Reksa Dana

Memahami Cara Kerja Investasi Berbasis Utang

cara kerja investasi

Ajaib.co.id – Berinvestasi menjadi saran keuangan yang diberikan pakar keuangan untuk klien dari seluruh dunia dari latar belakang apapun. Sayangnya saran ini tidak selalu mudah dipraktikkan. Salah satu alasannya karena keterbatasan dana yang kita miliki sehingga tak mungkin menerapkan cara kerja keuangan ini.

Seringkali penghasilan kita dinilai sudah mencukup namun juga diimbangi dengan banyaknya pos pengeluaran yang harus dipenuhi. Misalnya cicilan KPR, asuransi kesehatan sekeluarga atau membantu biaya pendidikan adik yang jumlahnya cukup besar.

Karena itulah banyak yang kemudian berpikir untuk mengambil pinjaman untuk memulai investasi. Bagi sebagian orang, ide ini mungkin dianggap tidak masuk akal karena investasi seharusnya dilakukan ketika kita sudah mampu secara finansial.

Namun bagi sebagian lagi mungkin investasi layak dimulai bahkan dengan utang karena cara kerjanya menjanjikan keuntungan yang sebanding bahkan lebih. Alasannya, investasi merupakan cara terbaik untuk mencari kekayaan dan menyiapkan masa depan finansial yang lebih baik.

Kamu hanya perlu melakukan kalkulasi yang tepat untuk memperhitungan utang yang diambil dengan investasi yang dilakukan. Apakah cara kerja investasi tersebut mampu bertanggung jawab atas utang yang diambil termasuk pula suku bunganya.

Bagaimana cara kerja investasi yang dilakukan dengan berutang?

Kamu bisa mengembangkan dan mendapatkan keuntungan dari uang yang kamu miliki dengan dua cara kerja. Pertama ketika kamu memiliki tabungan, kamu dapat membeli sesuatu untuk nilai tertentu dan berharap bisa menjualnya dengan nilai yang lebih tinggi setelah beberapa waktu. Hal-hal seperti saham perusahaan (baik secara langsung atau melalui reksa dana ekuitas), properti, atau komoditas seperti emas dan perak merupakan beberapa contoh diantaranya.

Atau yang kedua, kamu bisa meminjamkan uang kepada orang lain dan mendapatkan penghasilan bunga sementara kamu menunggu untuk mendapatkan uang kembali nanti. Hal ini bisa melalui rekening tabungan bank, deposito tetap bank atau obligasi perusahaan atau pemerintah baik secara langsung atau melalui reksa dana pendapatan tetap.

Artikel ini akan fokus membahas pada cara kerja yang kedua yakni mendapatkan keuntungan lebih besar dengan cara meminjamkan uangmu.

Meminjamkan uang melibatkan dua entitas, pemberi pinjaman dan peminjam. Pemberi pinjaman tidak membutuhkan uang sekarang, tetapi peminjam membutuhkannya. Peminjam membayar kreditur pembayaran tetap yang disebut bunga untuk hak istimewa karena memiliki uang sekarang.

Setelah peminjam membayar semua uang yang dipinjam, pinjaman ditutup. Kata lain untuk pinjaman adalah kredit, hutang, obligasi dan investasi semacam itu juga disebut pendapatan tetap karena semuanya ditetapkan di muka (suku bunga, periode pembayaran, peminjam, pemberi pinjaman).

Contoh paling umum dari pinjaman atau investasi utang adalah rekening tabungan bank atau deposito tetap yang kamu miliki.

Kamu meminjamkan uangmu ke bank dengan imbalan pembayaran bunga reguler (setelah pajak penghasilan). Bank kemudian meminjamkan uang itu pada tingkat bunga yang lebih tinggi kepada orang lain atau perusahaan untuk membeli rumah, mobil, barang, liburan, dll. Bank membuat perbedaan dalam tingkat (“margin”) mereka setelah menghapuskan pinjaman yang tidak mampu untuk menagih (disebut “risiko kredit”).

Contoh lain dari investasi utang adalah reksa dana pendapatan tetap.

Kamu membeli unit dengan nilai aset bersih (NAB) atau harga tertentu, dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di masa mendatang. Kamu mendapatkan keuntungan setelah membayar pajak atas keuntungan tersebut. Uang yang kamu investasikan digunakan oleh reksa dana untuk membeli campuran obligasi pemerintah atau korporasi yang membayar bunga reguler.

Pemerintah meminjam berbagai inisiatif sosial seperti infrastruktur, pendidikan, skema kesehatan, dan lainnya. Ketika mereka belum mengumpulkan cukup uang melalui pajak, perusahaan meminjam untuk hal-hal seperti membangun pabrik baru atau modal kerja.

Seperti yang kamu lihat, meminjamkan uang ke bank adalah hal yang mungkin kamu pikir paling aman. Hal ini tidak sepenuhnya bebas risiko karena bank bisa saja membuat pinjaman macet dengan uangmu dan berjuang untuk memulihkannya kembali. Namun, pinjaman ini hampir bebas risiko karena kegagalan bank jarang terjadi dan biasanya pemerintah mengambil langkah perlindungan. Sebagai imbalan atas keamanan ini, kamu membayar harga dalam hal mendapatkan pengembalian (bunga) yang lebih rendah dari investasi berisiko lainnya.

 

Itulah sebabnya kami, di Ajaib, merekomendasikan reksa dana pendapatan tetap sebagai tempat memarkir dana darurat milikmu (enam bulan dari pengeluaran bulananmu) atau untuk kebutuhan jangka pendek di mana kamu membutuhkan uang kembali dalam lima tahun (penggantian kendaraan, orang asing liburan, gelar master, dll). Produk reksa dana ini bermanfaat untuk menyempurnakan perencanaan keuanganmu.

Kamu bisa mengunduk aplikasi Ajaib ataupun melalui website untuk memulai investasimu. Tersedia berbagai produk reksa dana pendapatan tetap yang bisa kamu pilih untuk masuk dalam portofolio investasimu.Jika sudah memasukkan data pribadi, pengalaman investasi yang telah dilakukan, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi reksa dana yang sesuai dari tim ahli kami.

Artikel Terkait