8 Cara Berhenti Boros Agar Masa Depan Terjamin

cara berhenti boros
cara berhenti boros

Ada gak sih cara berhenti boros tapi masih bisa bersenang-senang? Jawabannya ada. Bila ingin mengetahui cara berhenti boros agar bisa bersenang-senang sekaligus masa depan terjamin, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Perjalanan harian ke mall di mana kamu berencana untuk mampir untuk satu hal tetapi keluar dengan kantong barang, makan sepanjang waktu dan merasa seperti kamu tidak pernah memiliki uang yang tersisa adalah tanda-tanda bahwa kamu mungkin ingin melihat berapa banyak yang kamu belanjakan .

Tidak sesakit kedengarannya! Kita dapat dengan mudah belajar bagaimana cara berhenti boros, sambil tetap bersenang-senang.

Atur dan Anggaran Uang kamu

Ini adalah langkah pertama terbaik yang dapat kamu sebagai cara berhenti boros. Alih-alih uang yang mengendalikan dirimu, kamu harus lebih bisa menguasai uang kamu sendiri.

Anggaran mungkin tidak terdengar seperti hal yang paling menyenangkan di dunia, tetapi yakinlah kamu akan mulai menyukainya ketika kamu melihat bagaimana itu akan membantu kamu.

Ketika kamu mengeluarkan uang terlalu banyak, kamu mungkin merasa keuangan kamu ada di mana-mana – tetapi anggaran dapat membantu kamu menyortirnya.

Berhenti Menggunakan Kredit

Jika kamu tidak dapat membayar tunai – kamu tidak mampu membelinya. Selalu tergoda untuk meletakkan barang-barang di pembayaran sistem kredit karena kamu meyakinkan diri sendiri bahwa kamu akan melunasinya nanti.

Tetapi jika kamu serius untuk mengendalikan pengeluaran kamu, ini adalah sesuatu yang perlu kamu coba dan lakukan.

Sistem kredit seperti GoPay Paylater atau Ovo Paylater, menggunakan barcode hanya sekali klik untuk transaksi. Dan biasanya kamu menggunakannya hampir setiap hari? Sangat mudah bukan – kamu hanya membuka aplikasi lalu klik. Ini terlalu mudah – dan memang sudah seharusnya demikian.

Untuk berhenti menggunakan sistem kredit kamu, kamu bisa melakukan beberapa hal drastis seperti membekukannya atau membuat akun baru (jika perlu).

Jika kamu tenggelam dalam utang dan memiliki tagihan biaya kredit hingga ke leher kamu dan sudah terasa tercekik, inilah saatnya untuk mengeluarkannya dari hidup kamu.

Berhenti Jajan atau Makan Di Luar

Ingin tahu bagaimana cara berhenti menghabiskan uang untuk makanan? Makanan adalah pembunuh anggaran yang besar – tapi itu dapat dimengerti, lebih asyik makan di luar! Lebih mudah, makanannya enak, kamu tidak harus memasaknya atau mencuci setelahnya.

Tetapi kamu akan membayar orang lain untuk melakukan semua ini untuk kamu. Ini adalah salah satu dari pengeluaran yang kamu dapat secara drastis mengurangi biayanya, jika kamu DIY (Do It Yourself).

Itu tidak berarti bahwa kamu tidak akan pernah bisa pergi – tetapi jika kamu merencanakan dan memasukkannya ke dalam anggaran kamu, itu akan jauh lebih terorganisir daripada pergi keluar kapan pun kamu mau.

Restoran menagih banyak uang – kamu tidak hanya membayar makanan, tetapi juga staf dan restoran!

Jika kamu mengambil biaya itu dan hanya memasak untuk diri sendiri di rumah saja, kamu akan menghemat banyak uang.

Persiapkanan Bekal dan Bawa ke Tempat Kerja

Sangat menggoda untuk makan siang bersama kolega kamu setiap hari, tetapi ini bisa menghabiskan banyak uang.

Yang ingin kamu lakukan adalah memikirkan berapa biayanya untuk makan itu, vs berapa banyak yang akan kamu bayarkan untuk itu dari kantin.

Kamu tidak harus menyiapkan makanan berkualitas restoran tertinggi setiap hari. Hanya hal-hal yang murah, cepat dan mudah dibuat.

Tuliskan daftar berbagai makanan dan makan siang yang bisa kamu buat, dan kemudian bawa daftar itu ke toko bahan makanan.

Caranya adalah dengan hanya membeli barang-barang yang ada di daftar yang akan membuat makanan untuk kamu semua selama seminggu. Jika kamu memasak sekaligus (memasak berbagai makanan sekaligus dan membekukannya) ini akan menghemat banyak waktu.

Fokus pada Tujuan Keuangan kamu

Apa tujuan finansial kamu? Sekarang adalah waktunya untuk duduk dan benar-benar berpikir tentang apa tujuan kamu.

Banyak dari kita yang bersalah karena tidak melakukan ini – tetapi ini sangat penting. Kamu harus memiliki fokus dan tujuan atau kamu tidak akan berada di jalur untuk menyelesaikannya.

Ada banyak hal berbeda yang bisa menjadi tujuan kamu – itu mungkin personal untuk kamu. Tetapi pastikan kamu menemukan waktu – hanya perlu 10 menit jika kamu sibuk – dan tuliskan apa yang penting bagi kamu.

Pelajari Cara Menjadi Bahagia Hidup dengan Hemat

Ketika kamu telah menghabiskan uang untuk apa pun yang kamu inginkan, kapan pun kamu mau, mungkin akan sedikit mengejutkan untuk menghentikan semua itu.

Itu juga bisa membuat kamu merasa seolah-olah kamu sedang merendahkan diri.

Frugal adalah kata yang memiliki arti berbeda bagi orang yang berbeda, tetapi menurut kamus itu berarti “hemat atau ekonomis dalam hal uang atau makanan”.

Hidup hemat tidak terdengar menyenangkan. Tapi itu karena kita datang untuk mengasosiasikan menghabiskan uang dengan bersenang-senang.

Kamu tidak perlu membuang semuanya sepenuhnya – kamu dapat menggunakan peretasan seperti mendapatkan internet gratis atau cashback untuk berbelanja bahan makanan.

Lakukan Segalanya Sendiri

Salah satu bidang yang harus diperhatikan ketika kamu ingin mengurangi pengeluaran kamu adalah untuk melihat apakah kamu dapat mulai melakukan hal-hal yang bisa kamu lakukan

Yang dimaksudkan di sini adalah, apa yang biasanya kamu bayar orang lain lakukan untuk kamu?

Ini bisa berupa hal-hal seperti:

  • Potong rambut
  • Memotong halaman
  • Mencuci mobil
  • Perawatan hewan peliharaan
  • Cuci baju

Sangat nyaman untuk membuat orang lain melakukannya untuk kamu, tetapi jika kamu bisa melakukannya sendiri, untuk saat ini, itu akan menghemat banyak uang.

Tantang Diri Kamu

Salah satu cara terbaik untuk membuat diri kamu melakukannya dengan baik adalah dengan mengatur tantangan sendiri.

Mereka bisa menjadi apa pun yang kamu inginkan – mungkin kamu tidak akan menghabiskan apa pun di satu akhir pekan.

Lihat seberapa banyak kamu dapat mengurangi dan hidup. Ini membantu kamu melihat apa yang penting bagi kamu dan apa yang ingin kamu pertahankan dalam anggaran kamu.

Pastikan kamu menantang diri kamu untuk pergi tanpa dan coba variasi gratis atau murah terlebih dahulu, untuk melihat apakah kamu lebih suka.

Jika kamu merasa menghabiskan terlalu banyak uang dan tidak yakin harus mulai dari mana, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan melacak pengeluaran dan mengidentifikasi area pengeluaran berlebihan – dan mengapa.

Ini lebih merupakan hal psikologis daripada matematika – kamu harus memulai beberapa kebiasaan positif dan mempersiapkan diri untuk hari-hari ketika kamu merasa agak rendah dan ingin keluar.

Mungkin butuh sedikit waktu, tetapi dengan kerja keras dan tekad, kamu dapat mengubah masalah pengeluaran kamu.

Menurut kamu, manakah di antara ini yang ingin kamu coba dulu?

Daripada harus boros dengan membeli barang-barang yang belum tentu kamu pakai setiap hari, lebih baik investasikan uang tabunganmu melalui Ajaib. Platform reksa dana yang memberikanmu keuntungan dalam jangka panjang. Tenang saja, kamu hanya perlu duduk dan menikmati hasilnya, karena Ajaib memiliki pakar keuangan yang siap membantumu dalam memilih jenis atau pilihan reksadana yang bisa kamu pilih.

Bacaan menarik lainnya:

Mace, Janice. (2007). Trip of a lifetime Money Management.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait