Saham

Cara Membaca Laporan Keuangan Saham Agar Tak Salah Langkah

cara membaca laporan keuangan saham

Ajaib.co.id – Mengetahui cara membaca laporan keuangan saham adalah cara yang bijak untuk berinvestasi saham. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membagikan cara membaca laporan keuangan saham agar kamu makin mahir dalam bermain saham.

Perlu diketahui, untuk perusahaan go-public atau  perusahaan berstatus terbuka memiliki tanggung jawab untuk transparansi kepada para shareholder-nya. Dalam mewujudkan tanggung jawabnya, perusahaan memiliki laporan keuangan yang bisa diakses oleh publik.

Nantinya, laporan keuangan ini bisa jadi proyeksi situasi perusahaan yang mana bisa jadi bahan pertimbangan dalam keputusan investasi yang dibuat. Sayangnya, sampai sekarang ini masih jarang yang mau membaca laporan keuangan. Masih banyak investor yang latah untuk membeli saham karena banyak orang membeli itu, tanpa analisis sedikutpun.

Alasan Penting Mengetahui Cara Membaca Laporan Keuangan Saham

Mengetahui cara membaca laporan keuangan saham penting untuk investor. Hal ini bertujuan untuk melihat bagaimana potensi sebuah saham dari laporan tersebut. Perusahaan secara terbuka telah menunjukkan performa mereka, bila kamu tidak bisa membacanya, semua justru akan percuma.

Baik itu untuk keperluan investasi jangka pendek maupun jangka panjang, laporan keuangan bisa menjadi begitu krusial. Karena, dari laporan itu, kamu bisa mengetahui aset perusahaan, laba bersih perusahaan, hingga langkah-langkah perusahaan dalam periode ke depan.

Di dalam sebuah laporan keuangan, ada beberapa bagian penting yang bisa digunakan untuk pertimbangan langkah investasi kamu. Diantaranya ada neraca keuangan, arus kas, laba dan rugi, serta perubahan modal. Berikut cara membaca laporan keuangan saham untuk tiap bagian tersebut.

Neraca keuangan

Laporan neraca keuangan adalah salah satu bagian paling fundamental dalam laporan keuangan perusahaan. Melalui bagian ini, kamu bisa mendapatkan jawaban tentang kondisi perusahaan tempat kamu menanam saham. Dari laporan ini, kamu bisa melihat banyak hal seperti aset lancar, piutang, dan berbagai hal lainnya.

Tentunya, sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki neraca keuangan yang baik. Karena keuangan ini adalah roda operasional dari perusahaan. Melalui keuangan yang sehat, kamu akan mengetahui kemampuan perusahaan dalam mengelola bisnis yang dijalankan. Seperti kewajiban pelunasan vendor, atau pemenuhan sumber daya yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, keuangan yang sehat ini juga dapat diartikan jika perusahaan bisa membayar dividen untuk pemegang saham. Intinya, kamu jadi bisa menilai bagaimana perusahaan mengelola dan menjalankan operasionalnya. Jadi, neraca keuangan ini bisa jadi tolak ukur seberapa sehat saham perusahaan tersebut, terkhusus untuk investasi jangka panjang.

Laporan Arus Kas

Pada bagian ini, kamu bisa melihat aliran dana di sebuah perusahaan. Aliran dana ini bisa digunakan untuk banyak hal, seperti menggaji karyawan, membeli aset, ataupun membagi dividen. Oleh karenanya, kamu harus jeli dalam melihat arus kas perusahaan. Pasalnya arus kas ini bisa menjadi tanda apakah perusahaan ini cukup ramah investor atau tidak.

Laporan Laba Rugi

Simpelnya, pada bagian laporan laba rugi ini, kamu bisa mengetahui apakah perusahaan mengalami keuntungan atau malah kerugian. Namun untuk membacanya, dibutuhkan pikiran kritis di mana kamu tidak bisa langsung menilai dalam satu aspek saja.

Di saat melihat perusahaan untung, kamu harus melihat faktor apa yang membuat perusahaan ini untung. Jangan-jangan, keuntungan ini tidak bertahan lama. Untuk memastikannya, kamu bisa melihat apakah angka keuntungan ini bertumbuh dari periode sebelumnya atau tidak.

Begitupun ketika perusahaan rugi. Kamu tidak boleh serta merta memberikan cap bahwa perusahaan ini sahamnya tidak bagus. Karena bisa saja kerugian ini disebabkan dari faktor eksternal di mana perusahaan memang tidak bisa mengubah keadaan tersebut. Misalnya saja, kerugian karena isu kesehatan global seperti virus corona.

Kamu juga bisa lho membuat rasio profitabilitas dengan memanfaatkan laporan laba rugi ini. Beberapa diantaranya seperti Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return of Investment, Earning Per Shre, hingga Return on Equity.

Untuk membaca laporan keuangan saham, memang banyak yang harus dilakukan. Bila redaksi Ajaib rangkum, minimal kamu harus bisa melakukan tiga poin berikut ini

Memahami Tiap Bagian Laporan Keuangan

Seperti yang telah diualas di atas, kamu harus benar-benar paham dan mengerti maksud dari tiap bagian laporan keuangan. Karena itu, kamu harus paham istilah-istilah finansial seperti laba rugi, neraca, ekuitas, aset, dan istilah lainnya. Karena percuma jika kamu membaca hanya sekedar membaca, bukan untuk dimengerti.

Mengetahui Apa yang Kamu Cari

Jika kamu suda memahami tiap bagian dalam laporan keuangan, selanjutnya kamu tahu apa yang kamu cari. Misal kamu ingin melihat pembahasan laba rugi, kamu sudah tahu itu ada di halaman mana. Atau misal kamu mau lihat laporan kas dan setara kas, kamu sudah tahu apa kegunaan dari laporan tersebut.

Tidak Terpaku Satu Laporan Keuangan Saja

Jangan malas dan hanya mengandalkan satu laporan keuangan untuk menentukan langkah investasi kamu. Minimal, kamu harus tahu performa perusahaan tersebut dari tahun ke tahun. jadinya, seminimal mungkin kamu membaca laporan keuangan yang dimiliki perusahaan periode ini dan periode sebelumnya.

Demikian pembahasan cara membaca laporan keuangan saham yang kamu perlukan. Selalu ingat untuk jangan latah dalam setiap keuputusan investasi saham yang dibuat. Pasalnya, tiap investor memiliki strategi yang berbeda-beda. Belum tentu investor yang kamu contoh memiliki strategi yang kamu mengerti.

Jika menurut kamu investasi saham masih begitu berisiko, kamu juga bisa lho memulai investasi dengan instrumen lainnya yang lebih rendah risiko, salah satunya adalah investasi reksa dana. Bisa dibilang, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah dengan keuntungan yang cukup besar.

Karena itu, untuk investor pemula, ada baiknya kamu mencoba produk investasi reksa dana. Kini, investasi reksa dana juga lebih praktis karena hanya dengan bermodal smartphone saja, kamu sudah bisa memulainya. Untuk lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Ajaib untuk memulai investasi reksa dana. Yuk dicoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait