Bisnis & Kerja Sampingan

5 Strategi Usaha Rental Mobil dengan Modal Kecil dan Untung Besar

5 Strategi Usaha Rental Mobil dengan Modal Kecil dan Untung Besar

Ajaib.co.id – Usaha rental mobil menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan khususnya bagi kamu yang tinggal di lokasi banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi momen-momen besar seperti liburan sekolah, bulan ramadan, hingga libur panjang.

Selain itu, membuka usaha rental mobil juga tidak harus memilikinya dalam jumlah banyak. Kamu bisa memulainya dengan satu atau dua mobil terlebih dahulu.

Selain untuk kebutuhan jalan-jalan, bisnis rental mobil juga bisa digunakan sebagai alat transportasi online atau lebih dikenal dengan taksi online. Bagi mereka yang ingin bekerja menjadi supir atau driver taxi online, bisa menyewa unit mobil dari bisnis kamu.

Jika kamu tertarik, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika ingin memutuskan untuk usaha rental mobil terutama dengan modal kecil namun dapat menghasilkan untung besar. Berikut penjelasannya!

Strategi Usaha Rental Mobil

Memilih Lokasi Usaha yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha menjadi hal penting yang harus direncanakan sebaik mungkin. Di mana, kemudahan pelanggan untuk menggunakan jasa sewa mobil menjadi nilai tambah. Kamu bisa memilih lokasi bisnis rental mobil yang berdekatan dengan lokasi wisata. Selain itu, lokasi ini juga sebisa mungkin untuk mudah ditemukan oleh para wisatawan.

Baik, untuk mengambil maupun mengantar balik unit mobil bisa dilakukan secara mudah oleh para pelanggan. Dengan begitu, satu waktu pelanggan kembali berkunjung, bisa menggunakan jasa sewa mobil kamu lagi alias repeat order. Oleh karena itu, lokasi bisnis rental mobil menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Memilih Mobil yang Diminati Banyak Orang

Bagi kamu yang sudah memiliki mobil menjadi nilai tambah untuk memulai usaha rental mobil karena kamu bisa mulai dengan menggunakannya. Apalagi jika jenis mobil yang dimiliki luas dengan jumlah 7-8 penumpang. Sedangkan bagi mereka yang belum memiliki unit mobil, kamu bisa rencanakan untuk membelinya, baik secara cash maupun kredit.

Membeli mobil secara kredit untuk kebutuhan bisnis sendiri akan lebih untung. Di mana, pembayaran cicilan setiap bulannya bisa diambil dari hasil keuntungan usaha rental. Dengan begitu, bujetnya jelas bisa lebih murah dibandingkan dengan membeli secara tunai. Selain itu, penting untuk memilih jenis mobil yang digunakan untuk kebutuhan rental.

Pilihlah jenis mobil yang memang banyak diminati oleh para pelanggan untuk disewa. Bisanya, mobil jenis MPV atau minibus yang banyak disewakan karena mampu menampung banyak orang dengan konsumsi bahan bakar lebih irit seperti Avanza, Innova, Xenia, hingga Gran Max. Selain itu, sebisa mungkin untuk membeli mobil dalam kondisi baru dan hindari untuk membeli mobil bekas. Mengingat, unit mobil nantinya akan disewakan sehingga keamanan dan kenyamanan menjadi hal utama

Menerapkan Strategi Promosi Secara Tepat

Hal selanjutnya yang haru diperhatikan adalah pemilihan strategi promosi secara tepat. Di mana, konsumen harus mengetahui bisnis kamu melalui promosi. Apalagi promosi sekarang semakin mudah dilakukan dan gratis melalui media sosial atau dari mulut ke mulut. Kamu juga bisa membuat situs khusus yang sebagai identitas usaha rental mobil jika memiliki bujet.

Di mana, situs ini berisi informasi lengkap mengenai unit mobil yang dimiliki, daftar harga, dan informasi penting lainnya tentang bisnis rental mobil. Dengan begitu, orang-orang yang biasa menggunakan internet untuk mencari informasi termasuk rental mobil bisa melihat situs tersebut dan memilih untuk menyewa mobil di tempatmu. 

Membuat Regulasi Rental Mobil

Pada dasarnya, semua bisnis atau usaha memiliki risikonya masing-masing termasuk rental mobil. Mengingat, risiko mobil yang cukup besar yaitu kemungkinan mobil tidak kembali bisa saja terjadi. Hal ini berarti kamu sebagai pemilik usaha rental mobil harus membuat sejumlah regulasi atau ketentuan untuk bisa menyewa mobil. Di mana, kamu bisa meminta sejumlah berkas penting sebagai jaminan seperti berikut:

  • Menahan Kartu Tanda Penduduk selama waktu penyewaan.
  • Memberikan formulir untuk diisi data pribadi oleh pihak penyewa.
  • Mengharuskan penyewa untuk menandatangani surat perjanjian dengan materai.
  • Memasang alat pelacak GPS di mobil.

Mendaftarkan Unit Mobil Asuransi

Risiko kerusakan pada mobil yang dirental bisa satu waktu terjadi sehingga kamu bisa mengantisipasi hal tersebut dengan mendaftarkannya asuransi. Apalagi jika kamu juga menyediakan jasa tenaga pengemudi atau supir sehingga baik mobil dan supir juga harus didaftarkan asuransi sebagai bagian dari aset bisnis.

Hal ini untuk mengantisipasi kejadian seperti kecelakaan lalu linta, kehilangan, kerusakan, dan risiko lainnya yang mengganggu operasional bisnis. Apalagi ada beberapa pilihan asuransi yang menawarkan premi kecil maupun menggunakan sistem kerjasama badan usaha. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko yang satu waktu bisa terjadi.

Bagaimana Proyeksi Keuntungan dari Usaha Rental Mobil?

Nah, setelah memahami strategi dan pertimbangan penting untuk membuka usaha rental mobil, jangan lupa untuk merencanakan proyeksi keuntungan dari bisnis ini. Hal ini menyangkut pendapatan bulanan dan keuntungan. Adapun pendapatan bulanan dengan rincian seperti berikut: 

  • Biaya sewa mobil termasuk supir dan akomodasi supir di luar bensin, parkir, tol, hingga biaya lainnya dalam sehari sebesar Rp500.000.
  • Total pendapatan satu mobil dalam 1 bulan sebesar Rp500.000 x 30 = Rp15.000.000
  • Asuransi pengemudi sebesar Rp50.000
  • Service rutin sebesar Rp1.000.000
  • Cicilan mobil apabila masih mencicil sebesar Rp5.000.000
  • Biaya lainnya sebesar Rp500.000

Dengan simulasi rincian tersebut, maka total pendapatan sebesar Rp15.000.000 dikurangi operasional bulanan Rp6.550.000 menjadi Rp8.450.000. Namun, nilai ini belum dikurangi pajak kendaraan per tahun sehingga dengan satu unit mobil saja, kamu sudah mampu meraih keuntungan yang lumayan.

Usaha rental mobil memang menjadi salah satu pilihan bisnis yang dapat dilakukan. Apa lagi jika kamu sudah memiliki mobil dan cukup jarang digunakan sehingga bisnis rental mobil menjadi pilihan yang tepat. Modal bisnis rental mobil juga tidak terlalu besar jika kamu belum memilikinya. Kamu bisa mengajukan kredit yang pembayaran per bulannya bisa menggunakan hasil dari rental mobil.

Namun, jika kamu menginginkan pembelian dilakukan secara tunai, menyisihkan pendapatan sebagian untuk investasi di instrumen saham bisa menjadi solusi. Apa lagi investasi saham bisa menghasilkan keuntungan dari capital gain dan dividen. Ditambah, investasi saham kini bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone kamu dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib sendiri merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi di instrumen saham secara aman dan mudah. Di mana, kamu bisa membuat rekening saham secara online melalui aplikasinya dan memilih emiten mana yang bisa menghasilkan keuntungan. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa merencanakan keuangan untuk kebutuhan di masa mendatang seperti membuka usaha rental bisnis.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone-mu untuk memulai investasi dan hasilkan keuntungan sekarang.

Artikel Terkait