Milenial

10 Bangunan Termegah di Dunia Bernilai Triliunan Rupiah

Bangunan Termegah di Dunia

Ajaib.co.id – Setiap negara di dunia pasti memiliki tempat wisata yang menjadi simbol atau khas dari negara tersebut dan tidak dapat ditemui di manapun selain di sana. Biasanya tempat yang dijadikan wisata merupakan bekas peninggalan yang memiliki sejarah tertentu sehingga menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi.

Akan tetapi, kini berwisata tidak hanya mengunjungi tempat bersejarah saja karena kamu bisa berwisata modern dengan mengunjungi bangun-bangunan megah berupa gedung pencakar langit.

Ada 10 bangunan termegah di dunia yang tersebar di beberapa negara dan bisa menjadi destinasi wisata modern yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Pada dasarnya, 10 bangunan termegah di dunia ini dibuat tentu untuk alasan bisnis dengan dijadikan kantor pusat suatu perusahaan atau tempat tertentu yang menghasilkan keuntungan.

Namun, karena kemegahan dari gedung-gedung tersebut dan biaya yang dihabiskan untuk pembangunannya sangatlah mahal hingga mencapai triliunan rupiah menjadi alasan tempat tersebut dijadikan destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi.

Kira-kira bangunan seperti apa yang dimaksud? Berikut penjelasan mengenai 10 bangunan termegah di dunia yang menghabiskan dana hingga triliunan rupiah.

Burj Khalifa di Dubai

Salah satu bangunan termegah di dunia yang menduduki peringkat pertama adalah Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan yang pernah dijadikan tempat shooting film Mission Impossible 4 ini merupakan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 2,717 kaki atau setara 828 meter dengan jumlah lantai sebanyak 163.

Nama Burj Khalifa sendiri diambil dari nama Presiden UEA yaitu Sheikh Khalifa, sementara Burj merupakan bahasa Arab yang berarti menara.

Bangunan yang dikerjakan mulai dari 6 Januari 2004 ini diselesaikan pada 1 Oktober 2009 yang menghabiskan dana sebesar USD1,5 miliar atau setara dengan Rp21,67 triliun. Nilai tersebut sepertinya pantas dengan hasil yang disandang oleh Burj Khalifa sebagai bangunan paling megah di dunia.

Shanghai Tower di China

Peringkat kedua dari 10 bangunan termegah di dunia diduduki oleh Shanghai Tower di China. Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 2,073 kaki atau setara 632 meter dengan tingkat sebanyak 128 lantai dan luas mencapai 380.000 persegi.

Gedung yang mulai dibangun mulai dari 29 November pada tahun 2008 dan selesai pada 6 September 2014 ini menghabiskan dana mencapai 15,7 miliar Yuan China atau setara dengan Rp32,97 triliun.

Abraj Al-Bait Clock Tower di Arab Saudi

Albraj Al Bait merupakan salah satu gedung tertinggi dari 10 gedung termegah di dunia dengan ketinggian mencapai 1,971 kaki atau setara dengan 601 meter. Gedung yang juga disebut dengan Makkah Royal Clock Tower ini didesain oleh para arsitek Dar Al Handasah Architects dan dibangun pada tahun 2004 hingga selesai pada tahun 2011.

Menghabiskan dana mencapai USD15 miliar atau setara Rp216 triliun ini memiliki beberapa menara dengan luas area total mencapai 1,5 juta meter persegi.

Ping An Finance Centre di China

Negara China masih memiliki bangunan yang masuk ke dalam 10 bangunan termegah di dunia yaitu Ping An Finance Centre di Shenzhen, China. Ketinggian gedung ini mencapai 1,965 kaki setara dengan 599 meter dengan tingkat mencapai 115 lantai yang didesain oleh arsitek asal Amerika Serikat, Kohn Pedersen Fox Associates.

Biaya yang dihabiskan untuk membangun gedung ini mencapai USD1,5 miliar atau setara dengan Rp21,66 triliun.

Lotte World Tower di Korea Selatan

Lotte World Tower menjadi gedung paling tinggi di Korea Selatan dan salah satu dari 10 bangunan termegah di dunia. Gedung ini memiliki tinggi mencapai 1,823 kaki setara 555 meter dengan tingkat mencapai 124 lantai yang mampu mengalahkan rekor Northeast Asia Trade Tower di Korea Selatan.

Dana yang dihabiskan untuk membangun gedung ini mencapai 3,8 triliun won Korea atau setara Rp46,18 triliun.

One World Trade Centre di Amerika Serikat

One World Trade Centre yang berada di kota New York ini merupakan transformasi dari reruntuhan gedung World Trade Centre yang dirancang oleh Skidmore, Owings, dan Merril. Gedung yang juga disebut Freedom Tower ini memiliki tinggi bangunan mencapai 1,776 kaki setara 541 meter dengan tingkat sekitar 104 lantai.

Dengan dana yang menghabiskan USD3,9 miliar atau setara Rp56,37 triliun menjadikan gedung ini sebagai gedung tertinggi di Amerika Serikat.

CTF Finance Centre di China

Negara China seolah tidak kehabisan gedung-gedung yang masuk ke dalam 10 bangunan termegah di dunia. Salah satu dari sekian banyak adalah CTF Finance Centre di Guangzhou, China.

Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 1,740 kaki setara 530 meter. Dibangun mulai dari September 2009 dan dibuka pada Oktober 2016 menghabiskan dana sebesar USD1,5 miliar atau setara Rp21,67 triliun.

Taipei 101 di Taiwan

Taiwan juga memiliki gedung yang masuk ke dalam 10 bangunan termegah di dunia dengan tinggi bangunan mencapai 1,670 kaki setara 509 meter dengan tingkat mencapai 101 lantai.

Gedung yang dimiliki oleh Financial Center Corporation ini menghabiskan dana sebesar USD1,93 miliar atau setara Rp27,89 triliun. Pembangunan gedung ini ternyata cukup memakan waktu yang lama yaitu dari tahun 1999 dan selesai di 2004.

Shanghai World Financial Centre di China

Negara China masih memiliki gedung tertinggi yang lagi-lagi masuk ke 10 bangunan termegah di dunia yaitu Shanghai World Financial Centre. Gedung ini memiliki ketinggian mencapai 1,614 kaki setara dengan 492 meter.

Dengan dana yang dihabiskan mencapai USD1,2 miliar atau setara Rp17,34 triliun. Gedung ini menjadi tempat perkantoran, hotel, museum, pusat perbelanjaan, dan ruang observasi.

International Commerce Centre di China

Gedung terakhir yang masuk ke dalam 10 bangunan termegah di dunia masih ada di negara China yaitu International Commerce Centre dengan ketinggian mencapai 484 meter dan memiliki 118 lantai. Gedung ini menghabiskan biaya pembangunan mencapai USD3,69 miliar atau setara Rp53,33 triliun yang dibangun pada tahun 2002 dan selesai pada tahun 2010.

Untuk mendapatkan gelar sebagai 10 bangunan termegah di dunia, dana yang dihabiskan dalam proses pembangunannya memang tidak sedikit. Namun, hasil akhirnya memperlihatkan bahwa bangunan-bangunan tersebut layak menjadi salah satu bangunan termegah di dunia. Bagi kamu, memiliki bangunan termegah mungkin akan diaplikasikan ke rumah sebagai tempat tinggal.

Tentu untuk memiliki rumah dengan bangunan yang diinginkan pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu bisa mulai untuk menyimpan dan mengelola keuangan dengan cara berinvestasi. Selain jumlahnya dapat tersimpan dengan aman, nilainya juga akan meningkat karena keuntungan yang dihasilkan.

Salah satu investasi yang bisa kamu pilih dan menghasilkan keuntungan adalah investasi saham. Apalagi kini investasi saham bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib saham merupakan media investasi yang dapat membantu kamu untuk berinvestasi saham secara tepat dan baik.

Jadi tunggu apalagi, yuk download aplikasi Ajaib di smartphone dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait