Banking

Saldo Minimal Mandiri yang Perlu Kamu Ketahui

saldo minimal Mandiri

Produk perbankan Mandiri menjadi salah satu favorit banyak orang. Alasannya karena kemudahannya untuk membuka rekening karena kantor cabang Bank Mandiri tersebar di banyak kota dan aksesibilitasnya juga tinggi. Selain itu, saldo minimal Mandiri untuk pembukaan rekeningnya juga sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Saldo minimal memang kerap jadi pertimbangan utama ketika ingin memiliki jenis tabungan di bank. Pertama ialah saldo awal pembukaan, yang umumnya dicari paling rendah sehingga tak perlu mengumpulkan uang banyak dulu sebelum membuka rekening. Kemudian ada pula persoalaan saldo minimal di rekening yang harus dimiliki oleh nasabah.

Ada sejumlah bank yang menerapkan syarat dan ketentuan nominal tertentu di rekening, jika tidak terpenuhi dan tidak ada aktivitas selama beberapa waktu tertentu maka biasanya rekeningnya akan secara otomatis dilakukan penutupan rekening oleh pihak bank. Setelah itu, biasanya pertimbangan lain untuk membuka rekening barulah ketersediaan kartu ATM atau buku tabungan dan biaya administrasi bulanan.

Setiap bank biasanya memiliki besaran yang berbeda sebagai saldo minimal dalam rekening nasabahnya. Berbeda jenis rekeningnya, besarannya ikut berbeda pula. Beberapa bank misalnya BNI, BCA dan BRI mulai dari nilai Rp50.000 sampai jutaan rupiah. Sedangkan saldo minimal Mandiri sedikit lebih besar yakni Rp100.000 sampai jutaan rupiah.

Pemberlakukannya juga berbeda bagi rekening dengan mata uang asing alias valas. Bukan hanya bank konvensional, bank berbasis syariah juga menerapkan saldo minimal yang mengendap di rekening nasabahnya. Pemberlakun ini bukannya tanpa alasan.

Tujuan dari adanya saldo minimal di rekening ialah jika nantinya nasabah tidak lagi memanfaatkan rekening itu maka dana yang mengendap itu akan dijadikan biaya administrasi penutupan rekening. Dengan demikian, nasabah tidak perlu repot lagi mengeluarkan biaya penutupan. Namun jika saldo minimal tersebut tidak mencukupi maka pihak bank akan menetapkan denda yang harus dibayar oleh nasabah.

Fungsi lainnya adalag sebagai edukasi agar masyarakat mengerti bahwa keberadaan rekening tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Dengan adanya danamu yang maish tersimpan di rekening tersebut maka akan lebih baik digunkana untuk memnfasilitasi semua kebutuhan untuk transaksi keuanganmu.

Masyarakat umumnya mencari jenis rekening dengan saldo minimal terkecil apalagi bagi mahasiswa atau anak muda. Pertimbangannya agar tidak terlalu banyak uang tertahan di rekening dan uangnya bisa ditarik untuk dimanfaatkan dengan maksimal. Namun untuk kalangan pebisnis atau enterpreneur, biasanya pertimbangannya akan sedikit berbeda.

Daftar Saldo Minimal Mandiri Sesuai dengan Jenis Rekeningnya

Bank Mandiri memiliki banyak jenis rekening dengan manfaatnya masing-masing. Setiap jenis rekening produk keuangan tersebut tentu saja memiliki besaran saldo minimal yang berbeda disesuaikan dengan fiturnya. Bank Mandiri sendiri memiliki delapan produk yang menjadi andalannya.

Delapan produk ini memiliki ciri khas spesifik selain jumlah saldo minimalnya yang fungsinya juga berbeda-beda. Untuk mempermudah kamu memilih produk yang ingin kamu miliki, di bawah ini adalah saldo minimal Mandiri beserta produk-produknya.

1.    Tabungan Bank Mandiri Reguler

Tabungan ini merupakan produk Bank Mandiri yang paling umum dan menjadi favorit banyak orang. Untuk membuka tabungan, kamu harus punya KTP, dan uang minimal Rp500.000. Setelah melakukan transaksi, saldo tabungan yang harus kamu miliki pada rekening bank Mandiri adalah Rp100.000.

2.    Mandiri Tabungan Bisnis

Tabungan ini dikhususkan bagi perorangan dan perusahaan yang menjalankan bisnis. Karena untuk bisnis, setoran awalnya pun lebih besar dari tabungan reguler. Setoran awalnya adalah Rp1.000.000, tapi di akhir bulan kamu wajib punya saldo minimal Mandiri Rp10.000.000.

3.    Tabunganku Bank Mandiri

Merupakan produk Bank Mandiri yang paling murah karena untuk membuka tabungannya, kamu hanya perlu menyiapkan Rp20.000 dan KTP. Umumnya jenis tabungan ini menjadi favorit banyak anak sekolah dan mahasiswa. Tidak terlalu sulit untuk menjadi nasabah tabungan ini. Saldo minimalnya pun sebanyak Rp20.000 juga.

4.    Mandiri Tabungan TKI

Produk tabungan Bank Mandiri ini dikhususkan bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Tabungan ini memungkinkan TKI menabung dalam rupiah untuk keluarganya di Indonesia. Fitur lainnya juga disesuaikan dengan kebutuhan para pahlawan devisa ini untuk mengirim uang bagi keluarganya.

Tarif awalnya dan saldo minimal Mandiri hanya Rp10.000. Sengaja diberikan murah untuk mempermudah kelangsungan hidup para TKI di negara asing.

5.    Mandiri Tabungan Valas

Tabungan ini dikhususkan untuk kamu yang ingin menabung dengan mata uang selain rupiah. Ada sejumlah mata uang asing yang disediakan antara lain dollar, euro, yen, poundsterling dan masih banyak lainnya.

Tabungan ini memudahkan kamu yang bergaji mata uang lain untuk menyimpan uangnya dengan aman di Indonesia. Setoran awal dan saldo minimal Mandiri yang sudah ditentukan adalah USD100.

6.    Mandiri Tabungan Haji dan Umroh

Tabungan ini dikhususkan bagi kamu yang ingin melakukan ibadah Haji dan Umroh. Dengan menabung, maka perjalananmu beribadah akan lebih terencana. Besar setoran awal untuk membuka tabungan ini adalah Rp100.000 sedangkan saldo minimal yang harus dimiliki adalah Rp100.000.

Baik persyaratan pembukaan rekening maupun saldo minimal Mandiri ini memang mirip dengan tabungan reguler. Perbedaanya hanyalah tabungan ini baru bisa dicairkan ketika akan membiayai keberangkatan haji.

7.    Mandiri Tabungan Investor

Ini adalah produk tabungan Bank Mandiri yang paling unik. Dikhususkan bagi mereka yang ingin membeli saham di pasar modal. Keuntungan menggunakan tabungan khusus investor ini adalah tidak adanya setoran awal, dan tidak adanya saldo minimal Mandiri yang dibebankan kepada para nasabah.

8.    Mandiri Tabungan Rencana

 Merupakan tabungan yang dikhususkan untukmu yang memiliki rencana pasti ke depan. Bisa untuk rencana jalan-jalan, maupun rencana pendidikan. Jumlah setoran minimumnya adalah Rp100.000 dan tidak memiliki saldo minimal karena tabungan ini tidak bisa diambil dalam kurun waktu tertentu. Jangka waktu rencana menabung dengan produk ini adalah minimal 1 tahun dan maksimumnya dalam waktu 20 tahun.

Uraian di atas adalah saldo minimal Mandiri untuk setiap produk keuangan unggulannya. Kamu bisa memilih salah satu yang terbaik untuk tabunganmu. Kamu juga bisa mendapatkan hasil lebih baik dengan membuka tabungan reksa dana untuk investasi lewat Ajaib. Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir lagi dengan saldo minimal karena imbal hasil investasimu akan menambah jumlah saldo tabungamu dan bukan malah menggerusnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait