Banking

6 Fintech Penyedia Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

pinjaman tanpa jaminan

Ajaib.co.id – Perkembangan dunia keuangan kini memungkinkan adanya pinjaman tanpa jaminan non bank. Hal ini mustahil diwujudkan tanpa keberadaaan perusahaan fintech, perusahaan keuangan berbasis startup yang mengedepankan teknologi. Inovasinya menjadi solusi banyak masyarakat yang selama ini belum bankable.

Dahulu, sangat sulit untuk mendapatkan pinjaman yang mudah dan murah ketika membutuhkan dana sewaktu-waktu. Pinjaman ke lembaga keuangan perbankan biasanya dihantui dengan syarat dan ketentuan yang sulit. Prosesnya juga bertele-tele dengan jaminan yang sulit sehingga membuat masyarakat menjauhinya.

Opsi pinjaman koperasi yang dikenal ramah dengan suku bunga terjangkau juga tidak bisa diakses oleh semua orang. Pasalnya, hampir semua koperasi menetapkan syarat keanggotan untuk mendapatkan pinjaman. Jika pun bisa, biasanya jumlah pinjamannya juga sangat terbatas.

Hal ini salah satu faktor utama untuk membuat banyak masyarakat terjerat dengan praktik lintah darat alias rentenir. Karena rendahnya literasi keuangan pula, banyak yang tak sadar bahwa bunga yang ditetapkan sangat tinggi. Paling penting segera bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan non bank yang bisa memenuhi kebutuhannya.

Manfaatkan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank dari 6 Fintech ini

Banyak otang yang terkendala agunan alias jaminan ketika akan mengajukan pinjaman. Berbagai lembaga keuangan memang mensyaratkan adanya jaminan aset yang setara dengan nilai pinjaman yang diajukan. Hal inilah yang sulit dipenuhi khususnya ketika kita membutuhkan dana yang cukup besar.

Akhirnya lembaga tidak kredibel lah yang ditempuh sebagai upaya mendapatkan pinjaman tanpa jaminan non bank. Misalnya saja bank plecit atau koperasi kecil yang tidak jelas izinnya. Masyarakat banyak yang tidak menyadari bahaya ini.

Namun banyak pula yang menyadarinya namun terdesak kebutuhan dan terpaksa menggunakannya untuk memenuhinya. Kredit model ini yang kemudian menjerumuskan pada masalah di kemudian hari. Tak heran kemudian banyak kasus debcollector yang melakukan penagihan dengan tindakan ekstrem.

Peluang dan kebutuhan akan pinjaman tanpa jaminan non bank inilah yang disadari oleh perusahaan fintech. Salah satunya dengan menawarkan pinjaman dengan sistem Peer to Peer Lending (P2P Lending). Masyarakat bisa mengajukan pinjaman lewat perusahaan ini maupun menjadi investor alias kreditor.

Saat ini, finansial teknologi atau fintech sudah bukan hal yang aneh lagi bagi sebagian masyarakat. Bahkan beberapa fintech menawarkan kemudahan dalam hal pinjaman tanpa jaminan non bank dengan syarat dan ketentuan yang tidak sulit.

Masyarakat hanya perlu menunjukkan KTP saja untuk meminjam uang melalui fintech KTA (Kredit Tanpa Agunan) dan proses pencairannya juga cukup mudah. Ini tentunya berbeda dengan pinjaman melalui bank yang cenderung sulit dan menggunakan proses panjang.

Tidak perlu syarat kepemilikan kartu kredit atau minimal aset yang selama ini menyulitkanmu. Asalkan kamu tercatat sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan KTP dan memiliki penghasilan yang sesuai maka pinjamanmu bisa disetujui. Fintech juga biasanya menetapkan jumlah penghasilan yang sangat terjangkau sehingga pinjaman online ini sangat mudah diakses.

Sekali lagi, tujuannya adalah memberikan akses keuangan bagi masyarakat yang selama ini belum bankable alias belum tersentuh layanan perbankan. Tentu saja inovasi sangat disambut baik oleh publik. Terbukti dengan banyaknya jumlah penggunan aplikasi pinjaman online ini.

Namun demikian dalam menggunakan fintech kamu juga harus lebih hati-hati, jangan sampai kamu tertipu dengan layanan pinjaman uang digital yang nyatanya tidak terjamin dan tidak diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pasalnya ini sangat berbahaya kedepannya, bisa-bisa data pribadi kamu akan tersebar dan kamu akan tersandung masalah dalam penyelesaian kredit kamu.

Sudah banyak kasus pinjaman online ilegal yang malah menjadi sumber masalah baru. Karena itu, OJK tak henti melakukan razia untuk memberantas pinjaman ilegal ini. Meski demikian, tindakan ini akan sia-sia jika kamu tak berhati-hati. Karena itu sebaiknya pilih fintech penyedia pinjaman tanpa jaminan non bank yang sudah terpercaya.

Adapun beberapa bentuk pinjaman tanpa jamninan non bank atau finech yang bisa kamu gunakan dan terdaftar di OJK, antara lain :

1. UangTeman

Pinjaman tanpa jaminan non bank dengan nama UangTeman.com menawarkan kamu bentuk pinjaman secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek. Adapun jumlah penyaluran kredit yang dapat diberikan adalah maksimum Rp2 juta selama paling lama 30 hari.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin melakukan pinjam dengan nominal Rp10 juta tanpa jaminan, saying sekali UangTeman tidak bisa kamu gunakan. Ini mengingat UangTeman hanya menyasar pada pinjaman kecil.

Dalam proses pengajuan pinjaman di UangTeman, caranya cukup mudah dan cepat. Adapun dana yang dijanjikan akan dicairkan dan masuk dalam rekening kamu paling lambat 2 hari sejak pengajuan pinjaman pertama dan kemudian dalam jangka waktu 3 jam untuk pinjaman berikutnya.

Melalui pinjaman kilat ini, maka bisa menjadi alternatif pinjaman diluar bank. Hal ini karena proses di bank lebih lama dengan nominal pinjaman minimal yang lebih tinggi atau diatas Rp5 juta.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah biaya layanan UangTeman yang cukup tinggi, dimana pinjaman akan dipatok dengan bunga sekitar 0,8 persen per hari. Itulah sebabnya pinjaman online ini lebih baik digunakan hanya untuk mereka yang butuh KTA kilat saja atau untuk emergency loan.

Sementara bagi mereka yang perlu bridging loan, maka mereka hanya butuh untuk menunggu sampai penghasilan masuk dalam rekening.

2. Drrupiah

Selanjutnya ada juga jenis pinjaman tanpa jaminan non bank dengan nama Drrupiah.com yang menawarkan bentuk pinjaman online dengan tanpa jaminan untuk mencukupi kebutuhan jangka pendek dalam jumlah atau nominal yang sangat kecil. Adapun nominal pinjaman yang diberikan adalah Rp4 juta rupiah selama paling lama 30 hari.

Fintech Drrupiah ini juga menjanjikan proses yang kilat, cepat dan mudah dimana pencairan dapat dilakukan di hari-hari yang sama jika memiliki rekening Bank Mandiri. Namun, untuk diluar rekening Mandiri maka tidak dapat dijelaskan prosesnya berapa lama.

Adapun jenis biaya layanan di drrupiah memberikan bunga sebesar 1 persen sehari. Bunga ini tentunya cukup tinggi, maka dari itu disarankan bagi kamu yang memang membutuhkan pinjaman cepat dan melihat tingkat kebutuhannya saja.

3. Amartha

Ada juga pinjaman tanpa jaminan non bank lainnya adalah jenis fintech Amartha.com yang mana perusahaan fintech ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha bagi pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki usaha di daerah sekitaran Bogor dan Bandung. Adapun nominal pinjaman yang diberikan mulai dari Rp2 juta dengan tenor 3, 6 sampai dengan 12 bulan.

Namun, yang membedakannya hanyalah Amartha.com ini merupakan sebuah group lending yang mana pengajuan pinjaman harus dilakukan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota atau nasabah.

Dalam hal ini, para calon peminjam nantinya akan dimintai untuk membentuk kelompok antara 15 sampai dengan 20 orang dalam lokasi atau tempat tinggalnya. Adapun syarat anggota atau nasabah antarala ini merupakan seorang pengusaha dengan jenis kelamin perempuan yang memiliki kebutuhan modal usaha Rp2 juta.

Menariknya lagi, sebelum pinjaman diberikan, Amartha melakukan pelatihan wajib kepada setiap calon peminjam dalam kelompok tersebut terkait dengan cara pembuatan proposal pengajuan kredit.

Hal ini dinilai penting karena proposal pengajuan kredit yang nantinya dikaji akan ditawarkan kepada para investor atau pihak yang kemudian akan memberikan pendanaan. Apabila proposal pengajuan disetujui, maka kamu akan mendapatkan komitmen dana dari investor, dimana nantinya Amartha akan memfasilitasi akad dan pencairan kepada peminjam.

Setelah dana pinjaman cair, maka para kelompok tersebut wajib mengadakan pertemuan mingguan dimana setiap anggota wajib hadir. Nah, di dalam pertemuan tersebut, Amartha akan melakukan monitoring perkembangan usaha dan mengumpulkan pembayaran pinjaman.

4. Investree

Selanjutnya ada juga pinjaman tanpa jaminan non bank dengan nama Investree.id. Fintech Investree.id merupakan tempat yang nantinya dapat mempertemukan pemilik dana atau investor dan pengusaha yang membutuhkan modal usaha dengan bentuk marketplace.

Program kerjasama yang ditawarkan adalah Peer to Peer landing atau P2P. Dimana pinjaman yang nantinya akan diberikan start from Rp10 juta sampai dengan Rp2 miliar per nasabah dengan menikuti ketentuan P2P.

Dengan adanya jenis fintech ini, maka akan membuat nasabah bisa mengajukan pinjaman Rp50 juta dengan cepat. Disisi lai para calon nasabah atau calon peminjam juga dapat mengajukan kredit secara online melalui situs Investree dimana pinjaman nantinya akan dikategorikan untuk karyawan dan pengusaha.

Semuanya bentuk peinajam P2P ini tanpa jaminan, namun pihak Ivestree akan menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dilakukan dan disetujui oleh peminjam modal usaha.

Bagi seorang karyawan, nantinya Investree akan memberikan pinjaman kepada mereka yang bekerja di perusahaan yang sudah terdaftar bekerjasama dengan Investree. Adapun persyaratnya adalah berdomisi di wilayah Jabodetabek dengan minimum pendapatan per bulan Rp3,1 juta.

Sementara untuk pinjaman usaha, Investree memberikan bentuk invoice financing (pembiayaan modal kerja dengan jaminan tagihan). Maka dari itu, sebuah perusahaan harus memiliki hubungan bisnis dengan institusi besar misalkan perusahaan publik, perusahaan multinasional, BUMN, atau lembaga pemerintahan.

5. Modalku

Selanjutnya, pinjaman tanpa jaminan non bank lainnya ada Modalku. Fintech dengan nama Modalku merupakan sebuah pinjaman online yang bisa dilakukan pada marketplace. Marketplace ini kemudian akan mempertemukan peminjam dan pemberi pinjaman, selanjutnya pinjaman akan diberikan dalam bentuk modal usaha.

Adapun satu produk yang cukup terkenal adalah pinjaman modal yang diberikan kepada pemilik toko online di marketplace Tokopedia yang berdomisili di Jabodetabek. Pinjaman ini memberikan nilai dari mulai Rp10 juta sampai dengan Rp50 juta dengan jarak tenor antara 1 sampai dengan 2 bulan dimama pinjaman akan cair sampai dengan 3 hari kerja.

Fintech Modalku menetapkan nominal bunganya yang dipatok sampai dengan 2 persen flat per bulan. Bentuk pinjaman ini nantinya akan dibayar sekaligus yang mencakup pokok ditambah dengan bunga yang bisa diperoleh pada akhir tenor, sehingga ini tidak ada sistem cicilan.

Adapun persyaratannya cukup mudah yakni kamu harus sudah terdaftar di Tokopedia minimum 6 bulan, kamu merupakan WNI dengan usia 21 tahun sampai dengan 55 tahun dan memiliki dokumen, KTP, KK dan NPWP.

6. Koinworks

Selanjutnya ada juga pinjaman tampa jaminan non bank dengan nama Koinworks.com. Fintech ini akan menawarkan pinjaman sebagai bentuk modal usaha yang mana akan berjalan minimal 2 tahun dan berlokasi di Jabodetabek. Adapun minimum pinjaman yang akan diberikan adalah Rp10 juta.

Disamping itu bunga yang ditetapkan sejauh ini adalah kisaran 0,75 persen sampai dengan 1,7 persen flat per bulan. Tingkat bunga ini selanjutnya akan ditentukan berdasarkan grading yang diberikan oleh Koinworks.

Selain bentuk suku bunga yang akan dibebankan pada peminjam. Koinworks juga menetapkan ragam biaya – biaya lainnya. Misalkan saja biaya persetujuan kredit dengan kisaran 2 persen sampai dengan 4 persen, asuransi jiwa sebesar 0,24 persen dan biaya administrasi: Rp100.000.

Sementara itu, proses pengajuan kredit dapat dilakukan dalam beberapa tahap. Terdapat sedikitnya 5 tahap yang perlu dilewati. Yang pertama dengan mengisi formulir secara online, apabilan memenuhi syarat, maka bunga yang disampaikan dan kamu bisa melanjutkan ke proses berikutnya.

Selanjutnya kamu juga diwajibakan untuk melakukan upload dokumen yang dipersyaratkan. Setelahnya maka dokumen diverifikasi dan pinjaman disetujui. Pada tahap akhir maka pinjaman kamu akan diposting pada sistem Koinworks agar pendanaannya dapat memulai proses bidding.

Untuk proses pencairan pinjaman ini bisa dilakukan setelah pinjaman sudah didanai 100 persen dana ditransfer ke rekening bank peminjam.

Nah itulah beberapa fintech penyedia pinjaman tanpa jaminan non bank terpercaya yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu mengajukan pinjaman untuk hal yang bermanfaat ya. Jangan mudah mengajukan pinjaman hanya untuk kebutuhan konsumtif karena bisa menjadi kebiasaan buruk bagimu.

Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Kamu bisa berinvestasi dan merasakan hasilnya sehingga tak perlu lagi mengajukan pinjaman tanpa jaminan non bank. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Iskandar, Syamsu. (2008). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta : Semesta Asa Bersama.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait