Milenial

11 Makanan Terenak di Dunia, Termasuk Rendang Loh

Ajaib.co.id – Tak hanya membuat kenyang, makanan adalah gaya hidup yang menghidupi. Selain itu, makanan juga jadi pemersatu manusia karena mampu membuat suasana hangat, terlepas perbedaan yang ada di dalam suatu ruangan atau meja makan.

Makanan juga jadi salah satu motivasi orang untuk keliling dunia dan mencoba berbagai makanan yang ada di berbagai negara. 

Apa saja makanan terenak di dunia? Redaksi Ajaib merangkum daftarnya berdasarkan referensi dari media kelas dunia CNN. Jangan lupa catat dan siap-siap untuk mencoba makanan ini jika berkesempatan datang ke negara asalnya ya! 

11. Rendang dari Indonesia

Rendang adalah makanan khas Indonesia, selain nasi goreng. Rendang konsisten selalu masuk daftar jajaran makanan terenak di dunia dari CNN. Hingga tahun lalu, posisinya belum tergeser.

Bahkan akhir-akhir ini koki kelas dunia Gordon Ramsay belajar memasak rendang di Sumatera Barat bersama William Wongso, koki yang terkenal dengan julukan diplomat rendang. 

Rendang adalah masakan tradisional dari Minangkabau yang memadukan daging sapi, santan, kelapa, dan rempah-rempah lainnya untuk dimasak dalam waktu yang sangat lama.

Bukan sembarang makanan, rendang adalah jenis masakan tahan lama yang bisa menjadi penyelamat saat bencana datang, hingga disajikan dalam acara-acara penting sebagai wujud martabat orang Minang. 

10. Chicken Muamba dari Gabon 

Chicken Muamba
allrecipes.com

Chicken muamba adalah masakan yang memadukan ayam, cabai pedas, bawang, tomat, lada, garam, okra, mentega sawit, dan mentega Afrika yang dideskripsikan memiliki cita rasa gurih dan nikmat. 

9. Ice Cream dari Global

Ice Cream

Siapa yang tidak tahu es krim? Makanan ini begitu dicintai sebagai makanan penutup yang mampu membuat pengalaman makan lengkap.

Jarang sekali ada es krim yang tidak enak. Apapun rasanya, cokelat, cokelat kacang, vanilla, ataupun stroberi, semuanya bisa memberikan kebahagiaan. 

8. Tom Yam dari Thailand

asiahighlights.com

Tak hanya jadi makanan terenak, tom yam atau tom yum juga layak disebut sebagai makanan terpopuler. Makanan asal Thailand ini enak disajikan panas karena mampu memberikan sensasi rasa gurih, rasa pedas, sekaligus asam di lidah.

Berbagai rempah dipadukan untuk mendapatkan cita rasa tom yam yang khas, seperti serai, daun jeruk, jus lemon, saus ikan, galangal, dan gerusan cabai merah. Saking banyaknya yang cinta tom yam, makanan ini bisa ditemukan di hampir seluruh penjuru dunia. 

7. Asam Laksa Penang dari Malaysia

rotinrice.com

Coba bayangkan perpaduan ikan kembung dicampur potongan ketimun, bawang, cabai merah, nanas, selada, daun mint, dan daun kesum disiram kuah panas yang terbuat dari asam, dimakan sore-sore saat hujan?

Hmm, itulah sensasi yang bisa kamu rasakan kalau makan masakan asal Penang ini. Biasanya, asam laksa disajikan bersama mi dan petis udang sebagai pelengkap. 

6. Hamburger dari Jerman 

Hamburger
bbc.com

Bukan, bukan hamburger dari salah satu restoran cepat saji. Hamburger pertama kali ditemukan di kota Hamburg, Jerman yang pada abad ke-19 dikenal sebagai produsen daging sapi berkualitas tinggi.

Mereka biasa memasak daging sapi yang dikenal dengan nama Hamburg Steak ini menjadi patty. Yakniolahan daging sapi yang dipotong dan dibumbui lalu dipanggang atau digoreng untuk disajikan, hanya daging tanpa roti.  

Revolusi industri mengubah kebiasaan makan Hamburg karena para pekerja pabrik kesulitan makan makanan ini sambil berdiri. Patty kemudian ditaruh di tengah dua irisan roti sehingga muncullah Hamburg Sandwich, yang bentuknya pasti kamu kenali di masa sekarang.

5. Bebek Peking dari Tiongkok 

chinawayz.com

Bebek Peking menjadi salah satu makanan terenak yang berasal dari Beijing. Bahan utamanya bebek, tentunya. Perbedaan Bebek Peking dari olahan bebek lainnya adalah sejarahnya yang sangat panjang.

Asal usul makanan ini dari Dinasti Ming, sekitar 600 tahun lalu yang dimasak oleh koki terbaik dari seluruh negeri, dipersembahkan untuk kaisar.  

Proses memasak bebek peking terbilang unik. Karena koki harus memasukkan udara ke dalam bebek untuk memisahkan kulit dengan lemaknya.

Setelah itu, bebek dikeringkan dengan cara digantung. Lalu dipanggang hingga tercipta tekstur kering di luar namun lembut di dalam.

Cara makan aslinya juga terbilang unik. Bebek yang sudah matang diiris menjadi 120 potongan dan dimakan bersama panekuk, irisan timun, dan disajikan dengan berbagai jenis saus. Mewah!

4. Sushi dari Jepang 

matcha-jp.com

Sushi adalah makanan terenak ciri khas Jepang yang memadukan keindahan yang tak terlupakan. Sushi di negara asalnya dibuat oleh para ahli yang tahu betul bagaimana tiap gigitannya bisa indah dipandang, enak dimakan, dan adiktif.

Walau kini dikenal sebagai makanan mewah, awalnya Sushi merupakan camilan murah yang dimakan menggunakan tangan sambil nonton pertunjukan teater, loh! 

3. Cokelat dari Meksiko

epicurious.com

Cokelat adalah makanan terenak berikutnya yang juga punya sejarah panjang, 450 tahun sebelum masehi. Suku Maya dari Meksiko tidak hanya mengonsumsi cokelat, melainkan juga memujanya dengan menggunakannya pada perayaan-perayaan penting.

Bentuk cokelat mulai berevolusi, hasil kreasi orang-orang Spanyol yang mulai mengimpor cokelat tahun 1585 kemudian menyebarkannya ke seluruh Eropa. Hmm, jadi penasaran ingin coba cokelat asli dari Meksiko.

2. Pizza Neapolitan dari Italia

tastecooking.com

Pizza Neapolitan berasal dari kata ‘Naples’, kota tempat makanan terenak ini ditemukan.

Saking seriusnya menjaga keaslian pizza ini, ada asosiasi bernama The Associazione Verace Pizza Napoletana (VPN). Asosiasi ini mengeluarkan sertifikasi keaslian bagi restoran-restoran yang menyediakan Pizza Neapolitan. 

1. Kari Massaman dari Thailand

allrecipes.com

Pencinta kari wajib coba makanan yang awalnya ditemukan di Malaysia di abad ke-17, namun bisa menjadi makanan terenak asal Thailand karena proses percampuran budaya. Tekstur karinya kental namun tidak pedas, berisi perpaduan rempah jinten, sereh, daun laos dan asam, kemudian dicampur dengan daging atau sayuran menjadi makanan yang luar biasa menggoda. 

Semua makanan terenak di dunia ini tentunya akan seru kalau dimakan di negara asalnya, betul? Nah, pastikan sebelum berangkat kamu sudah membuat perencanaan yang tepat, terutama perencanaan keuangannya agar pengalaman makan dan liburan bisa berjalan dengan baik. 

Kamu bisa memanfaatkan investasi reksa dana sebagai persiapan liburan, loh! Bisa berangkat liburan tanpa mengganggu pengeluaran rutin tentunya akan sangat menenangkan.

Kalau kamu mau mulai investasi reksa dana, Ajaib bisa jadi solusinya. Mulai dari Rp10 ribu, kamu bisa berinvestasi secara aman dan didampingi Manajer Investasi tepercaya.

Artikel Terkait