5 Faktor Utama yang Memengaruhi Harga Emas London

5 Faktor Utama yang Memengaruhi Harga Emas London
5 Faktor Utama yang Memengaruhi Harga Emas London

Selain emas Logam Mulia yang diproduksi oleh Antam, ada pula jenis emas yang asalnya dari luar negeri atau biasa disebut emas london. Cara untuk mengenali emas london tidak sulit, karena pada setiap batangnya tertera cap dari perusahaan yang memproduksinya. Namun, sekarang kita juga bisa mendapatkan emas london yang diproduksi Antam.

Banyak masyarakat Indonesia melirik emas london untuk investasi. Karena harga emas london ini cenderung stabil dan di saat-saat tertentu harganya bisa naik terus menerus. Bentuk emas london ini bukan berupa perhiasan tetapi emas batangan.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi jenis emas london, sebaiknya perlu mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi harga emas london. Berikut lima faktor utamanya.

Kondisi Ekonomi

Harga jual beli emas sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi terkini. Suatu negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik akan mendongkrak taraf hidup dan kesejahteraan masyarakatnya sehingga permintaan emas akan cenderung meningkat. Kendati demikian, situasi ekonomi tidak lepas dari kebijakan pemerintah masing-masing negara.

Selain itu, inflasi dan devaluasi juga bisa berdampak pada harga emas. Biasanya beberapa investor akan membeli emas di saat harga uang kertas sedang turun.

Nilai Tukar Dolar Amerika

Nilai tukar mata uang dolar AS terhadap rupiah juga dapat memengaruhi laju perubahan harga emas london. Oleh karena itu, sangat penting bagi para investor emas agar selalu memperhatikan setiap pergerakan kurs rupiah terhadap USD.

Ketika dolar sedang menguat, maka harga emas akan melemah dan begitu juga sebaliknya. Kenapa begitu? Karena dolar merupakan mata uang yang paling dominan di pasaran global. Jika kamu tertarik menjadikan emas sebagai pilihan investasi, maka kamu harus belajar banyak mengenai mata uang dolar AS. Jika pengetahuanmu semakin luas, hal tersebut akan menjadi pondasi yang kuat untuk mengambil keputusan saat berinvestasi emas london.

Situasi Politik Terkini

Situasi politik sudah tidak dapat dipungkiri bisa memengaruhi seluruh nilai saham dan emas, termasuk harga emas london. Contohnya ketika Donald Trump dinyatakan menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat yang baru. Kemenangan tersebut membawa dampak pada lemahnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah.

Permintaan Pasar

Selain itu, harga emas london dapat dipengaruhi dari permintaan pasar. Biasanya harga emas mulai naik pada saat peringatan hari raya seperti Idulfitri, Natal, maupun Tahun Baru Cina.

Makin tinggi permintaan, maka harga emas semakin mahal. Tidak hanya berbentuk batangan, permintaan perhiasan juga cukup tinggi ketika hari raya. Meskipun kenaikan harga tersebut hanya momen sesaat saja, tapi kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan.

Produksi Emas

Produksi emas dunia bisa memberi pengaruh terhadap harga emas. Lahan emas yang semakin sedikit untuk ditambang berdampak pada mahalnya harga logam mulia yang satu ini. Termasuk biaya produksinya juga membawa pengaruh pada harga emas. Jadi jangan heran jika perhiasan lebih mahal daripada emas batangan. Sebab pada perhiasan terdapat biaya tambahan yang tidak ada ada pada emas batangan.

Di Indonesia, emas london tidak terlalu populer. Kebanyakan investor dan masyarakat di negeri kita memilih membeli emas Antam. Karena emas Antam memiliki sertifikat resmi negara, sedangkan emas london tidak bersetifikat. Lalu harga emas london yang lebih rendah jadi alasan lebih memilih emas Antam.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait