Bisnis & Kerja Sampingan

6 Tips Buka Bisnis Travel Online

bisnis travel online

Ajaib.co.id – Saat ini, bisnis travel online lebih mudah untuk dimulai dengan mengandalkan koneksi internet, tetapi ada persaingan ketat yang harus dilihat dan dipelajari. Banyak perusahaan mapan dan pendatang baru adalah pesaing langsung kamu di bidang ini.  Jadi, untuk memulai bisnis perjalanan online, kamu harus membahas semua aspek penting secara cerdik dan strategis. 

Industri tur dan perjalanan tumbuh dengan cepat dan, pada kenyataannya, menjadi salah satu peluang bisnis terbesar di dunia. Industri ini luas dan melibatkan bisnis langsung dan tidak langsung seperti transportasi, akomodasi, dan hiburan.

Ada ruang lingkup yang luas untuk pertumbuhan bisnis travel online startup, karena permintaan yang semakin meningkat untuk layanan dari para wisatawan dan pelancong. Ini adalah salah satu bisnis yang dapat dijalankan dengan sukses secara online, bahkan dari rumah. Tidak perlu mendirikan kantor bertingkat dan mewah yang membutuhkan dana besar dan sumber daya mahal lainnya.

Bisnis travel online dapat diatur dan dijalankan langsung dari rumah kamu. Kamu bisa mulai dengan modal awal yang sedikit. Kamu dapat memulai bisnis sendiri pada awalnya tanpa bantuan ahli atau profesional. Kemudian, seiring pertumbuhan perusahaan, kamu akan merekrut karyawan untuk mengatasi meningkatnya permintaan dari pelanggan.

Inilah 6 tips berguna untuk membantu kamu dalam mendirikan bisnis travel online dengan sukses:

1. Rencanakan Semuanya

Jika kamu tertarik untuk mendirikan bisnis perjalanan online, rencanakan setiap aspeknya terlebih dahulu. Jangan memulai sesuatu dengan tergesa-gesa karena dapat berakhir dengan nominal atau biaya mahal dalam banyak hal. Jangan lupa bahwa ada banyak bisnis yang terkait dengan destinasi wisata dan perjalanan di pasar, membuat persaingan yang semakin ketat.

Jadi, perencanaan akan sangat tergantung pada jenis bisnis yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu ingin menjadi agen perjalanan berbasis rumah, kamu akan mencari sebuah perusahaan agen perjalanan sebagai induk. Agensi akan membantu kamu sebagai pebisnis independen. Untuk bisnis seperti itu, kamu perlu mengadopsi pendekatan perencanaan langsung.

Di sisi lain, jika kamu ingin melakukan pendekatan langkah demi langkah untuk naik secara bertahap dari satu tahap ke tahap lainnya, maka perencanaan akan menjadi proses yang panjang. Pendekatan kamu harus fleksibel untuk mengakomodasi perkembangan baru di industri perjalanan.

Sebuah rencana bisnis yang dibuat dengan baik sebelum memulai bisnis online akan menjadi kekuatan penuntun kamu. Ini tidak akan membiarkan kamu mengalihkan banyak perhatian dari jalur yang ditetapkan. Ini membantu dalam mengelola sumber daya kamu yang terbatas.

2. Kenalilah Pasar Bisnis Travel Online

Sudah ada banyak agen perjalanan dan bisnis terkait yang beroperasi di wilayah tertentu. Mereka telah meraih cukup banyak pangsa pasar karena pemasaran mereka yang agresif. Jadi, bagaimana kamu akan memikat pelanggan untuk bisnis perjalanan baru kamu?

Untuk memulai bisnis travel, kamu harus melakukan segalanya untuk menonjol dari kompetisi. Cara sempurna untuk memastikan ini adalah dengan menawarkan layanan yang sangat unik dari agen yang menyediakan kepada para wisatawan. Tapi apa layanan unik ini? Kamu harus mengetahuinya. 

Dengan kata lain, kamu harus tahu pasar kamu dengan baik untuk bersaing secara efisien di pasar tertentu.

Salah satu ide terbaik untuk mengetahui pasar kamu adalah untuk mendapatkan pengalaman langsung dari pasar. Kamu harus berinteraksi dengan para pelancong dan wisatawan untuk mengetahui masalah baru apa yang sedang mereka hadapi saat ini. Jika kamu dapat mengidentifikasi masalah atau masalah ini, kamu harus mencoba untuk keluar dengan solusi yang tepat. 

3. Gunakan Agensi Host

Ketika berbisnis travel online, terutama agen perjalanan, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan perusahaan agen perjalanan. Sebagian besar agen independen memilih untuk melakukannya dengan agen host. Yang lain ingin melakukannya sendiri ketika mereka berencana untuk memulai agen perjalanan mereka sendiri.

Jika kamu adalah agen baru, disarankan untuk menggunakan agen host. Agen host bermanfaat ketika kamu mencari biaya awal yang rendah dan komisi tinggi. Kamu juga akan mendapatkan dukungan administratif dari agensi. Tetapi jika kamu adalah agen berpengalaman yang telah membangun hubungan dengan para profesional, maka kamu dapat memilih untuk melakukannya sendiri.

4. Tentukan Sumber Daya Pendanaan Kamu

Hal penting lain yang perlu diingat ketika merencanakan bisnis tour online kamu adalah pendanaan. Di mana kamu akan mendapatkan dana untuk menjalankan biro perjalanan kamu? Persyaratan keuangan akan tergantung terutama pada jenis agensi atau bisnis perjalanan yang ingin kamu jalankan. 

Agen batu bata dan mortir akan membutuhkan pinjaman yang lebih besar dari bank. Tetapi agen online dapat dijalankan dengan persyaratan dana yang lebih kecil karena biaya overhead yang rendah.

Namun, dalam kedua kasus tersebut, ketahuilah bagaimana kamu akan memperoleh dana. Kamu memerlukan bantuan keuangan untuk membuat dan merancang materi pemasaran seperti desain situs web profesional, pemasaran media sosial, dan lain-lain.

Jadi, opsi pendanaan apa yang akan kamu cari? Kamu dapat mencari berbagai sumber pendanaan mulai dari pinjaman pribadi hingga investasi dari seseorang, dan pendanaan modal ventura. Kamu juga punya peluang lebih besar untuk meminjam uang dari orang tua, kerabat, atau teman untuk melakukan bisnis selama hari-hari awal pendirian perusahaan. Ingatlah bahwa arus kas yang konsisten sangat penting untuk memenuhi beberapa pengeluaran yang tidak terduga.

Tetapi pastikan kamu membawa rencana bisnis yang telah dipikirkan matang-matang kepada pemberi pinjaman. Mereka akan mengevaluasi prospek bisnis kamu sebelum memutuskan jumlah pinjaman.

5. Buat Strategi Branding

Setelah kamu mengetahui ceruk pasar kamu dengan baik dan memiliki strategi pendanaan, penting bagi kamu untuk memikirkan menciptakan citra merek. Ini sangat penting karena industri perjalanan yang kompetitif. Bisnis kamu harus menonjol. 

Branding adalah semua tentang bagaimana kamu ingin membuat pelanggan kamu merasa nyaman tentang citra merek perjalanan kamu. Bagaimana seharusnya mereka berpikir ketika mereka mengunjungi ke situs web kamu untuk mencari layanan terkait perjalanan? Jawab pertanyaan ini dengan tepat. Kamu harus memberi mereka visi spesifik untuk merek kamu.

Kamu harus dapat memberi pelanggan kamu alasan penting untuk menggunakan layanan kamu dan tidak hanya memesan perjalanan dari situs web kamu. 

Cara hebat lain untuk memiliki citra merek yang sangat baik adalah logo. Desain logo agen perjalanan kamu harus unik sehingga menonjol dari banyak logo bisnis serupa lainnya. Target pasar kamu akan melihat logo kamu di mana-mana di iklan, brosur, situs web, dll. Jadi, pastikan itu adalah simbol bisnis kamu yang mengesankan.

6. Rekrut Karyawan

Bisnis dengan sistem online membutuhkan layanan dari beberapa profesional. Para profesional ini sangat penting untuk melakukan banyak pekerjaan mendasar untuk menjalankan agensi kamu dengan lancar dan sukses. 

Misalnya, kamu akan memerlukan perancang situs web yang dapat merancang situs web travelling sesuai kebutuhan kamu. Kamu juga akan memerlukan layanan desain grafis terbaik dari para profesional berpengalaman yang dapat membuat logo, brosur, dll. Materi untuk promosi bisnis.

Tetapi pastikan bahwa kamu memiliki tenaga kerja online yang kuat karena hal tersebut sangat penting untuk menjalankan bisnis pariwisata. Kamu juga akan menyewa ahli perangkat lunak berteknologi tinggi untuk mendapatkan pengalaman bebas gangguan bagi pelanggan kamu ketika mereka mengunjungi bisnis online kamu. Para profesional ini juga akan menyelesaikan gangguan teknis apa pun yang mungkin kamu alami.

Itu dia enam tips yang dapat kamu gunakan untuk membuka bisnis travel online, memastikan semuanya bekerja baik dan stabil adalah hal penting saat pertama kali membuka bisnis di industri pariwisata ini.

Artikel Terkait