Ini 3 Fintech Pinjaman Tunai dengan Kredibilitas yang Tinggi

fintech pinjaman tunai
fintech pinjaman tunai

Ajaib.co.id – Fintech pinjaman tunai memang banyak, tetapi apakah bisa dipercaya? Belum tentu. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membagikan fintech pinjaman tunai dengan kredibilitas tinggi sebagai berikut.

Saat ini, finansial teknologi atau fintech sudah bukan hal yang aneh lagi bagi sebagian masyarakat. Bahkan beberapa fintech pinjaman tunai menawarkan kemudahan dengan syarat dan ketentuan yang tidak ribet.

Masyarakat hanya perlu menunjukkan KTP saja untuk meminjam uang melalui fintech KTA (Kredit Tanpa Agunan) proses pencairannya juga cukup mudah. Ini tentunya berbeda dengan pinjaman tunai melalui bank yang cenderung sulit dan menggunakan proses panjang.

Namun demikian dalam menggunakan fintech kamu juga harus lebih hati-hati, jangan sampai kamu tertipu dengan layanan fintech pinjaman tunai dalam bentuk uang digital yang nyatanya tidak terjamin dan tidak diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pasalnya ini sangat berbahaya kedepannya, bisa-bisa data pribadi kamu akan tersebar dan kamu akan tersandung masalah dalam penyelesaian kredit kamu.

Adapun beberapa bentuk pinjaman dana tunai tanpa jaminan atau fintech yang bisa kamu gunakan dan terdaftar di OJK, antara lain :

UangTeman

pinjaman tunai online dengan nama UangTeman.com menawarkan kamu bentuk pinjaman tunai secara online tanpa jaminan untuk kebutuhan kecil dalam jangka pendek. Adapun jumlah penyaluran kredit yang dapat diberikan adalah maksimum Rp2 juta selama paling lama 30 hari.

Sementara itu, bagi kamu yang ingin melakukan pinjam dengan nominal Rp10 juta tanpa jaminan, saying sekali UangTeman tidak bisa kamu gunakan. Ini mengingat UangTeman hanya menyasar pada pinjaman kecil.

Dalam sebuah bentuk daripada proses pengajuan pinjaman di UangTeman, caranya cukup mudah dan cepat. Adapun dana yang dijanjikan akan dicairkan dan masuk dalam rekening kamu paling lambat 2 hari sejak pengajuan pinjaman pertama dan kemudian dalam jangka waktu 3 jam untuk pinjaman berikutnya.

Melalui proses pepinjaman kilat ini, diharapkan bisa menjadi alternatif pinjaman diluar bank. Hal ini karena proses di bank lebih lama dengan nominal pinjaman minimal yang lebih tinggi atau diatas Rp5 juta.

Adapun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah biaya layanan UangTeman yang cukup tinggi, dimana pinjaman akan dipatok dengan bunga sekitar 0,8 persen per hari. Itulah sebabnya pinjaman online ini lebih baik digunakan hanya untuk mereka yang butuh KTA kilat saja atau untuk emergency loan.

Sementara bagi mereka yang perlu bridging loan, maka mereka hanya butuh untuk menunggu sampai penghasilan masuk dalam rekening.

Drrupiah

Selanjutnya ada juga jenis pinjaman tunai dengan nama Drrupiah.com yang menawarkan bentuk pinjaman online dengan tanpa jaminan untuk mencukupi kebutuhan jangka pendek dalam jumlah atau nominal yang sangat kecil. Adapun nominal pinjaman yang diberikan adalah Rp4 juta rupiah selama paling lama 30 hari.

Fintech Drrupiah ini juga menjanjikan proses yang kilat, cepat dan mudah dimana pencairan dapat dilakukan di hari-hari yang sama jika memiliki rekening Bank Mandiri. Namun bilamana berada diluar rekening Mandiri maka tidak dapat dijelaskan prosesnya berapa lama.

Adapun jenis yang ditetapkan dalam biaya layanan di drrupiah memberikan bunga sebesar 1 persen sehari. Bunga ini tentunya cukup tinggi, maka dari itu disarankan bagi kamu yang memang membutuhkan pinjaman cepat dan melihat tingkat kebutuhannya saja.

Amartha

Ada juga pinjaman tunai lainnya adalah jenis fintech Amartha.com yang mana perusahaan fintech ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan untuk modal usaha bagi pengusaha-pengusaha kecil yang memiliki usaha di daerah sekitaran Bogor dan Bandung. Adapun nominal pinjaman yang diberikan mulai dari Rp2 juta dengan tenor 3, 6 sampai dengan 12 bulan.

Namun, yang membedakannya hanyalah Amartha.com ini merupakan sebuah group lendin yang mana pengajuan pinjaman harus dilakukan dalam kelompok yang terdiri atas beberapa anggota atau nasabah.

Dalam hal ini, para calon peminjam nantinya akan dimintai untuk membentuk kelompok antara 15 sampai dengan 20 orang dalam lokasi atau tempat tinggalnya. Adapun syarat anggota atau nasabah antarala ini merupakan seorang pengusaha dengan jenis kelamin perempuan yang memiliki kebutuhan modal usaha Rp2 juta. Menariknya lagi, sebelum pinjaman diberikan, Amartha melakukan pelatihan wajib kepada setiap calon peminjam dalam kelompok tersebut terkait dengan cara pembuatan proposal pengajuan kredit.

Hal ini dinilai penting karena proposal pengajuan kredit yang nantinya dikaji akan ditawarkan kepada para investor atau pihak yang kemudian akan memberikan pendanaan. Apabila proposal pengajuan disetujui, maka kamu akan mendapatkan komitmen dana dari investor, dimana nantinya Amartha akan memfasilitasi aqad dan pencairan kepada peminjam.

Setelah memperoleh dana dan pinjaman cair, maka para kelompok tersebut wajib mengadakan pertemuan mingguan dimana setiap anggota wajib hadir. Nah, selanjutnya didalam pertemuan tersebut antara Amartha akan melakukan monitoring perkembangan usaha dan mengumpulkan pembayaran pinjaman.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai pinjaman tunai  yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang menginspirasi, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait