Saham

Mengetahui Saham Warisan yang Tak Banyak Orang Tahu

Ajaib.co.id – Saham warisan sepertinya masih terdengar asing di Indonesia. Karena yang diketahui barang-barang yang bisa diwariskan itu adalah uang, emas, atau rumah. Jarang yang mengetahui bahwa saham juga bisa menjadi warisan. Hal ini terjadi apabila pemilik saham menghendaki bahwa saham dimilikinya bisa diwariskan ke istri, anak-anak atau saudaranya.

Selama ini investasi saham dikenal sebagai investasi yang bisa membawa banyak keuntungan bagi mereka yang mempraktikannya di pasar modal. Investasi saham dikatakan sebagai investasi yang menggiurkan karena pertambahan nilai modal yang ditanamkan bisa menjadi berkali-kali lipat.

Investasi Saham Paling Menjanjikan Banyak Keuntungan

Contohnya adalah jika di tahun 2015 kamu melakukan investasi sebanyak Rp1.000.000, tidak perlu heran jika di tahun 2025 kamu mengetahui bahwa nilai modal yang kamu tanam di tahun 2015 lalu telah bertambah banyak hingga Rp100.000.000. Itulah yang disebutkan sebagai keajaiban dari sebuah investasi saham.  

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa investasi saham bekerja canggih seperti ini. Yang mereka tahu bahwa investasi saham itu penuh risiko dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya dan pintar.

Padahal aslinya, berinvestasi saham itu tidak harus kaya dulu dan tidak harus pintar karena semuanya bisa dipelajari dari awal. Risiko yang besar memang seimbang dengan keuntungan yang besar yang akan kamu dapatkan. Tidak mengherankan mereka yang masuk ke dunia investasi saham ini disebut sebagai orang-orang yang berani menerima tantangan karena memang tantangannya yang cukup besar.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa saham sebenarnya bisa diwariskan. Saham warisan ini biasanya cukup mengejutkan para ahli waris karena mereka tidak tahu orangtuanya memiliki uang sebanyak itu. Ini terjadi pada banyak orang.

Para investor ini biasanya ketika memiliki uang, tidak menghambur-hamburkannya dengan membeli barang mewah ataupun dengan sering berjalan-jalan. Namun, mereka lebih senang menggunakan uang tersebut untuk investasi dan hasilnya pun bisa terlihat ketika di masa tua atau masa pensiun nanti. Hal tersebut pun dilakukan terus-menerus.

Saham warisan itu ada hal tidak terlepas dari bentuk investasi saham itu sendiri yang punya keunikan, yaitu investasi saham ini paling bagus digunakan untuk investasi jangka panjang. Karena semakin lama kamu berinvestasi di sebuah perusahaan, apabila perusahaan itu punya kinerja yang cukup bagus, maka akan semakin banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Perusahaan biasanya akan membagian dividen setahun sekali. Bahkan bukan tidak mungkin mereka bisa membagikan dividen sebanyak dua kali per tahun apabila mendapatkan banyak keuntungan di tahun itu. Inilah yang menyebabkan setiap tahunnya kamu bisa mendapatkan pundi-pundi uang hanya dengan duduk manis saja.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa manfaat investasi saham yang bisa kamu peroleh adalah:

1. Memiliki sebuah perusahaan

Meski kamu tidak mendirikan perusahaannya dari awal, tapi kamu tetap dianggap sebagai pemilik perusahaan karena kamu menanamkan modal di perusahaan tersebut. Kamu berkontribusi secara langsung mendatangkan kesuksesan di perusahaan tersebut. Lalu, ketika ada rapat pemegang saham, kamu akan diundang untuk dimintai pendapat bagi kelangsungan perusahaan di masa depan.

Jadi, untuk kamu yang belum bisa mendirikan perusahaan dari awal, kamu tidak perlu kecewa karena kamu bisa memiliki sebuah perusahaan dengan cara memiliki sahamnya. Perusahaan yang bisa kamu beli sahamnya adalah perusahaan yang sudah go public.

2. Mendapatkan pembagian dividen secara teratur

Pembagian dividen ini akan dirasakan olehmu yang punya saham di perusahaan lain. Pembagian dividen dilakukan ketika sebuah perusahaan mendapatkan profit. Hal itu juga sudah disetujui oleh para pemegang saham di perusahaan tersebut.

Karena biasanya ada yang tidak masalah pembagian dividen tidak dibagikan asalkan yang hasil profit digunakan untuk keperluan lain untuk memajukan perusahaan.

3. Sumber dana untuk masa tua nanti

Investasi saham yang sudah dilakukan sejak masih muda, bisa kamu gunakan ketika di masa tua nanti. Investasi saham merupakan salah satu investasi yang cocok dipraktekkan olehmu yang ingin mencapai kebahagiaan di masa tua.

Uang dari investasi itu bisa kamu gunakan untuk keperluan sehari-hari. Juga bisa digunakan untuk melakukan hal yang sudah lama ingin kamu lakukan, misalnya saja beribadah di luar negeri atau jalan-jalan ke tempat yang belum dikunjungi.

4. Investasi saham bisa diwariskan

Siapa bilang investasi saham hanya untuk diri sendiri? Karena sebenarnya investasi saham itu bisa diwariskan. Karena investasi saham termasuk sebagai investasi jangka panjang, kamu bisa menghasilkan saham warisan yang besar bagi anak cucumu nanti.

Karena itulah saham juga bisa dijadikan untuk warisan di masa depan. Warisan yang akan kamu berikan kepada anak dan cucu kelak ini tentu akan membantu mereka berkembang atau bahkan melanjutkan jalannya saham tersebut di sebuah perusahaan.

Lalu, bagaimana cara memberikan saham warisan pada keluarga dan saudara, atau orang lain yang kamu ingin jadi ahli warisnya? Caranya sebenarnya agak rumit karena ini menyangkut dokumen penting yang hanya bisa diakses oleh pemiliknya.

Biasanya untuk mengalihkan kepemilikan saham harus didampingi oleh orang yang ahli. Pengalihan kepemilikan saham ini harus dilaporkan pada Kementerian Hukum dan juga pada lembaga Bapepam dan LK. Namun, hal itu akan diatur oleh perusahaan sekuritas di mana kamu memercayakan investasi dikelola oleh mereka.

Jadi, tidak mengherankan apabila pengalihan saham warisan ini memakan waktu yang cukup lama karena ada prosedur yang harus dilalui.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Kasir. (2009). Kiat Sejahtera Pada Masa Pensiun. Jakarta: Java MediaNetwork


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait