswa untuk mulai berinvestasi. Tapi seiring berjalannya waktu masyarakat umum mulai tertarik dengan investasi modal Rp100.000. Nah, untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk buka rekening saham Rp100 ribu.

Pilih Perusahaan Sekuritas dengan Modal Setoran Awal yang Kecil

Langkah awal untuk buka rekening saham Rp100 ribu adalah membuka rekening efek di perusahaan sekuritas. Banyak perusahaan efek atau sekuritas yang telah terdaftar, akan tetapi jika kamu hanya memiliki modal kecil, kamu harus pilih perusahaan sekuritas yang membolehkan setoran awal di bawah Rp5 juta.

Berikut beberapa list sekuritas yang menampung calon investor dengan modal kecil.

·        Indo Premier Sekuritas = Rp10 ribu, Rp50 ribu, dan Rp100 ribu

·        Trimegah Sekuritas = Rp100 ribu

·        RHB Sekuritas Indonesia = Rp100 ribu

·        MNC Sekuritas = Rp100 ribu

·        Sinarmas Sekuritas = Rp500 ribu

·        BNI Sekuritas = Rp1 juta

·        BCA Sekuritas = Rp1 juta

Cara Membuka Rekening Saham Offline atau Online

Untuk buka rekening saham Rp100 ribu, atau jumlah investasi lainnya secara offline, kamu bisa mendatangi kantor cabang terdekat dari salah satu perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Sebelumnya kamu harus mempersiapkan data yang diperlukan berikut ini :

· Kartu identitas berupa fotokopi KTP untuk warga negara Indonesia (WNI) atau KITAS/Passport untuk warga negara asing (WNA).

· Fotokopi Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Bagi yang tidak mempunyai NPWP, bisa melampirkan NPWP orang tua jika kamu pelajar atau NPWP suami jika kamu seorang ibu rumah tangga. Biasanya juga bisa dengan menyertakan Surat Keterangan Tidak Punya NPWP.

· Fotokopi halaman depan/cover buku tabungan.

· Membawa materai Rp6.000 minimal dua buah.

Selain secara offline, kamu juga bisa melakukan pembukaan rekening saham via online.

Jika kamu tidak sempat mendatangi kantor cabang perusahaan sekuritas, kamu bisa melakukan pendaftaran via online. Kunjungi website perusahaan sekuritas yang kamu pilih, lalu lakukan tahap registrasi. Dokumen yang diperlukan tidak jauh berbeda dengan pendaftaran offline.

Mengisi Formulir Perusahaan Sekuritas

Setelah kamu mempersiapkan dokumen yang diperlukan, maka langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pembukaan rekening saham di perusahaan sekuritas yang kamu pilih. Formulir pembukaan rekening saham ada dua jenis, yaitu rekening efek untuk transaksi jual dan beli efek yang dibayar atau diterima secara tunai pada waktu jatuh tempo.

Selain itu ada juga Rekening Dana Investor (RDI), yakni rekening di bank atas nama investor yang terpisah dari rekening sekuritas (atas nama sekuritas) yang digunakan untuk keperluan transaksi jual beli saham oleh investor. Rekening ini bertujuan untuk memisahkan dana nasabah dengan dana perusahaan sekuritas.

Menyetor Deposit Awal

Setiap perusahaan sekuritas mempunyai batas minimum setoran awal yang berbeda-beda. Mulai dari Rp100 ribu hingga Rp10 juta atau lebih. Jadi Jika kamu memilih untuk buka rekening saham Rp100 ribu maka siapkan dana investasi awalmu minimal sebesar Rp100 ribu.

Itulah langkah-langkah untuk membuka rekening saham. Jadi tidak alasan lagi untuk tidak memulai berinvestasi saham. Langkahnya sangat mudah, karena sekarang bisa daftar secara online maupun offline, dan beberapa perusahaan juga telah menggunakan aplikasi untuk melakukan pedaftaran.

Selain mudah, kamu juga bisa memulainya dengan buka rekening saham Rp100 ribu, sebuah angka yang cukup terjangkau untuk kalangan mahasiswa ataupun masyarakat menengah ke bawah. Jadi, lebih baik memulainya dari modal yang terkecil daripada tidak sama sekali.

Bacaan menarik lainnya:

K. Harjono, Dhaniswara. (2007). Hukum Penanaman Modal, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait