Ekonomi

4 Macam Lembaga Bantuan Pelunasan Utang di Indonesia

Lembaga Bantuan Pelunasan Utang

Ajaib.co.id – Lembaga bantuan pelunasan utang merupakan sebuah tempat di mana seseorang bisa berkonsultasi untuk mendapatkan bantuan untuk program keringanan utang. Hal ini bertujuan untuk menyelamatkan nama baik dan tidak sampai dikejar-kejar debt collector, bahkan berurusan dengan pihak kepolisian.

Bila kamu tidak mengurus hal ini secepat mungkin, namamu bisa tercantum ke dalam Daftar Hitam Nasional (DHN). Daftar ini berisikan nama-nama orang yang terlibat dengan kasus utang berkepanjangan yang ada di Bank Indonesia agar orang-orang tersebut tidak bisa mengakses layanan keuangan seperti cek dan/ atau bilyet giro. Umumnya, hal ini dikarenakan kamu adalah nasabah di suatu bank yang memiliki rekam jejak kredit yang sangat buruk misalnya terjadi gagal bayar kredit.

Untuk membantu kamu dalam menyelesaikan masalah utang yang menjeratmu, kamu bisa meminta bantuan dari lembaga bantuan pelunasan utang yang akan membantu kamu untuk mencari solusi supaya dapat melunasi pinjaman offline dan pinjaman secara online. Pastinya ini sangat membantu kamu yang sedang terlilit utang.

Lembaga Bantuan Pelunasan Utang

1. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)

YLKI adalah lembaga pengaduan untuk konsumen untuk berbagai industri. Salah satu yang bisa dilakukan yakni menyangkut persoalan utang yang sering melanda para nasabah bank. Untuk bisa mengajukan permohonan bantuan kepada YLKI, kamu perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu melalui website mereka YLKI.or.id.

Biasanya hal yang sering diadukan ke YLKI adalah menyangkut hak konsumen. Bila dalam hal keuangan mungkin kamu pernah mendapatkan teror dari debt collector dengan gaya bicara yang tidak sopan dan melakukan intimidasi. Hal ini bisa kamu langsung adukan ke lembaga ini.

Badan YLKI bisa membantu kamu dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi dan memfasilitasi antara kamu dan pihak bank misalnya. Untuk mendapatkan solusi terbaik atau jalan tengah untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Laporan pengaduan ke YLKI biasanya akan diproses dan ditindaklanjuti paling lama 21 hari setelah laporan pengaduan sudah dianggap lengkap. Untuk perlindungan data pribadi yang kamu berikan, pihak YLKI menjamin bahwa data tersebut akan tersimpan aman di database milik mereka dan tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga.

2. Amalan

Amalan adalah lembaga bantuan pelunasan utang yang bertujuan untuk mengatasi masalah utang hingga 70%. Lembaga bantuan utang ini memiliki pengalaman dalam menangani berbagai kasus yang terjadi pada kartu kredit, KPR, KTA dan KMG.

Bila kamu ingin mendapatkan bantuan dari Amalan, kamu perlu mendaftarkan dirimu terlebih dahulu lewat situs mereka. Di mana, dalam proses bantuan penyelesaian utang tersebut, kamu harus melewati beberapa tahapan. Mulai dari pendaftaran, konsultasi gratis, cicil dana pelunasan, negosiasi keringanan dan pelunasan utang.

Transparansi dalam bentuk bantuan oleh Amalan ditunjukan dengan biaya pelunasan utang pada tahapan terakhir. Pastinya setelah pihak Amalan bertujuan untuk memberikan mediasi antara kamu dan pihak yang bersangkutan telah menyepakati besaran biaya yang akan dilunasi dari utang pokok beserta bunganya.

3. Bank Indonesia

Sebagai bank sentral Indonesia, Bank Indonesia tidak akan begitu saja tinggal diam dengan sengketa yang terjadi antara bank dan nasabah. Di mana, Bank Indonesia bisa memberikan bantuan secara gratis bagi kamu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Walaupun pada dasarnya kamu bisa langsung datang ke bank bersangkutan, untuk melakukan negosiasi penyelesaian sengketa tersebut. Tetapi, bila kamu meminta bantuan kepada Bank Indonesia untuk membantumu menyelesaikan masalah utang dengan bank, kamu akan mendapatkan tiga hal kemudahan.

Pertama adalah bantuan dari Bank Indonesia bersifat gratis. Kemudian, perjanjian mediasi yang diberikan oleh Bank Indonesia adalah maksimal 60 hari kerja sejak pihak bank menyampaikan masalah ini kepada nasabah. Proses mediasi yang dilakukan secara fleksibel dan informal.

Namun, untuk bisa mendapatkan bantuan mediasi dari Bank Indonesia, kamu perlu memenuhi persyaratan dan kriteria yang sudah ditentukan oleh Bank Indonesia di antaranya nilai utangmu tidak lebih dari Rp500 juta.

Kemudian permasalahan yang kamu ajukan ke Bank Indonesia belum pernah kamu ajukan sebelumnya ke lembaga bantuan pelunasan utang lainnya seperti YLKI dan PMN.

Umur sengketa yang diajukan kepada Bank Indonesia adalah maksimal 60 hari terhitung sejak pihak bank menyampaikan sengketa ini kepada nasabah bersangkutan.

Jika kamu adalah nasabah yang sedang mengalami sengketa masalah terkait utang dengan sebuah bank, dan untuk memenuhi beberapa persyaratan pengajuan mediasi dari Bank Indonesia, kamu bisa menghubungi langsung call center Bank Indonesia lewat (021) 500131 untuk mengetahui mekanisme pengajuan hingga informasi lainnya yang berhubungan dengan bantuan mediasi ini.

