Bisnis & Kerja Sampingan

8 Tips Bisnis dari Steve Jobs yang Perlu Kamu Ketahui

steve jobs

Ajaib.co.id – Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Pendiri dan mantan CEO Apple Inc ini merupakan tokoh yang inspiratif bagi semua orang, terutama para penggiat bisnis dan teknologi.

Milenial seperti kamu pasti tidak asing dengan nama ini, bukan? Nama ini melekat sekali dengan setiap produk Apple yang beredar di pasaran. Dalam masa hidupnya, Jobs selalu mengacu pada satu gagasan yaitu selalu percaya suara hati dan memiliki keberanian untuk merealisasikannya. Steve Jobs selalu fokus membangun produk teknologi yang sempurna dan berusaha melakukan apa yang dia dan orang lain pikirkan tidak akan pernah bisa dilakukan. Melalui usaha dan kerja kerasnya inilah akhirnya Steve Jobs mampu meraih kesuksesan dan bisa memberikan banyak pelajaran yang dapat diambil dan diterapkan dalam kehidupan.

Banyak sekali petuah dalam menjalani hidup dan meraih cita-cita oleh Steve Jobs. Namun, Ajaib telah merangkum 8 tips bisnis penting dari Steve Jobs yang harus kamu ketahui dan bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam menjalankan bisnis. Berikut penjelasannya:

Tekun

Menjadi pengusaha yang sukses di bidangnya atau pemimpin yang berhasil merupakan sebuah tantangan tersendiri. Membangun bisnis yang sukses pun membutuhkan ketekunan yang tinggi. Hal ini tentu saja tidak mudah untuk dilakukan. Maka itu, perlu dilatih sejak dini dan perlunya keyakinan diri atas keinginan yang mau dituju, termasuk menjadi pengusaha dan pemimpin yang sukses.

Berfokus pada Satu Produk

Setiap berbicara pada acara kampus atau seminar, Steve Jobs selalu menyarankan untuk fokus pada satu produk dan mengerahkan semua kemampuan untuk membuatnya sempurna. Hal ini dibuktikannya dalam Apple, di mana Steve Jobs benar-benar melakukan apapun untuk bisa mencapai titik yang sekarang telah Apple raih. Steve Jobs menyarankan untuk fokus kepada visi produk yang sedang dikerjakan dan lakukan apapun demi tercapainya visi tersebut.

Percaya pada Diri Sendiri

“Kamu tidak dapat menghubungkan titik-titik dengan melihat ke depan. Kamu hanya bisa menghubungkannya ketika kamu melihat ke belakang”. Pernahkah kamu mendengar kalimat ini? Kutipan tersebut adalah salah satu kutipan Steve Jobs yang paling terkenal. Dari kutipan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kamu harus percaya dengan diri sendiri dan miliki keyakinan bahwa hal tersebut (titik-titik) akan terhubung di masa depan. Dengan adanya keyakinan ini, maka usaha yang kamu keluarkan akan otomatis lebih maksimal dan usahamu untuk mencapai tujuan pun akan lebih cepat terbayarkan.

Tidak Berhenti Berinovasi

Apple sebagai perusahaan milik Steve Jobs berhasil berada di garis depan pada pasar teknologi. Jobs selalu berusaha untuk menciptakan sesuatu inovasi baru dan hal unggul pada produk ciptaannya sehingga inilah yang membuat produk Apple menjadi lebih terdepan dibandingkan produk teknologi lainnya.

Cintai yang Kamu Lakukan

Agar bekerja dengan penuh hati dan usaha, kamu harus mencintai dulu apa yang kamu lakukan. Jika tidak, kamu akan terus bermalas-malasan dan tidak mengerjakannya dengan sepenuh hati. Godaan dan distraksi pun akan mudah untuk datang. Apabila kamu mudah goyah, maka tantangan-tantangan yang bisa saja terjadi di depan mata akan mudah untuk menghentikan kamu.

Di sisi lain, apabila kamu mencintai apa yang kamu lakukan, maka tidak akan ada satu pun yang bisa memisahkan kamu dengan apa yang kamu lakukan tersebut. Karena kamu akan melakukan apa saja untuk tetap berusaha memperjuangkan hal itu. Jika sudah mencintai dengan sepenuh hati, kamu pun akan tetap merasa senang untuk melakukannya tanpa merasa terbebani sedikit pun.

Memaksimalkan Usaha

Hal-hal di atas tidak akan berhasil apabila kamu tidak memaksimalkan segala usaha yang kamu lakukan. Kamu boleh saja mencintai apa yang kamu lakukan tetapi apabila kamu melakukannya setengah hati maka semuanya akan percuma. Apapun yang kamu lakukan, jangan lupa untuk memaksimalkan usaha. Dengan ini, kamu pun bisa lebih unggul dari kompetitor.

Tentukan Seorang Inspirasi

Menjadi pengusaha dan pemimpin yang sukses tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika kamu dari awal terbiasa untuk bekerja di bawah pimpinan seseorang dan hanya mengikuti aturan yang ada. Membangun usaha sendiri dan menjadi pemimpin bisa menjadi hal yang menakutkan. Tidak semua orang memiliki keahlian untuk melakukan hal tersebut karena menjadi pemimpin akan berhadapan dengan banyak ketidakpastian.

Untuk itu, tentukanlah seseorang yang bisa menjadi inspirasi kamu. Jadi ketika kamu berada di titik ketidakpastian tersebut, kamu pun akan tidak mudah menyerah. Kamu juga bisa selalu termotivasi untuk terus lanjut apapun resikonya dan terus berinovasi dengan ada inspirasi yang datang dari seseorang tersebut. Seseorang ini bisa berarti role model kamu, orang yang kamu cintai, atau pebisnis senior yang jejak hidupnya kamu kagumi.

Ciptakan Komunitas

Seperti yang telah dikatakan, akan sangat mudah rasanya untuk menyerah apabila kamu mengerjakan semuanya sendirian tanpa ada dukungan orang di sekitar. Akan sangat mudah juga untuk menyerah ketika kamu tidak memiliki orang di sekitarmu yang senasib sepenanggungan. Itulah alasannya mengapa banyak sekali kita temukan komunitas, baik komunitas pecinta seni maupun komunitas pengusaha. Hal ini untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan menjadi tempat berkeluh kesah serta berbagi ilmu yang akhirnya bermanfaat bagi semua pihak. Selain itu, komunitas seperti ini juga bisa menjadi tempat diskusi dan berbagi pengalaman sehingga ilmu yang kamu miliki pun akan bertambah serta bisa bermanfaat bagi bisnismu.

Apakah kamu semakin bersemangat setelah membaca tips bisnis dari Steve Jobs ini? Jika iya, ini saatnya kamu memulai apa yang selalu ada di dalam pikiranmu! Jadikan hal tersebut menjadi nyata dengan melakukan tips bisnis dari Steve Jobs di atas. Terus berusaha dan semoga berhasil, ya!

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait