Bisnis & Kerja Sampingan

Belajar Bisnis Mulai dari 7 Langkah Ini, Kamu Pasti Bisa

Ajaib.co.id – Andai ada panduan untuk memulai usaha pertama. Bagi kamu yang orangtuanya belum pernah berbisnis, mungkin kamu terpikir bertanya pada saudara lain untuk belajar bisnis. Tapi apa mereka rela membantumu sampai kamu sukses?

Pertanyaan yang mungkin terlintas di pikiranmu adalah mulai dari mana? Pasti membingungkan sekali ketika tidak ada arahan untuk belajar bisnis.

Ketika kamu dihadapkan pada proyek besar dan kamu bingung harus mulai dari mana, mungkin kamu bisa menggunakan ungkapan ini. “Bagaimana cara makan seekor gajah? Gigit sedikit demi sedikit.”

Sama seperti untuk memulai sebuah bisnis, mulailah dari langkah kecil. Langkah awal mungkin terlihat jauh sekali dengan target, tapi ketika dijalankan ternyata cepat, loh.

Ini dia langkah kecil yang perlu kamu coba yang dilansir Redaksi Ajaib dari investorjunkie.com.

Buatlah Perencanaan Bisnismu

Langkah paling pertama dari segala bisnis adalah perencanaan. Tidak perlu terlalu detail, yang penting jelas arahnya. Bagi kamu yang tipe impulsif, buat perencanaan dulu supaya setidaknya ada arahan dalam bertindak.

Cukup satu halaman yang merangkum perusahaanmu dan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain tentang apa yang kamu lakukan, catat juga apa yang tidak akan kamu lakukan. Biasanya kesalahan fatal adalah mencoba memenuhi harapan semua orang.

Bisnis yang sukses harus fokus, kamu tidak bisa melakukan segalanya. Tulis detail yang cukup sehingga kamu ada gambaran yang konkret. Menulis juga dapat mengatur segala idemu menjadi proses yang kongruen.

Jika kamu ingin bergabung dengan teman atau mendapat investor dari luar, apakah informasi yang cukup? Kamu perlu melakukan riset dan perencanaan yang lebih mendalam dibanding bisnis sampingan yang bisa ditangani uangmu sendiri.

Di tahap ini kamu harus fleksibel. Mungkin banyak sekali ide bisnis yang akhirnya tidak terpakai. Tidak perlu ragu mengubah arah. Ketika kamu sadar menjual es krim pada eskimo bukan ide yang bagus, jangan lakukan.

Pahami bisnis yang sukses atau orang yang sukses memulai bisnis, menggunakan waktu yang cukup untuk mengembangkan idenya. Jika tidak berhasil, lanjut ke ide selanjutnya. Tidak perlu menekuri ide bisnis yang gagal, karena tidak ada yang berhasil tanpa kegagalan.

Pisahkan Bisnis dan Pribadi

Oke, setelah kamu tahu apa yang akan kamu lakukan, kini bagaimana cara membuat bisnis? Ini dia yang biasanya membuat usaha gagal. Setelah mendapat penghasilan, banyak wirausaha yang tidak memisahkan penghasilan pribadi dan bisnis. Jelas hal ini tidak sehat bagi keuangan bisnismu.

Pastikan bisnismu sesuai dengan hukum legal, daftarkan sesuai dengan bidang usaha yang akan dijalankan. Ini dia alasan utama kenapa kamu perlu melegalkan bisnismu:

·      Entitas legal

Pisahkan entitas pribadi dan bisnis. Jika, amit-amit, bisnismu tersandung masalah hukum, pemegang saham tidak akan terpengaruh. Bisnis dalam istilah hukum seperti orang dan memiliki kehidupan yang tidak terbatas.

·      Pajak

Banyak keuntungan memisahkan pajak bisnis dan usaha. Misalnya di masa pandemi seperti ini, usahamu mungkin mendapat keringanan pajak.

·      Rekening bisnis

Ini dia yang paling krusial, pisahkan rekening bank dan rekening pribadimu. Hal ini akan membuat pembukuan bisnismu menjadi jelas. Untung ruginya pun bisa kamu lacak dengan jelas. Temukan bank yang paling sesuai dengan bisnismu.

Buat Logo

Setelah langkah kedua, kini kita akan membahas langkah yang penting. Membuat identitas perusahaan.

Logo adalah bagian krusial dalam bisnismu. Ibarat pagar rumah, logo adalah yang pertama kali menyambut pelangganmu. Tampilan logo merefleksikan citra usahamu. Jika dibuat asal-asalan, pelanggan potensial pun akan kabur.

Kamu tidak bisa mendesain? Coba lempar proyek ini pada desainer grafis paruh waktu atau buka bidding di laman seperti 99designs.com, freelancer.co.id, designcrowd.com, projects.co.id, dan lainnya.

Beli Domain dan Nama Website

Mungkin terdengar ketinggalan jaman, tapi semakin banyak web hosting yang menawarkan harga murah. Situs jejaring ini membuat emailmu lebih profesional dibanding layanan gratisan.

Walau mungkin orang tidak bertransaksi lewat situs jejaring, tetapi orang akan mencari informasi lewat situs jejaringmu. Hanya seharga kopi di Starbucks, kamu bisa mendapatkan situs jejaring dan nama domainmu.

Perangkat Lunak Akuntansi

Transaksi tentu membutuhkan faktur dan membayar tagihan. Perlu juga melacak pemasukan dan pengeluaran. Laporan keuangan untuk kepentingan pajak juga sangat diperlukan.

Rekomendasi hashmicro.com untuk perangkat lunak akuntansi di Indonesia adalah EQUIP, SAP, Zahir, Accurate, dan Junal. Temukan perangkat lunak yang paling tepat untukmu.

Versi perangkat lunak juga perlu kamu pahami seperti penyimpanan cloud, pilihan industri, dan hubungan dengan perangkat lunak point of sales atau POS.

Cari Akuntan

Bagi kamu yang baru memulai usaha, carilah akuntan untuk mengurus pajak. Banyak pemilik bisnis yang tidak taat pajak karena bingung. Cara paling aman dalam menjalankan bisnis dengan taat hukum.

Carilah akuntan yang memiliki reputasi baik dan memiliki sertifikasi. Mungkin salah satu temanmu atau tanyakan pada sesama pemilik usaha kecil tentang akuntan mereka. Akuntan yang baik adalah penasihat utama dalam timmu.

Mendapat Pendanaan

Banyak cara untuk mendapat pendanaan untuk modal bisnis. Biasanya modal pemilik usaha kecil berasal dari simpanan pribadi, tapi tergantung dengan ide bisnismu. Inilah daftar sumber pendanaan yang bisa kamu pertimbangkan:

·      Simpanan pribadi

·      Meminjam teman dan keluarga

·      Kartu kredit pribadi atau bisnis

·      Pinjaman bank

·      Angel investor

·      Venture capital

·      Peer-to-peer lending

Kekurangan modal dan kesulitan menjaga arus kas adalah alasan utama gagalnya usaha kecil. Jadi sementara kamu tidak membutuhkan pendanaan dari pihak lain, setidaknya pikirkan pilihan-pilihan ini.

Kesimpulannya, kini semakin mudah dan murah untuk membuka usaha. Dengan modal kecil kamu bisa membuka usaha dan mencapai kebebasan finansialmu.

Proses membuka usaha mungkin awalnya terlihat menakutkan. Jalankan tujuh langkah di atas dan nikmati proses yang lebih cepat dari kebanyakan orang.

Bagi kamu yang masih mempertimbangkan belajar bisnis sendiri, mulailah dari mengumpulkan ide dan mencari tahu anggarannya.

Setelah itu investasikan uangmu sedikit demi sedikit agar ketika momennya tepat, kamu bisa langsung mewujudkannya. Investasikan uangmu di Ajaib yang ramah bagi investor pemula. Coba sekarang!

Artikel Terkait