Rumah Tangga Masa Kini

4 Cara Berhemat yang Bisa Kamu Lakukan Sehari-hari

4 Cara Berhemat yang Bisa Kamu Lakukan Sehari-hari

Kamu mungkin sudah mengetahui beberapa dasar-dasarnya – seperti bagaimana membuat kopi sendiri atau membawa makan siang ke tempat kerja dapat menghemat jutaan rupiah setahun. Jika kamu melakukan itu, tetap pertahankan! Tetapi mari kita lihat beberapa cara berhemat yang bisa kamu lakukan untuk menekan pengeluaran sehari-hari, dan bagaimana beberapa keputusan sederhana yang kamu buat setiap hari dapat membantu kamu menghemat uang.

Supermarket adalah tempat yang tepat untuk memulai karena ada banyak cara mudah untuk mengurangi tagihan belanja kamu. Kamu mungkin sudah melakukan hal-hal seperti: membuat daftar untuk mengurangi pembelian impulsif, memotong kupon atau menggunakan aplikasi untuk menemukan penawaran, dan bahkan melihat harga per unit untuk membantu kamu mendapatkan penawaran yang terbaik.

Tetapi ada lebih banyak cara yang bisa kamu hemat. Misalnya, ketika kamu melihat penjualan atau diskon, bersikaplah strategis dan tenang.

Penjualan dan diskon bisa menjadi peluang besar untuk menghemat hal-hal yang kamu butuhkan, tetapi toko sering menawarkan insentif untuk barang-barang yang biasanya tidak banyak orang dapatkan. Salah satu cara untuk berhemat adalah coba memilih secara selektif ketika mempertimbangkan diskon yang mungkin ditawarkan.

Dan sementara kamu mempertimbangkan prioritas– membelanjakan apa yang penting, jangan belanjakan apa yang tidak terlalu penting:

Misalnya, bagi sebagian orang, hal-hal seperti makanan organik atau merek favorit mungkin penting bagi kamu, bagi orang lain yang penting mungkin berbeda. Intinya adalah bahwa mungkin ada gunanya menghabiskan sedikit lebih banyak untuk barang-barang yang kamu pedulikan. Tetapi mencari cara untuk menghemat hal-hal yang kurang penting bagi kamu untuk membuat kamu tetap pada anggaran yang tepat.

Melakukan trade-off sederhana seperti ini dapat membantu kamu menghemat uang tanpa melepaskan apa yang penting.

Akhirnya, bahkan sebelum kamu membuat daftar belanja, pertimbangkan kebiasaan makan dan memasak kamu yang sebenarnya. Ide yang bagus adalah merencanakan makanan kamu sebelumnya atau tantang diri kamu untuk makan setidaknya satu kali makan di rumah setiap minggu. Ini dapat membantu mencegah kamu membuang-buang bahan makanan yang tidak kamu makan, atau memesan untuk dibawa pulang karena kamu tidak membeli cukup makanan selama seminggu. Ini dapat menghemat ratusan ribu setiap bulan.

Menyimpan uang tidak harus berarti mengorbankan kesenangan.

Membutuhkan waktu untuk mencari tahu di mana kamu menghabiskan uang dan apa yang kamu ingin kurangi dari pengeluaran. Kamu tidak perlu harus melakukan perhitungan pada setiap keputusan yang kamu buat — tetapi menyadari ke mana uang kamu pergi dan bagaimana pertukaran sederhana di sini atau di sana dapat bertambah dalam jangka panjang dapat membantu kamu menjadi kreatif dan menemukan kamu cara sendiri untuk memangkas biaya setiap hari. Jadi, tetaplah bersenang-senang dalam menyusun anggaranmu dan meneleti pengeluaranmu.

Itulah beberapa cara berhemat yang bisa kamu lakukan untuk hidup hemat, Nah buat kamu yang sulit menabung dan gampang terpikat dengan barang-barang tidak penting, cara menghemat uang yang bisa kamu lakukan adalah mulai dengan membawa uang secukupnya. Misalnya, ketika ingin belanja ke pasar, bawalah uang Rp 200 ribuan arau cukup Rp 100 ribuan. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol pos pengeluaran lebih baik. Kamu juga bisa mulai membuka rekening tabungan atau efek untuk menabung dengan benar-benar. Cobalah untuk kurangi gaya hidup yang hedon juga. Biasanya ini sering terjadi oleh anak muda yang sering menghabiskan waktu untuk mengobrol.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait