5 Cara Membuat PowerPoint Menarik dan Mudah Dipahami

powerpoint menarik
powerpoint menarik

Ingin membuat powerpoint menarik tetapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan membagikannya dalam ulasan berikut ini.

Microsoft Powerpoint merupakan sebuah aplikasi paket dengan Microsoft Office yang mana ini sering digunakan untuk membuat persentasi agar pemaparan tidak menjadi membosankan karena memiliki visual yang menarik.

Lalu, bagaimana untuk membuat visual powerpoint menarik dan tidak membosankan, nah kamu tentunya harus menetahui beberapa tips penting. Dalam melakukan sebuah presentasi maka kamu bisa memperoleh pengalaman yang berbeda dengan bentuk visualisasi power poin yang menarik.

Dengan bentuk keberhasilan presentasi ini tentunya akan sangat bergantung pada kemampuan pembicara melibatkan audience. Disamping itu, kamu tidak boleh meremehkan pentingnya slide dalam melakukan presentasi.

Dengan Slide presentasi yang terlihat buruk akan mengalihkan perhatian audiens dan ini tentunya akan melemahkan kredibilitas kamu sebagai seorang pembicara.

Maka dari itu, sangat diperlukan beragam cara yang bisa membantu kamu dalam membuat slide powerpoint yang tentunya tak hanya menarik namun juga memiliki fungsi bagi para audience kamu. Saat kamu mulai belajar powerpoint menarik atau software presentasi lainnya.

Adapun lima tips yang bisa kamu lakukan dalam membuar persentasi powerpoint menarik audience, antara lain :

Memiliki Kerangka yang Jelas

Adapun hal yang perlu kamu lakukan dalam membuat persentasi adalah dengan memiliki kerangka penting seperti membuat persentasi dari awalan, tengah, dan akhir yang solid. kamu bisa memulai presentasi kamu dengan skenario atau pertanyaan yang menarik perhatian.

Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan dengan menawarkan ringkasan ppt tentang apa saja yang disajikan dalam presentasi tersebut. Lalu, hal penting lainnya adalah jangan lupa untuk mengakhiri presentasi dengan ajakan untuk bertindak dan meminta audiens mengikuti apa yang telah dikatakan.

Menggunakan Desain yang Sederhana

Dengan menggunakan slide yang sederhana maka audience kamu akan semakin udah dalam emmahami konsep persentasi kamu. Perlu kamu ketahui bahwa tak ada yang lebih mengganggu daripada bentuk slide yang terlalu banyak desain, warna mencolok, dan teks yang berlebihan.

Jika kamu ingin persentasi kamu dimengerti oleh audience, maka kamu harus menggunakan konsep sederhana yakni dengan menggunakan warna maksimal 3 dan menggunakan latar belakang dengan menggunakan warna putih atau netral. Selain itu kamu juga bisa menggunakan font yang sederhana dan jangan terlalu banyak desain yang membingungkan.

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Bentuk Teks

Ada baiknya kamu cukup menggunakan satu jenis teks dalam slide kamu yang mana ini akan membuat Audience kamu akan lebih fokus dalam emndengarkan persentasi kamu. Ini dinilai cukup penting mengingat bentuk font perlu dipahami oleh audience dan menarik minat audience untuk membaca.

Apabila kamu memberikan semua informasi pada powerpoint di depan audience kamu, maka audiens akan cenderung fokus pada monitor / proyektor daripada apa yang sedang kamu katakan.

Dengan begitu, untuk membuat powerpoint menarik, ANda hanya cukup menggunakan beberapa kata kunci dan penjelasan di dalam presentasi kamu. Dengan cara tersebut, maka audiens kamu akan cenderung lebih memperhatikan apa yang sedang disampaikan.

Menggunakan Gambar Sebagai Fokus Utama

Bentuk dari presentasi yang paling menarik adalah dengan menambahkan kemampuan kamu untuk menggunakan gambar yang bagus dan berkualitas baik. kamu bisa mulai mencari gambar yang mencerminkan tema yang sedang dibahas dan nada yang akan kamu sampaikan.

Jika kamu bingung, mungkin kamu bisa melakukan presentasi agar menjadi lebih produktif, maka gambar yang bisa digunakan adalah gambar yang menginspirasi dan membawa kebahagiaan para audiens.

Menggunakan Grafik yang Menarik

Cara selanjutnya agar powerpoint menarik adalah dengan memberikan bentuk tampilan yang mengandung banyak informasi dalam satu frame. Iini bisa kamu tampilkan dalam bentuk bagan ataupun grafik.

Bbagan atau grafik umumnya bisa membantu kamu untuk menyampaikan tren yang terjadi. Misalnya saja tentang turun dan naikknya pendapatan perusahaan , produktivitas kerja dan lain sebagainya,

Denfan menerapkan teknik dasar ini tentunyabentuk powerpoint menarik untuk presentasi kamu bisa dipahami oleh audience.

Nah itulah penjelasan dan tips untuk membuat powerpoint menarik dan beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait