Saham

5 Jenis Rasio Keuangan untuk Menganalisis Saham

rasio keuangan

Rasio keuangan membantu kamu menginterpretasikan data mentah dari keuangan perusahaan untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kinerjanya. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk membuat keputusan investasi yang bijaksana, apakah kamu sedang melihat blue chips atau hanya sen dolar. Ada lima kategori dasar rasio keuangan untuk analisis pasar saham; informasi yang dapat kamu peroleh dari mereka akan memberi kamu keuntungan dibandingkan dengan investor yang tidak melakukan uji tuntas.

Apa itu Rasio?

Sederhananya, rasio keuangan berarti mengambil satu angka dari laporan keuangan perusahaan dan membaginya dengan yang lain. Hasilnya memungkinkan kamu untuk mengukur hubungan antara angka-angka yang berbeda.

Kamu dapat menemukan banyak rasio ini yang dihitung untuk kamu dan ditampilkan di situs web keuangan.

5 Jenis Rasio

Rasio keuangan yang berbeda memberikan gambaran berbagai aspek kesehatan keuangan perusahaan, dari seberapa baik ia menggunakan asetnya hingga seberapa baik ia dapat menutupi utangnya. Satu rasio dengan sendirinya mungkin tidak memberikan gambaran lengkap kecuali dilihat sebagai bagian dari keseluruhan.

Karena mereka mengukur data yang berubah dari waktu ke waktu, rasio pada dasarnya sensitif terhadap waktu, jadi kamu harus memperhitungkannya ketika mengevaluasi mereka. Kamu dapat menggunakan ini untuk keuntungan kamu dan membandingkan rasio dari satu periode waktu ke periode lain untuk mendapatkan gambaran pertumbuhan perusahaan atau perubahan dari waktu ke waktu.

Ini adalah 5 jenis rasio yang harus kamu ketahui:

Likuiditas

Rasio likuiditas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar utangnya dan liabilitas lainnya. Jika tidak memiliki aset jangka pendek yang cukup untuk memenuhi kewajiban jangka pendek, atau tidak menghasilkan arus kas yang cukup untuk menutupi biaya, maka ia mungkin menghadapi masalah keuangan.

Rasio likuiditas sangat penting dengan saham sen khusus, karena perusahaan kecil dan baru sering mengalami kesulitan luar biasa membayar semua tagihan mereka sebelum bisnis mereka menjadi stabil dan mapan.

Beberapa rasio likuiditas meliputi:

  • Rasio saat ini
  • Rasio cepat
  • Rasio kas
  • Margin arus kas operasi.

Rasio saat ini, misalnya, adalah aset lancar dibagi dengan liabilitas lancar, dan memberi kamu gambaran tentang seberapa baik perusahaan dapat memenuhi kewajibannya dalam 12 bulan ke depan.

Rasio kas akan memberi tahu kamu jumlah uang tunai yang telah dibandingkan perusahaan dengan total asetnya.

Rasio cepat akan membandingkan kas perusahaan, sekuritas yang dapat dipasarkan, dan piutang terhadap liabilitasnya, memberi kamu gambaran yang lebih baik tentang seberapa baik perusahaan dapat melakukan pembayaran atas kewajibannya saat ini.

Aktivitas

Rasio aktivitas menunjukkan efisiensi perusahaan dalam operasi. Dengan kata lain, kamu dapat melihat seberapa baik perusahaan menggunakan sumber dayanya, seperti aset yang tersedia, untuk menghasilkan penjualan.

Beberapa contoh rasio aktivitas yang harus diterapkan investor dalam penelitian mereka meliputi:

  • Perputaran persediaan
  • Perputaran piutang
  • Perputaran utang
  • Perputaran modal kerja
  • Perputaran aktiva tetap
  • Perputaran total aset

Perputaran persediaan dinyatakan sebagai harga pokok penjualan untuk tahun tersebut dibagi dengan persediaan rata-rata. Rasio ini dapat menunjukkan seberapa efisien perusahaan dalam mengelola inventarisnya terkait dengan penjualannya.

Perputaran piutang, sebagai contoh lain, menunjukkan seberapa cepat penjualan bersih diubah menjadi uang tunai; itu dinyatakan sebagai penjualan bersih dibagi dengan piutang rata-rata.

Leverage

Rasio leverage, atau solvabilitas, menunjukkan kemampuan perusahaan untuk membayar utang jangka panjangnya. Rasio-rasio ini menguji ketergantungan perusahaan pada utang untuk operasinya dan kemungkinan perusahaan dapat membayar kembali kewajibannya.

Rasio leverage juga disebut sebagai:

  • Rasio utang
  • Rasio utang terhadap ekuitas
  • Rasio cakupan bunga

Rasio utang membandingkan utang bisnis dengan asetnya secara keseluruhan. Rasio utang terhadap ekuitas terlihat pada keseluruhan utang perusahaan dibandingkan dengan modal yang disediakan investor; dengan rasio ini, angka yang lebih rendah umumnya lebih aman (meskipun terlalu rendah dapat menunjukkan perusahaan yang terlalu berhati-hati dan tidak mau mengambil risiko).

Rasio cakupan bunga menunjukkan seberapa baik perusahaan dapat menangani pembayaran bunga atas utangnya.

Performa/kinerja

Rasio kinerja memberi tahu investor tentang keuntungan perusahaan, yang menjelaskan mengapa mereka sering disebut sebagai rasio profitabilitas.

Rasio kinerja memberi gambaran yang jelas tentang keuntungan perusahaan di berbagai tahap operasinya. Contohnya termasuk:

  • Margin laba kotor
  • Margin laba operasi
  • Margin laba bersih
  • Pengembalian aset
  • Pengembalian ekuitas

Misalnya, margin laba kotor akan menunjukkan penjualan kotor dibandingkan dengan laba. Angka ini ditemukan dengan mengurangi harga pokok penjualan dari total pendapatan dan kemudian membaginya dengan total pendapatan.

Rasio lain, margin laba operasi, menunjukkan laba operasi perusahaan sebelum pajak dan pembayaran bunga, dan ditemukan dengan membagi laba operasi dengan total pendapatan.

Ketika melihat perusahaan penny stock, mungkin sulit atau tidak mungkin untuk menemukan rasio profitabilitas, karena banyak perusahaan jenis ini belum mencapai operasi yang menguntungkan dan kamu tidak dapat membagi angka dengan nol.

Penilaian

Karena rasio penilaian bergantung pada harga saham perusahaan saat ini, mereka memberikan gambaran apakah saham melakukan investasi yang menarik pada level saat ini. Berapa banyak uang tunai, modal kerja, arus kas, atau penghasilan yang kamu dapatkan untuk setiap dolar yang diinvestasikan? Rasio ini juga dapat disebut rasio pasar, karena mereka mengevaluasi daya tarik perusahaan di pasar.

Beberapa rasio penilaian meliputi:

  • Harga / Penghasilan (Price / Earnings)
  • Harga / Arus Kas (Price / Cash Flow)
  • Harga / Penjualan (Price / Sales)
  • Harga / Penghasilan / Tingkat Pertumbuhan (Price / Earnings / Growth).

Menggunakan Rasio dalam Analisis Keuangan

Meneliti dan membandingkan rasio keuangan memberi kamu poin perbandingan antara perusahaan. Ini juga memungkinkan kamu melacak kinerja perusahaan tertentu dari waktu ke waktu.

Sangat penting untuk tidak mendasarkan keputusan pada rasio tertentu, melainkan membawanya bersama-sama dan menganalisis secara keseluruhan. Dengan demikian, menganalisis rasio dapat membuat semua perbedaan dalam hasil investasi kamu, memberi kamu informasi rinci yang kamu butuhkan dan membantu kamu melihat area masalah potensial sebelum kamu berinvestasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait