Investasi

Wujudkan Tujuan dengan Investasi Impian di Ajaib

Ajaib.co.id – Untuk memiliki investasi impian yang bisa jadi jalan mewujudkan semua tujuan keuanganmu rasanya tidak mudah. Ada banyak pilihan instrumen investasi namun memilih mana investasi yang tepat bukan hal sepele. Ada banyak hal untuk dipertimbangkan agar sesuai dengan kondisi dan hal yang ingin dicapai.

Investasi mungkin bukan hal yang baru kita dengar. Namun tidak banyak yang sudah mempraktikkannya khususnya di Indonesia. Kebanyakan baru mulai untuk berinvestasi setelah agak terlambat dengan dalih harus terlebih dulu memantapkan kondisi keuangannya. Padahal, berinvestasi adalah bagian dari pengaturan keuangan yang baik.

Secara garis besar, setiap orang berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Namun. motivasi investasi seorang karyawan swasta lajang berumur 30 tahun tentu saja berbeda dengan seorang ibu rumah tangga yang baru saja melahirkan anak pertamanya. Dengan kata lain, tujuan investasi seseorang berbanding lurus dengan tujuan keuangan yang direncanakannya.

Selama ini, orang mengira jika investasi hanya bisa dilakukan dalam jangka panjang saja. Namun sebenarnya kamu juga bisa berinvestasi dalam jangka waktu pendek kok asal pemilihan instrumennya tepat. Bahkan ada baiknya kamu memiliki dua jenis investasi yang berbeda sesuai dengan tujuan yang ingin diwujudkan.

Mungkin kamu akan berpikir? Kenapa harus repot-repot investasi untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek? Kenapa tidak hutang saja? Hari gini banyak kan pinjaman online yang cepat dengan persyaratan mudah?

Jawabannya adalah investasi adalah jalan yang lebih baik. Berhutang untuk kebutuhan berarti memaksakan kondisi keuanganmu. Sedangkan investasi adalah mengembangkan nilai uangmu dan memanfaatkan hasilnya untuk tujuan keuanganmu. Terlebih lagi saat ini berinvestasi jauh lebih mudah dengan bantuan investasi.

Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi finansial berdampak juga pada pola pikir kita yang menganggap banyak masalah finansial yang bisa diselesaikan dengan berhutang. Menjamurnya layanan finansial teknologi, khususnya yang bergerak di bidang peer-to-peer lending dengan iming-iming pinjaman online yang cepat dan mudah membuat kita semakin sulit menahan hasrat konsumtif.

Nah, poin-poin di bawah ini akan menjelaskan kenapa investasi adalah cara terbaik untukmu mencapai tujuan finansial, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Caranya yakni dengan memahami investasi impian yang sesuai dengan tujuannya.

Tujuan investasi setiap orang tentu saja berbeda-beda. Umumnya, motivasi berinvestasi muncul dari tujuan finansial yang telah ditargetkan. Dari sanalah kemudian kamu bisa menentukan mana instrumen yang tepat untuk dipilih.

Kredit Membuat Barang Semakin Mahal

Ketika kamu ingin membeli barang yang cukup mahal namun dananya belum terkumpul, pernahkah terlintas di kepalamu untuk membelinya dengan menggunakan kartu kredit? Atau mengajukan pinjaman online yang bisa langsung cair dalam waktu kurang dari seminggu? Padahal, dibutuhkan lebih dari tiga bulan bagimu untuk menabung agar dapat membeli barang tersebut tanpa berhutang.

Itu adalah bagian dari budaya instant. Jika kebutuhanmu terhadap barang tersebut tidaklah mendesak, sebenarnya kamu tidak harus membelinya secepat mungkin. Kamu dapat menyisihkan sebagian pendapatanmu dan menabung hingga memiliki cukup uang untuk membelinya.

Lagipula, sadarkah kamu kalau kamu membeli barang tersebut dengan harga yang lebih mahal jika kamu membelinya dengan kartu kredit? Untuk beberapa jenis pembelian, ada biaya transaksi yang akan dibebankan ke kamu. Belum lagi kalau kamu telat membayar tagihan kartu kredit atau melunasi pinjaman online tersebut, kamu harus membayar bunga yang tidak perlu ada jika kamu melakukan pembelian tanpa berhutang.

Selain itu, berbelanja menggunakan kartu kredit bukanlah kebiasaan finansial yang sehat, loh. Pasalnya, banyak orang merasa saldo yang tersisa di kartu kredit adalah uang mereka. Padahal itu bukanlah uangmu. Saldo dalam kartu kredit adalah hutang yang harus kamu bayar dengan jumlah yang setara atau lebih besar di kemudian hari, saldo ini bukanlah uang tambahanmu.

Membiasakan Diri Merencanakan Pengeluaran

Selain berguna untuk mencapai tujuan finansial di masa mendatang, salah satu manfaat investasi adalah untuk membiasakan diri merencanakan pengeluaran dengan matang. Jika hingga saat ini kamu masih impulsif dalam mengeluarkan uang, bisa jadi karena kamu tidak memahami bahwa uang yang diinvestasikan dapat memberikan nilai yang lebih besar.

Investasi adalah penanaman modal untuk membuat nilai aset tersebut jauh lebih berharga di kemudian hari. Selain itu, investasi juga berperan dalam mengamankan uangmu agar nilainya tidak terkikis oleh inflasi. Jadi, lebih mudah bagimu untuk menghitung aset yang kamu miliki sekarang dan akan meningkat berapa persen jumlahnya di masa depan, selanjutnya kamu dapat menyesuaikan keuntungan tersebut dan mengalokasikan untuk kebutuhan finansial di masa mendatang.

Lebih Mudah Realisasikan Kebutuhan Jangka Panjang

Tidak jauh berbeda dengan menabung, berinvestasi dapat membuat kamu membatasi pengeluaran bulanan. Biasanya pekerja yang belum berkeluarga akan cenderung menghabiskan gaji bulanan melalui hal-hal impulsif. Jika kamu berada di kota besar, godaan yang datang di tanggal gajian akan lebih besar dengan banyaknya diskon dan promo.

Nah, berinvestasi adalah salah satu cara kamu untuk dapat terhindari dari pola belanja impulsif. Dengan menginvestasikan gajimu sebelum kamu membelanjakannya, kamu selangkah lebih dekat untuk mencapai kebutuhan finansial jangka panjang.

Berinvestasi sangat cocok jika kamu memiliki banyak kebutuhan finansial jangka panjang seperti biaya untuk melunasi cicilan rumah, biaya pensiun, hingga biaya pendidikan anak-anakmu nanti hingga perguruan tinggi. Kenapa? Karena semakin lama kamu berinvestasi, maka semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Bahkan keuntungan berinvestasi reksa dana lebih besar dari bunga tabungan yang ditawarkan oleh bank.

Investasi Impian Lewat Ajaib, Bebas Pilih Instrumen yang Kamu Inginkan

Mengingat besarnya manfaat investasi untuk membantumu mencapai tujuan finansial, Ajaib menyediakan fitur “Investasi Impian” yang akan membantu kamu berinvestasi sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Kendala yang umumnya dihadapi para investor yang baru terjun di dunia investasi adalah kebingungan menentukan instrumen yang tepat untuk mencapai tujuan finansial tersebut. Dengan fitur Investasi Impian di Ajaib ini, kamu tidak hanya dibantu untuk menghitung investasi yang harus kamu setor setiap bulannya untuk dapat mencapai tujuan finansial.

Kamu juga akan mendapat rekomendasi terbaik terkait produk reksa dana yang cocok bagi tujuanmu. Untuk mendapat hasil kalkulasi dan rekomendasi Ajaib di fitur Investasi Impian, kamu harus input beberapa komponen di bawah ini:

  • Hal yang ingin kamu beli
  • Waktu kamu berencana membelinya
  • Jumlah yang harus dikeluarkan

Dari aspek tersebut, kalkulasinya akan menghasilkan:

  • Jumlah uang yang harus kamu investasikan setiap bulannya
  • Rekomendasi jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhanmu
  • Memberikan informasi terkait kinerja historis dari produk reksa dana yang direkomendasikan serta profil risikomu untuk membantumu membuat keputusan finansial.

Investasi Impian Ajaib memudahkanmu dalam menyusun langkah untuk memenuhi kebutuhan finansial. Tidak perlu lagi berhutang untuk mendapatkan hal yang kamu inginkan, sekarang kamu bisa membelinya dengan uangmu sendiri!

Fitur ini bisa kamu manfaatkan selain juga memilih manajer investasi yang kamu percaya. Ajaib bekerja sama dengan banyak MI terpercaya yang legal dan berizin untuk mengelola danamu. Dengan dengan kamu bukan hanya bisa mendapatkan investasi impian namun juga mampu mewujudkan keinganmu.

Selain itu, kamu juga lebih leluasa memilih instrumen yang tepat karena Ajaib menyediakan reksa dana dan saham sekaligus. Kedua investasi ini bahkan bisa kamu miliki sekaligus untuk pencapaian yang lebih baik. Misalnya saja saham untuk investasi 5 tahun sedangkan reksa dana bagi investasi jangak menengah dan jangka pendek.

Ajaib juga menyadari jika saham masih menjadi sesuatu yang asing bagi milenial. Karena itu, dihadirkan banyak fitur yang bertujuan untuk memudahkan investor. Misalnya saja fitur notifikasi Ajaib Alert, Competitive Ranking, dan News Highlight.

Ajaib Alert akan membantu pengguna menjadi yang pertama tahu kapan saat terbaik untuk buy maupun cut loss saham pilihan mereka. Notifikasi pergerakan harga akan dikirim secara real-time sehingga pengguna tidak kehilangan momen tepat untuk berinvestasi.

Untuk membantu pengguna yang tidak tahu harus membeli saham apa saja, Ajaib menyediakan fitur Competitive Ranking, yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui kekuatan fundamental perusahaan, dibandingkan dengan kompetitornya. Competitive Ranking juga untuk mengedukasi pengguna agar kenal betul dengan saham yang dipilihnya.

Ajaib juga akan aktif mencari dan merangkumkan saham yang jadi sorotan oleh media ternama melalui fitur News Highlight. Melalui fitur ini, pengguna bisa lebih yakin ketika mengambil keputusan saat berdagang saham, mengetahui sentimen pasar, dan peristiwa-peristiwa yang memengaruhi harga saham.

Segera wujudkan investasi impianmu bersama Ajaib dan kembangkan nilai uangmu sekarang juga.

Artikel Terkait