5 Fakta Keuangan Utama yang Masih Dipertanyakan

5 Fakta Keuangan Utama yang Masih Dipertanyakan
5 Fakta Keuangan Utama yang Masih Dipertanyakan

Ketika datang ke pertanyaan keuangan, orang biasanya bingung tentang beberapa hal seperti, Apa yang dianggap sebagai “aset”?, Apakah tabungan pensiun sebenarnya bebas pajak? Apa yang lebih penting — menabung atau berinvestasi? Apakah menyewa (atau membeli) adalah pemborosan uang? Banyak sekali pertanyaan yang sering terlintas di benak kita yang mulai peka terhadap keuangan. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah beberapa fakta keuangan dan jawaban untuk kamu yang masih bingung dengan pertanyaan di atas.

Apa yang dianggap sebagai “aset”?

Orang keuangan selalu berbicara tentang “aset”, tetapi ini bisa menjadi istilah yang membingungkan. Sederhananya, aset adalah apa pun yang kamu miliki yang memiliki nilai. Ini bisa jadi lemari es, koleksi, mobil, rumah, dan sebagainya.

Tetapi hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa aset kamu hanya memiliki nilai jika kamu menjualnya secara tunai. Investor fokus pada memiliki aset yang akan membuat mereka lebih banyak uang di masa depan karena mereka akan meningkatkan nilainya. Ini adalah cara yang bagus untuk melihat situasi karena menempatkan kamu dalam mindset berkembang.

Apakah tabungan pensiun yang terdaftar itu bebas pajak?

Uang yang kamu masukkan ke rekening tabungan pensiun tidak dikenakan pajak selama tahun-tahun kerja kamu. Ketika kamu mulai memberikan kontribusi, uang kamu tidak dikenai pajak. Perpajakan terjadi ketika kamu pensiun dan menarik uang dari akun. Jadi, pada dasarnya, ini lebih seperti rekening tabungan pajak yang tertunda. Meskipun ini tidak sepenuhnya “bebas pajak” Segunung penelitian menunjukkan bahwa semakin awal kamu mulai menabung, semakin banyak kamu dapat menabung dan semakin sedikit kamu harus menyisihkan setiap bulan di kemudian hari.

Apa yang lebih penting — menabung atau berinvestasi?

Jawabannya adalah menabung dan berinvestasi adalah cara terbaik untuk membantu kamu mencapai tujuan yang berbeda. Menabung sangat cocok untuk tujuan jangka pendek seperti merencanakan liburan atau menyisihkan dana jika terjadi keadaan darurat. Memiliki dana darurat sangat penting karena mempersiapkan kamu untuk menghadapi kejutan yang tidak menyenangkan (seperti mobil kamu rusak). Menyisihkan uang di rekening tabungan memberi kamu akses langsung ke uang saat kamu membutuhkannya.

Berinvestasi dapat membantu kamu mencapai tujuan utama, setidaknya empat atau lima tahun lagi, seperti menabung untuk gelar sarjana anak kamu atau membeli rumah. Menginvestasikan uang kamu dapat membuatnya tumbuh lebih cepat dalam waktu yang lebih singkat daripada jika kamu menaruhnya di rekening tabungan.

Apakah menyewa (atau membeli) membuang-buang uang?

Plang real estate akan memberi tahu kamu bahwa lebih baik membayar sendiri daripada menyalurkan uang kamu ke saku pemilik rumah. Ini mungkin benar sampai batas tertentu, tetapi hanya jika kamu membeli properti dengan bijak.

Masalah utama hari ini adalah bahwa orang melihat membeli rumah sebagai aset yang akan tumbuh nilainya. Namun, secara historis, nilai real estat perumahan telah meningkat cukup banyak sejalan dengan inflasi. Ini berarti rumah kamu akan bernilai sama dalam 20 tahun seperti ketika kamu membelinya!

Ketika kamu menambahkan biaya pemeliharaan tahunan, untuk membeli tempat kamu sendiri mulai tampak seperti pertaruhan yang cukup besar. Penyewa tidak perlu khawatir tentang hal-hal ini, dan mungkin membayar lebih sedikit uang per bulan untuk pemeliharaan.

Namun, kamu dapat membeli rumah dengan bijak. Jika kamu menemukan rumah dan  melakukan pembayaran minimum untuk 30 tahun ke depan, maka rumah atau kondominium itu berada di luar kisaran harga kamu.

Itulah fakta-fakta keuangan yang sering dipertanyakan oleh orang-orang yang baru mulai tertarik untuk mengelola keuangannya dengan benar. Nah, bagi kamu yang mulai peka, cobalah mulai mempelajari keuangan secara sederhana sebelum melakukan transaksi keuangan. Misalnya, cek terlebih dulu suku bunga sebelum melakukan utang piutang, ini bisa membantu untuk menghindari kegagalan dalam kegiatan utang. Selain itu, untuk mengginakan kartu kredit dalam transaksi sehari-hari, cobalah belajar lebih bijak.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait