Emas

Cara Mudah Beli Emas di Pegadaian, Bisa Buat Investasi

Cara Mudah Beli Emas 5 Gram di Pegadaian

Ajaib.co.id – Tahukah kamu bahwa kamu bisa beli emas di Pegadaian? Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa Pegadaian Perseroa juga menjual emas baik dalam pilihan emas batangan maupun perhiasan. Bahkan bisa dikatakan jika harga emas batangan di Pegadaian relatif terjangkau dibandingkan di tempat lain.

Pegadaian Persero selama ini hanya dikenal sebagai tempat menggadaikan barang guna mendapatkan dana tunai. Namun kini layanan BUMN ini sudah semakin bervariasi bukan hanya sebagai sumber kebutuhan dana masyarakat namun juga untuk investasi. Misalnya saja layanan jual beli emas yang bisa didapatkan masyarakat.

Beli emas di Pegadaian juga dijamin kualitas dan keasliannya. Kelebihan lainnya kamu bisa membeli emas dengan datang ke outlet Pegadaian maupun melakukan transaksi lewat aplikasi Pegadaian Digital. Selain itu, sistem pembelian emas di Pegadaian juga ada beberapa cara.

Pertama, melakukan pembelian secara tunai sesuai dengan kadar dan berat emas yang diinginkan. Kedua, beli emas di Pegadaian dengan sistem tabungan. Ketiga yakni dengan cara angsuran untuk melunasi biaya pembelian emas tersebut.

Beli Emas di Pegadaian, Jelas Lebih Mudah dan Murah

Ada banyak jenis Investasi, salah satunya investasi emas. Kenapa? Banyak yang memilih bentuk investasi ini karena dianggapnya menguntungkan dan itu ada benarnya. Emas batangan cetakan Antam dan UBS biasanya menjadi yang paling disarankan.

Tingkat kemurnian hingga 100% menjadi jaminan jika harga aset yang kamu miliki ini akan bertahan di masa mendatang. Pasalnya, keuntungan emas didapatkan ketika harga jual kembali (harga buyback) lebih tinggi dibandingkan harga beli. Itulah kenapa kamu harus memastikan jika emas yang kamu miliki benar-benar terjamin keaslian dan kualitasnya.

Karena itu, dianjurkan jika kamu ingin investasi emas, lakukan dan beli emas di tempat yang tepercaya akan keaslian dan keamanannya. Kalau selama ini kamu hanya tahu tempat membeli emas batangan di toko emas atau butik emas Antam saja maka kamu salah selama ini. Kamu bisa beli emas di Pegadaian juga untuk transaksi yang terjamin.

Bahkan, jika kamu beli emas di Pegadaian dijamin akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dua tempat yang disebutkan sebelumnya. Harga yang dibandrol Pegadaian untuk setiap gram emas lebih murah khususnya jika ditujukan untuk investasi.

Pasalnya, harga beli di institusi ini dipatok per kilogram. Berbeda jika ingin membeli emas dalam ukuran lebih kecil misalnya saja 0,5 gram atau 10 gram maka akan dikenakan biaya cetak. Tambahan biaya inilah yang kemudian membuat harga beli emasmu lebih mahal.

Selain itu, biaya administrasi yang dikenakan oleh Pegadaian juga amat sangat terjangkau. Biaya administrasi awal untuk tabungan emas di Pegadaian hanya Rp 10.000. Sedangkan, biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp 30.000. Sedangkan jika kamu ingin menjual emas maka tidak dibebankan biaya sama sekali.

Memang membeli emas dalam ukuran kecil relatif lebih mahal dibandingkan emas batangan utuh dengan berat 1 kilogram. Hanya saja, umumnya emas dengan gram lebih kecil itu lebih mudah dijual. Itulah alasan emas dengan ukuran 3 gram dan 5 gram menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh masyarakat.

Berikut adalah cara beli emas di Pegadaian yang bisa kamu lakukan antara lain:

1. Beli Emas Secara Menabung

Tabungan Emas di Pegadaian merupakan layanan pembelian serta penjualan emas menggunakan sarana titipan dengan harga mulai Rp5.000 (mulai berat 0,01 gram). Layanan ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi emas dengan dana fleksibel.

Tabungan Emas cocok bagi yang menginginkan fleksibilitas, karena kamu bisa menabung emas dalam jumlah berapa pun sesuai keinginan. Cara membeli emas di Pegadaian adalah dengan beberapa langkah berikut ini:

a. Membuka rekening Tabungan Emas di kantor Pegadaian yang disertai fotokopi KTP/Paspor/SIM yang masih berlaku.

b. Mengisi formulir rekening tabungan dengan membayar anggaran administrasi Rp6000 serta biaya penitipan Rp2.500 per bulan atau selama satu tahun sebesar Rp30.000 untuk pembukaan rekening tabungan emas.

c. Pembelian emas bisa dilakukan mulai dengan 0,01 gram. Misalnya, kamu ingin membeli emas berat 1 gram maka akan dikalikan dengan harga emas antam hari itu per 0,01 gramnya (contoh Rp860). Jadi, kamu harus membayar sebesar emas tersebut menjadi Rp586.000.

Apabila menginginkan fisik kepingan emas, kamu bisa melakukan pencetakan dan akan dikenai biaya cetak sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi kamu harus mengeceknya setiap hari.

Adapun pilihan ukuran pencetakan emas, yakni 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Jika kamu membutuhkan uang segera, Tabungan Emas bisa dijual kembali dengan minimal penjualan seberat 1 gram di Pegadaian.

2. Beli Emas Secara Angsuran

Kalau danamu terbatas, kamu juga bisa kok beli emas di Pegadaian dengan sistem angsuran. Layanan pembelian emas secara angsuran di Pegadaian ditawarkan melalui program Mulia Personal, Mulia Kolektif, dan Mulia Arisan.

Mulia Personal merupakan layanan pembelian emas batangan secara angsuran di kantor cabang Pegadaian secara perseorangan dengan tujuan investasi melalui proses yang mudah dan cepat. Sedangkan, mulia kolektif adalah layanan pembelian emas secara angsuran berkelompok dengan minimal anggota 6 orang. Kemudian, mulia arisan adalah layanan investasi emas secara angsuran bagi kelompok arisan dengan jumlah anggota minimal 6 orang.

Keuntungan yang didapat melalui program tersebut adalah pembayaran uang muka rendah, cicilan tidak dipengaruhi fluktuasi harga emas, pilihan investasi mulai dari 1 gram hingga 1 kg, waktu pembayaran dari satu bulan hingga 36 bulan, serta cicilan dapat diangsur di seluruh kantor pegadaian maupun melalui anjungan tunai mandiri. 

Program ini sesuai bagi kamu yang menyukai berinvestasi secara tetap bulanan dan terjadwal, karena kamu harus membayar angsuran sesuai dengan kesepakatan, Dengan demikian, di akhir proses kamu akan tetap memiliki aset investasi ini.

3. Beli Emas Secara Tunai

Cara beli emas di Pegadaian yang ketiga adalah dengan transaksi tunai. Kamu bisa melakukannya melalui program Mulia Tunai. Program ini merupakan layanan pembelian emas tunai di seluruh kantor Pegadaian Galeri 24 dengan persyaratan melampirkan identitas diri.

Kamu bisa memilih emas dengan berat mulai dari 1 gram hingga 1 kg. Kamu akan mendapatkan sertifikat dan kuitansi. Simpan baik-baik keduanya karena dokumen ini akan dibutuhkan saat kamu ingin menjualnya kembali.

Harga emas sendiri umumnya selalu mengalami kenaikan yang stabil. Investasi ini dianggap memiliki risiko yang rendah sehingga cocok bagi investor pemula. Selain itu, emas juga bisa dicairkan sewaktu-waktu ketika kamu butuh dana dadakan.

Hanya saja memang dalam menjual kembali emas ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan agar kamu mendapatkan harga terbaik. Dengan beli emas di Pegadaian, kamu bukan hanya mendapatkan harga beli terbaik namun juga bisa menjualnya kembali dengan keuntungan maksimal.

Hanya saja, dalam kondisi normal, investasi emas kurang memberikan hasil yang progresif. Akan lebih baik jika kamu meningkatkan portofolio investasimu dengan instrumen lainnya. Misalnya saja dengan berinvestasi reksa dana lewat aplikasi Ajaib. Investasi reksa dana memungkinkanmu menanamkan uang ke berbagai produk pasar keuangan.

Semakin banyak jenis investasi yang kamu miliki maka akan semakin besar potensi keuntunganmu di masa depan. Ingat, kebutuhan di masa depan akan bertambah dan jelas lebih mahal karena itu penting sekali untuk mempersiapkannya sejak dini.

Artikel Terkait