Saham

Yuk Pelajari Dasar-dasar Investasi Saham untuk Pemula

dasar-dasar investasi saham

Ajaib.co.id – Jangan terburu-buru untuk berinvestasi saham. Pasalnya, investasi ini cukup rumit untuk pemula. Oleh karena itu, kamu mesti memahami terlebih dahulu dasar-dasar investasi saham. Untuk lebih jelasnya, redaksi Ajaib akan membagikan dasar-dasar investasi saham yang perlu kamu ketahui atau lakukan.

Investasi saham adalah salah satu instrumen investasi yang memberikan keuntungan begitu tinggi, khususnya dalam investasi jangka panjang. Pada tahun 2015, kita mengenal nama Warren Buffet yang mendulang kekayaan dan menjadi orang terkaya ke-3 di dunia karena berinvestasi di pasar saham.

Tidak hanya Warren Buffet, Indonesia juga memiliki contoh orang yang sukses karena berkecimpung di pasar saham, yaitu Lo Kheng Hong. Pria berumur 61 tahun ini bahkan dikenal sebagai Warren Buffet dari Indonesia.

High Risk High Return

Dari contoh kedua tokoh inspiratif di atas yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar, kamu jangan tergiur begitu saja. Pasalnya, baik menjadi investor saham ataupun trader saham tidak semudah yang dilakukan dual tokoh tersebut.

Mengapa Warren Buffet dan Lo Kheng Hong bisa begitu piawai di pasar saham, karena mereka telah mengetahui dasar-dasar investasi saham. Dari dasar-dasar investasi saham ini, mereka kembangkan terus menerus di dalam jam terbang mereka yang sudah tinggi.

Karena, pada kenyataannya, banyak investor kakap pun bisa merugi. Bila sudah merugi, investor kakap ini juga bisa mengalami kehilangan yang begitu besar dari keputusan pembelian sahamnya. Karenanya, di dunia investasi saham, ada istilah high risk high return.

Istilah tersebut menggambarkan kondisi dimana ada risiko yang tinggi, di sana ada imbal balik yang tinggi pula. Jadi, memang saham bisa jadi cara untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Namun, saham juga bisa membuat kamu merugi besar-besaran.

Tanpa dasar-dasar investasi saham, kamu akan terkaget-kaget dengan pergejolakan fluktuatif pasar saham. Karena, bisa saja ada emiten dengan harga beli saham yang rendah tapi tiba-tiba mendadak naik karena pemilik perusahaan melakukan tindakan yang dipercaya investor.

Selain itu, dasar-dasar investasi saham juga akan memberikan kamu kerangka berpikir untuk mendapatkan capital gain dan menghindari capital loss. Karena itu, dasar-dasar investasi saham ini begitu penting untuk dipelajari.

Bila kamu memang masih tertarik dengan investasi saham setelah mengetahui risikonya yang tinggi, redaksi Ajaib akan memberikan dasar-dasar investasi saham sebagai berikut ini.

Mulailah Berinvestasi Waktu

Lho, mau investasi saham mengapa harus berinvestasi waktu? Maksudnya disini adalah jangan terburu-buru untuk berinvestasi saham. Karena kamu harus terlebih dahulu menyiapkan banyak waktu untuk mempelajari seluk beluk investasi saham.

Kamu bisa memulai mempelajari jenis-jenis investasi seperti Investasi jangka panjang dan investasi jangka panjang. Selain itu, kamu juga bisa mempelajari banyak hal yang fungsinya untuk mengamankan agar investasi saham kamu tidak merugi dan membuahkan keuntungan.

Banyak cara untuk mempelajari saham. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai referensi seperti buku saham, video-video di YouTube yang membahas akan saham, ataupun web-web saham yang membagikan informasi seputar saham.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung di komunitas ataupun forum saham. Di sana, akan banyak ahli yang bisa menjadi tempat kamu berdiskusi seputar saham yang pastinya kamu butuhkan. Jangan lupa, kamu juga perlu perluas wawasan kamu mengenai bisnis dan ekonomi sebagai modal analisis pergerakan pasar saham.

Update Wawasan dan Situasi Terkini

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kamu harus terus menerus memperluas wawasan akan situasi terkini. Pasalnya, memegang saham berarti kamu memiliki perusahaan. Perusahaan rentan sekali terhadap perubahaan karena difaktorkan oleh politik, ekonomi, bisnis, bahkan isu kesehatan global.

Seperti sekarang ini, virus corona sedang menjadi pemantik banyaknya harga saham yang bergerak volatil. Rumor-rumor politik juga bisa mempengaruhi harga sebuah saham. Jadi, perluas wawasan akan situasi terkini memang penting.

Prioritaskan Saham Big Caps

Apa itu saham big caps? Istilah ini mengacu pada saham-saham yang memiliki nilai kapitalisasi yang besar. Saham ini akan sulit dimanipulasi oleh investor bermodal besar. Bagi kamu yang asing dengan istilah big caps, saham ini juga biasa dikenal sebagai saham blue chips.

Memiliki kapitalisasi mencapai Rp40 triliun, saham perusahaan big caps benar-benar memiliki kekuatan finansial agar tidak mudah tumbang. Oleh karena itu, bagi investor pemula, saham big caps adalah saham yang perlu kamu prioritaskan.

Price to Earning Ratio Rendah

Price to Earning Ratio (PER) merupakan sebuah alat penghitung harga saham suatu perusahaan dibanding dengan keuntungan tahunan perusahaan tersebut. Saham dengan nilai PER yang rendah bisa menjadi menarik lantaran laba per sahamnya memang relatif lebih tinggi bila dibandingan dengan harga sahamnya tersebut.

PER juga dikenal sebagai rasio PE. Semakin tinggi rasio PE, maka semakin besar kepercayaan investor terhadap kinerja perusahaan. Untuk rumus dari rasio PE adalah sebagai berikut:

Rasio PE= Harga pasar per saham : penghasilan per saham

Untuk acuan nilai PE yang dipilih sebenarnya tidak ada. Pasalnya, nilai PER yang tinggipun sebenarnya harga sahamnya masih bisa naik lagi. Oleh karenanya, kamu memang perlu mempertimbangkan banyak hal untuk hal ini.

Mulailah dari Jumlah Kecil

Jangan terburu-buru menanam modal besar jika kamu sudah memilih saham yang kamu inginkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semakin besar modal yang kamu tanam, maka semakin besar juga kerugian yang mungkin kamu terima.

Oleh karenanya, bagi pemula ada baiknya memulai dengan modal yang menengah hingga kecil. Bila kamu cukup percaya diri, mungkin bisa mencoba di angka Rp1 jutaan hingga Rp30 jutaan.

Bagi kamu yang memang ingin mengetes pasar, bisa juga dengan nomial ratusan ribu. Kalau kamu memang memutuskan untuk memulai dari modal yang kecil, kamu bisa pilih perusahaan sekuritas yang memang menyediakan opsi minimal deposit rendah seperti Rp100 ribu.

Blog Ajaib

Kamu yang sukaberselancar di Internet, kamu bisa memperkaya dasar-dasar investasi sahammu dengan membuka dan membaca blog Ajaib. Di dalam blog Ajaib, kamu bisa mendapatkan begitu banyak artikel yang memaparkan mengenai dunia investasi saham.

Bukan hanya investasi saham, Ajaib juga menyediakan artikel-artikel untuk instrumen investasi lainnya seperti emas, reksa dana, hingga obligasi. Selain itu, banyak juga artikel bertajuk bisnis dan ekonomi untuk keperluan memperluas wawasan kamu.

Redaksi Ajaib sendiri memang berusaha memaparkan seluk beluk investasi denga bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula. Pasalnya, sekarang ini memang cukup susah untuk menemukan sumber belajar saham yang ramah untuk pemula.

Demikianlah pembahasan mengenai dasar-dasar investasi saham yang perlu pemula tahu. Jika menurut kamu investasi saham masih begitu berisiko, kamu juga bisa lho memulai investasi dengan instrumen lainnya yang lebih rendah risiko, salah satunya adalah investasi reksa dana.

Bisa dibilang, reksa dana adalah salah satu instrumen investasi berisiko rendah dengan keuntungan yang cukup besar. Karena itu, untuk investor pemula, ada baiknya kamu mencoba produk investasi reksa dana.

Kini, investasi reksa dana juga lebih praktis karena hanya dengan bermodal smartphone saja, kamu sudah bisa memulainya. Untuk lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa gunakan aplikasi Ajaib untuk memulai investasi reksa dana. Yuk dicoba!

Bacaan menarik lainnya:

Elton, Edwin J. et al. (2009). Modern Portfolio Theory and Investment Analysis. New York : John Wiley & Sons


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait