3 Jenis Pembiayaan Syariah Beserta Manfaatnya

3 Jenis Pembiayaan Syariah Beserta Manfaatnya
3 Jenis Pembiayaan Syariah Beserta Manfaatnya

Di zaman globalisasi seperti ini, kamu akan ditawarkan dengan berbagai bentuk hal yang berbau syariah. Ada bank syariah, pasar modal syariah, hingga pembiayaan syariah. Namun, kami sudah tahu atau belum apa itu pembiayaan syariah?

Pembiayaan syariah adalah penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan bagi hasil. Berikut ini adalah jenis-jenis pembiayaan syariah yang bisa digunakan sebagai sumber modal usaha dan keperluan lainnya.

Pembiayaan Modal Kerja Syariah

Pembiayaan ini memiliki periode waktu pendek atau panjang bagi pengusaha yang memerlukan tambahan modal kerja sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Modal kerja ini biasanya diperlukan untuk kebutuhan membayar biaya produksi, memberi material untuk bahan baku, hingga perdagangan barang dan jasa.

Melalui skema jual beli, kamu bisa merasakan manfaat lebih daripada kredit di bank konvensional karena nilai angsuran tetap sampai periode perjanjian berakhir. Kondisi ini juga memudahkan kamu dalam melakukan perencanaan keuangannya. Sedangkan manfaat menggunakan skema bagi hasil adalah mekanisme pembayaran yang fleksibel sesuai dengan keuntungan usaha. 

Pembiayaan Konsumtif Syariah

Pembiayaan jenis ini diperuntukkan bagi kamu yang membutuhkan pembiayaan dengan tujuan di luar usaha dan bersifat perorangan. Berbeda dengan pembiayaan yang bersifat produktif, pembiayaan ini digunakan untuk nasabah yang ingin memenuhi kebutuhan sekunder. 

Jenis akad yang sering digunakan dalam produk ini ada dua yaitu akad murabahah dan akad ijarah. Pada dasarnya, prinsip akad ijarah hampir samadengan prinsip jual beli, perbedaannya hanya terletak pada obyek transaksi.

Dalam akad ijarah, pembiayaan diberikan untuk suatu jasa. Misalnya, fasilitas pembiayaan konsumtif digunakan memenuhi kebutuhan pembelian jasa paket perjalanan umroh. Dalam hal ini, biasanya bank syariah sudah melakukan kerja sama dengan agen travel sesuai dengan prinsip syariah.

Pembiayaan Investasi Syariah

Ini merupakan pembiayaan dengan periode jangka pendek  atau jangka panjang untuk melakukan pembelian barang-barang modal yang dibutuhkan dalam pendirian proyek/usaha baru, ekspansi, relokasi proyek yang sudah ada dan rehabilitasi atau penggantian mesin-mesin pabrik. 

Akad yang biasanya diterapkan dalam jenis pembiayaan investasi syariah adalah akad murabahah dan Ijarah Muntahia Bit Tamlik (IMBT). Salah satu bank yang menyediakan fasilitas ini adalah BCA syariah. Bank ini menawarkan pembiayaan investasi yang bertujuan untuk modernisasi dan ekspansi usaha produktif seperti pembelian tempat usaha atau kendaraan operasional.

Dengan adanya banyak jenis pilihan kontrak dan produk-produknya, kamu bisa memilih jenis pembiayaan syariah yang bermanfaat sesuai kebutuhan. Bagi kamu yang mau berinvestasi syariah, kamu bisa memulainya dengan aplikasi Ajaib. Di sini, kamu bisa memilih beberapa jenis investasi reksa dana, saham, maupun obligasi berdasarkan prinsip syariah dan sesuai dengan syariat islam. Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai investasi tanpa ragu terkena riba sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait