7 CEO Perusahaan Global dengan Gaji Fantastis

Gaji Fantastis

CEO atau Chief Executive Officer memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan. Tidak heran CEO memiliki nilai gaji fantastis selama sebulan. CEO memegang tanggung jawab besar dalam kemajuan perusahaan dari mulai jumlah pelanggan, keluhan pelanggan, target pendapatan, keamanan hingga saham perusahaan.

Oleh sebab itu, nominal gaji fantastis yang diperoleh oleh CEO berbanding lurus dengan tanggung jawab yang diemban. Selanjutnya hasil kerja CEO akan dipertanggungjawabkan dalam rapat dewan direksi / komisaris perusahaan sebagai bentuk evaluasi kerja CEO.

Ragam pengambilan keputusan dan kebijakan-kebijakan penting juga diputuskan oleh CEO melalui RUPS atau rapat umum pemegang saham. Dengan posisi yang tinggi dalam perusahaan dan tanggung jawab berat, tidak heran para CEO memperoleh gaji fantastis. Lalu siapa saja CEO yang memperoleh gaji fantastis tersebut ? Simak uraian berikut ini :

1. Sandeep Mathrani USD39,2 juta

Sandeep Mathrani adalah CEO sebuah perusahaan investasi real estate General Growth Properties Inc asal Illinois, Amerika Serikat. Sandeep berhasil memperoleh gaji fantastis dengan nilai USD39,2 juta. Kompensasi ini mencakup gaji pokok Sandeep sebesar USD1,2 juta, bonus bulanan Sandeep USD3 juta, dan sisanya yakni USD35 juta berasal dari dividen saham yang ia miliki.

2. Bob Iger USD43,9 juta

Bob Iger merupakan CEO dari perusahaan animasi legendaris yang sangat kamu kenal, yakni Walt Disney. Atas keberhasilan dan kesuksesan Walt Disney yang menayangkan karya film animasi dan meraup keuntungan pasar secara periodkc, membuat Bob berhasil mengantongi sejumlah pendapatan yang tidak sedikit. Jika diperhitungkan termasuk dengan gaji pokok, bonus dan saham yang dimiliki Bob, ia mengantongi USD43,9 per bulan. Adapun pencapaian tinggi Bob usai bekerja sama dengan film-film superhero keluaran Marvel.

3. Mark Hurd USD53,2 juta

Selanjutnya CEO dengan gaji fantastis adalah Mark Hurd yang merupakan co-founder sekaligus CEO dari Oracle Corporation. Perusahaan Oracle Corporation bergerak dalam bidang sistem manajemen berbasis data, perangkat lunak, hingga kebutuhan bisnis lainnya. Sebagai CEO perusahaan multinasional, Mark Hurd menikmati gajinya senilai USD52,2 juta setiap bulannya.

4. Phillippe P. Dauman USD54,1 juta

Philippe Dauman merupakan CEO yang juga mengantongi nilai gaji fantastis setiap bulannya. Phillippe berhasil mengantongi gaji sebesar USD54,1 miliar dari Viacom. Viacom merupakan sebuah perusahaan induk media yang menaungi kanal populer seperti MTV Networks, hingga perusahaan produksi film seperti Paramount Pictures dan DreamWorks.

Meskipun dalam sejarahnya Phillippe sempat dipecat akibat masalah perselisihan paham dengan legenda media asal Amerika Serikat, Summer Redstone, namun ia masih beruntung karena jajaran dewan di Viacom menjatuhkan pilihan kepada Phillipe sebagai CEO.

5. Dara Khosrowshahi USD94 juta

Selanjutnya ada Dara Khosrowshahi seorang pria Iran yang menjadi CEO dari sebuah perusahaan perjalanan global asal Amerika Serikat, Expedia Inc. Dara mendapat pemasukan bulanan yang fantastis sebesar USD94 juta yang ribuan kali lipat lebih besar dibanding gaji karyawannya rata-rata.

6. Sundar Pichai USD100 juta

Sundar Pichai seorang pria kelahiran India memperoleh gaji USD100 juta per bulan. Dia bertanggung jawab atas brand seperti Alphabet dan Google. Hal ini dia capai atas kinerjanya di perusahaan Google. Google bahkan membagikan dividen yang nilainya dua kali lipat lebih besar dari total gajinya tahun lalu.

7. Patrick Soon-Shiong USD147 juta

Patrick Soon-Shiong merupakan CEO dari perusahaan bio-teknologi terkemuka di dunia. Patrick merupakan dokter ahli bedah, profesor, sekaligus filantropis ini berhasil menduduki posisi tertinggi dalam daftar CEO dengan gaji fantastis. Patrick merupakan warga Amerika Serikat, keturunan Tionghoa, yang lahir di negara Afrika Selatan.

Itulah tujuh nama CEO dengan bayaran paling tinggi tahun lalu yang bisa membuatmu termotivasi meraih cita-cita dan berjuang menjadi orang sukses. Siapa tahu di masa mendatang, kamulah yang akan masuk dalam daftar CEO bergaji fantastis dan CEO asal Indonesia pertama di perusahaan internasional.

Bacaan menarik lainnya:

Wallach, E.J. (1983), “Individuals and Organizations: The Cultural Match”, Training and development journal, February, 29-36.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait