Investasi

Strategi Investasi yang Efektif adalah Kunci Kebebasan Finansial

Strategi Investasi yang Efektif adalah Kunci Kebebasan Finansial

Ajaib.co.id – Banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk berinvestasi karena ingin sukses secara finansial, ada juga yang karena ingin melindungi tabungannya dari dampak inflasi. Tapi fakta yang paling esensial adalah menyiapkan portfolio investasi yang efektif adalah satu-satunya cara mencapai kebebasan finansial (financial freedom)

Financial freedom bukan disarankan untuk keren-kerenan, melainkan demi mencegah seseorang dari keharusan bekerja untuk mencari nafkah hingga melampaui usia produktifnya. Secara teknis financial freedom adalah situasi keuangan dimana pendapatan pasif dari investasi dapat menutupi pengeluaran rutin, atau bahkan 2x lipatnya.

Langkah-langkah Strategi Investasi Efektif & Efisien

Pengertian efektif adalah usaha untuk mendapatkan target, tujuan, atau hasil yang diharapkan dengan waktu yang telah ditetapkan terlebih dahulu tanpa memedulikan biaya yang harus atau sudah dikeluarkan. Pekerjaan efektif berhubungan dengan perencanaan, penjadwalan, dan pengeksekusian keputusan yang tepat. Di mana pekerjaan efektif merupakan pekerjaan yant telah menetapkan tujuan yang telah ditetapkan di awal dan sebelum melakukan pekerjaan tersebut.

Sedangkan efisien yaitu cara mencapai tujuan dengan penggunaan sumber daya yang minimal atau sedikit mungkin bisa mendapatkan hasil demi mencapai hasil yang maksimal. Kuncinya adalah dapat mengelola sumber daya dengan bijak dan hemat sehingga dana, waktu dan tenaga tidak banyak terbuang banyak. Itulah perbedaan efektif dan efisien, lalu bagaimana strategi investasi yang efektif dan efisien? Di bawah ini adalah beberapa langkah investasi yang efektif dan efisien dan bisa kamu lakukan.

1. Tentukan target jumlah hasil investasi

Tentukan angka hasil yang ingin dicapai untuk terwujudnyan financial freedom. Penentuan ini menyangkut konsep gaya hidup idaman di saat tercapainya financial freedom – yang nantinya akan dibiayai oleh pendapatan pasif hasil investasi – disertai kalkulasi tepat tentang inflasi. Dengan begitu, bisa terumuskan pula jumlah modal investasi minimum yang harus disiapkan sekarang, untuk memulai investasi.

2. Menyusun portofolio investasi

Portofolio investasi adalah sebuah susunan dari beberapa jenis investasi berbeda, masing-masing dengan porsi tertentu. Penyusunan portofolio investasi adalah langkah terpenting dalam berinvestasi, karena tujuannya adalah mendiversifikasi risiko, demi mendapatkan keuntungan maksimal. Jika salah menyusun, bisa-bisa risiko menjadi terlalu tinggi, sehingga ketika situasi perekonomian global bergejolak, investasi bisa “ludes”!…

3. Pelaksanaan investasi

Saat susunan portfolio investasi siap, jangan menunda pelaksanaannya, karena dalam setiap tahun keterlambatan ada kesempatan besar yang hilang. Patuhi susunan portofolio investasi yang sudah ditetapkan hingga periode yang ditargetkan. Jika ingin menambah jumlah modal salah satu produk investasi, tambahkan juga pada produk lain sesuai porsinya.

4. Evaluasi berkala

Evaluasi berkala sangat penting untuk menganalisa progres segala aspek investasi seperti: portofolio, implementasinya, hingga hasil. Pastikan semua berjalan sesuai rencana. Solusi bagi aspek yang dinilai ternyata kurang efektif adalah: segera lakukan modifikasi partial. Jangan “grasa-grusu” membuat perubahan. 

Kunci Investasi Efektif Adalah Portfolio Kaya Investasi Cash Flow 

Portofolio investasi yang efektif untuk menuju financial freedom adalah portofolio yang didominasi pendapatan cash flow, terutama jika baru mulai berinvestasi. Cash flow adalah pendapatan yang cair secara rutin per bulan, sehingga bisa menutupi pengeluaran bulanan. Contoh investasi yang bersifat cash flow adalah deposito berjangka, dividen saham BUMN, kupon surat utang (kupon ORI, SBR, sukuk ritel, sukuk tabungan), peer to peer lending.

Setelah memiliki pendapatan cashflow yang “lumayan”, barulah mulai berfokus pada capital gain, yang bagus untuk menjadi sumber keuntungan investasi sekunder (tambahan) – yang sifatnya jangka panjang -, dengan jumlah nilai investasi yang tidak terlalu besar, demi meminimalisasi resiko capital loss (kerugian). Produk investasi bersifat capital gain yang cair dalam hitungan tahun, akan sulit digunakan untuk menutupi kebutuhan bulanan, karena sempitnya peluang pencairan dan tingkat relativitas keuntungan yang cenderung fluktuatif. Hasil dari capital gain nantinya dapat digunakan untuk membeli aset yang menghasilkan pendapatan pasif, seperti: tempat kost, penyewaan property, rental kendaraan, dll. 

Disiplin Implementasi vs Antisipatif

Jika belum berpengalaman membuat portofolio investasi, solusi bagi penyusunan portfolio investasi efektif adalah berkonsultasi dengan perencana keuangan yang kompeten. Jangan mudah terpengaruh kabar dan isu terbaru tentang investasi, karena tak jarang itu direkayasa demi keuntungan pihak tertentu. Tetap disiplin dengan rencana evaluasi berjangka, dan modifikasi partial pada aspek yang bermasalah.

Selain itu, sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi tentukan terlebih dulu tujuan investasi kamu, apakah untuk menabung, untuk berlibur, menyiapkan dana pensiun, dan sebagainya. Sehingga, dengan begitu, kamu bisa mencapai suatu tujuan investasi dengan mudah.

Untuk mulai berinvestasi, kamu bisa memulainya melalui online di aplikasi Ajaib. Dengan Ajaib, kamu bisa memulai investasi kapan dan di mana saja secara online. Hanya dengan modal mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang kamu berikan. Yuk mulai investasi sekarang!

Artikel Terkait