Untuk mengurangi beban finansial masyarakat saat ini agar tidak mengalami kredit macet dan gagal bayar, OJK telah menerbitkan kebijakan terkait relaksasi kredit bagi nasabah yang terdampak Covid-19.

Dalam kebijakannya ini, para pemberi pinjaman bisa memberikan keringanan dan penundaan pembayaran kredit maksimal 1 tahun atau berlaku hingga 31 mei 2021. Tetapi, nasabah yang diperbolehkan untuk menerima program relaksasi kredit ini adalah nasabah yang memiliki plafon di bawah Rp10 miliar.

4. Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)

Di era digital seperti saat ini semuanya jadi lebih mudah, terutama ketika ingin mengajukan pinjaman. Meski mudah, ada beberapa orang yang justru terjerat pinjaman online yang merugikan. Ada banyak korban pinjol yang tidak mampu membayar dan akhirnya menerima ancaman dari pihak aplikasi.

Untuk membantu para korban inilah, Baznas aakan membantu membayari utang mereka mulai 2022 nanti. Safarudin, sebagai Ketua Baznas Purwakarta mengatakan bahwa pihak mereka siap membantu para korban pinjol yang termasuk dalam kategori asnaf zakat.

Sesuai yang disebutkan dalam Al Quran Surah At-Taubah ayat 60 seperti fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, gharimin, fisabilillah, dan ibnus sabil. Di mana, si korban ini meminjam uang atas dasar memenuhi kebutuhan hidup yang mendesak.

Hal ini juga disampaikan langsung oleh Noor Achmad selaku Ketua Baznas, jika uang tersebut digunakan untuk mempertahankan kebutuhan sehari-hari, maka Baznas bisa bantu.

Namun, kalau pinjaman tersebut untuk macam-macam seperti barang yang sifatnya konsumtif seperti handphone baru, dan sebagainya. Maka itu tidak bisa dibantu.

Selain itu, korban pinjol yang ingin dibantu untuk melunasi utangnya juga perlu melengkapi dokumen yang sesuai dengan ketentuan Baznas. Hal ini karena Baznas perlu memberikan laporan pertanggung jawaban kepada para pemberi zakat.

Dokumen persyaratan yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut:

  • fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP),
  • fotokopi Kartu Keluarga (KK),
  • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa setempat, serta
  • bukti tagihan utang.

Setelah dokumen lengkap, korban pinjol bisa langsung mengunjungi Baznas wilayah setempat atau hubungi pusat layanan di 0813-1545-0017. Kemudian, tim Baznas akan melakukan survei dan memastikan bahwa orang itu benar-benar perlu dan layak dibantu.

Namun, sebelum membantu, pihak Baznas akan meminta data kepada OJK dan data dari masyarakat umum, juga Kominfo untuk melacak mengenai pinjol tersebut. Meski begitu, bantuan yang diberikan Baznas akan disesuaikan dengan kemampuan Baznas. Di sini, Baznas hanya membantu meringankan beban utang para korban pinjol.

Misalnya, kamu terkena korban pinjol RP10 juta, dan Baznas hanya bisa membantu Rp1-2 juta karena setelah dilakukan survei kamu masih mampu memenuhi kebutuhan hidup karena memiliki usaha atau pekerjaan.

Sedangkan, ada korban pinjol lain yang sama sekali tidak memiliki uang dan pekerjaan. Jadi orang seperti itulah yang akan dibantu untuk melunasi utang pinjol.

Demikianlah lembaga bantuan untuk melunasi utang yang bisa kamu datangi bila kamu mengalami kendala dalam menyelesaikan sengketa utang dengan pihak bank bersangkutan apalagi sudah lewat jatuh tempo.

Perlu diketahui, semua masalah yang terjadi bisa diselesaikan secara baik-baik tanpa adanya pelaporan ke pihak kepolisian yang membuat kedua pihak namanya menjadi tercoreng gara-gara terlibat kasus hukum.

Nah, itulah beberapa lembaga bantuan yang bisa kamu hubungi untuk menyelesaikan masalah pinjaman online maupun offline kamu. Pastikan, sebelum meminjam kamu mengecek apakah lembaga pinjaman tersebut telah memiliki standarisasi dan izin dari lembaga terkait seperti BI atau OJK. Karena ini bisa mengurangi risiko di kemudian hari.

Namun, apapun pinjaman atau utang tentu kurang baik bagi pengelolaan keuanganmu di masa depan. Selain beriiko menumpuk bunga, ini juga berisiko pada keuangan. Akan lebih baik sebelum kamu membutuhkan dana di masa depan, cobalah mulai sekarang berinvestasi. Sehingga, kamu tidak perlu melakukan pinjaman uang di kemudian hari.

Ajaib merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu kamu memulai investasi, kapan dan di mana saja secara online yang dapat mempersiapkan keuanganmu di masa depan. Mulai dari untuk dana darurat, dana pendidikan, dana pensiun, dan masih banyak lagi. Yuk mulai investasi sekarang!

Dapatkan informasi menarik dan edukatif lainnya seputar ekonomi, milenial, teknologi, keuangan, hingga Investasi hanya di website Ajaib. Jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram @ajaib_sekuritas untuk update terbaru lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib sekarang! Untuk investor crypto, Anda juga dapat mendownload aplikasi trading Ajaib Kripto di Play Store dan App Store.

Artikel Terkait