Investasi

Tujuan Go Public yang Diimpikan Banyak Perusahaan

Tujuan Go Public yang Diimpikan Banyak Perusahaan

Ajaib.co.id – Istilah Initial Public Offering atau IPO mungkin tidak asing lagi bagimu yang sering membaca berita tentang ekonomi. IPO atau bisa disebut juga dengan go public merupakan penawaran saham perdana kepada publik sehingga dikenal luas. Perusahaan biasanya memiliki tujuan go public yang jelas karena hal ini sudah direncanakan dengan matang.

Syarat Perusahaan Dapat Go Public

Tidak semua perusahaan dapat go public. Syarat yang diberlakukan oleh pihak Bursa Efek Indonesia selaku penilai akan sangat ketat. Hal ini karena Bursa Efek Indonesia juga ingin perusahaan-perusahaan terbaik yang masuk ke pasar modal. Hal itu tidak hanya akan menguntungkan perusahaan, tapi juga menguntungkan bagi pihak Bursa Efek Indonesia, dan negara. Jadi, secara garis besar inilah syarat yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk bisa melantai di bursa efek.

1. Punya aset nyata yang bisa dibuktikan

Sebuah perusahaan yang akan IPO wajib memiliki aset sebesar Rp100 miliar yang dihitung setelah pembayaran pajak. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat-sertifikat resmi yang dimilikinya. Jika berhasil mencapai angka itu, perusahaan bersangkutan dianggap bisa mengelola aset-asetnya dengan baik. Dan akan mampu juga mengelola dana dari pembelian saham yang jumlahnya melimpah dengan teratur dan bisa dipertanggungjawabkan.

2. Memiliki struktur organisasi yang jelas

Bursa Efek Indonesia hanya memilih perusahaan yang dipimpin oleh orang-orang yang kompeten dan struktur perusahaannya jelas, dari atas hingga ke posisi menengah. Perusahaan yang besar, tentunya memiliki struktur organisasi yang rapi. Hal ini bisa menjadi nilai tersendiri untuk perusahaan karena struktur tersebut akan menjadi penilaiannya juga untuk investor. Investor hanya mau memberikan uangnya untuk perusahaan yang dipimpin oleh mereka yang ahli dan meyakinkan mereka bahwa perusahaan itu bisa menjadi pesat nantinya

3. Setidaknya pernah mendapatkan laba

Syarat IPO berikutnya adalah perusahaan calon go public harus menunjukkan laporan keuangan mereka. Manajemen keuangan mereka akan dikaji secara ketat. Pihak Bursa Efek Indonesia tentu hanya memilih perusahaan dengan manajemen keuangan yang bagus. Dan perusahaan tersebut setidaknya dalam dua tahun terakhir menghasilkan laba yang bagus.

Mengingat syarat-syaratnya yang cukup berat, sebuah perusahaan yang ingin IPO harus mempersiapkannya secara maksimal. Dan mereka juga harus menyediakan dana sendiri agar IPO berjalan dengan lancar. Hal ini karena perusahaan tersebut diharuskan bekerja sama dengan perusahaan penjamin emisi efek yang membantu perusahaan untuk melakukan IPO secara maksimal.

Harus bekerja sama dengan penjamin emisi efek karena mereka yang lebih ahli mengurus perusahaan-perusahaan yang akan IPO. Mereka akan menjamin kesuksesan perusahaan yang akan go public karena membantu penyusunan proposal dan perencanaan promosi agar target penjualan saham bisa tercapai.

Tujuan Perusahaan Go Public

Tujuan go public pada umumnya adalah untuk menghimpun dana lebih banyak dari masyarakat luas. Di sini perusahaan akan melepaskan sebagian sahamnya di luar, setelah sebelumnya hanya orang-orang tertentu yang bisa berinvestasi untuk perusahaan tersebut. Lalu, dengan dana tersebut perusahaan bisa melakukan ekspansi yang lebih luas dan dapat berkembang secara signifikan. Tidak mengherankan jika banyak perusahaan yang ingin bisa IPO.

Lalu, ada tujuan go public lainnya yang menjadi keuntungan untuk perusahaan. Kamu bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Mendapatkan dana tanpa dibebani bunga

Tujuan yang pertama adalah perusahaan bisa menghimpun dana lebih murah dari penjualan sahamnya. Perusahaan tidak akan perlu membayar dengan tambahan bunga seperti himpunan dana yang mereka lakukan melalui obligasi. Membayar pajak sebenarnya sudah cukup membebani, apalagi membayar utang yang ditambahi dengan bunga. Perusahaan tentunya ingin mendapatkan dana yang hasilnya tidak memberatkan mereka.

2. Perusahaan semakin dikenal secara luas

Perusahaan yang berhasil go public akan lebih dikenal secara luas, dan ini bisa meningkatkan citra mereka. Semakin perusahaan itu dikenal luas, maka pihak akan semakin banyak pihak investor yang datang untuk berinvestasi di perusahaan tersebut.

3. Nilai perusahaan akan naik

Tujuan go public selanjutnya adalah menaikkan nilai perusahaan. Nilai ini berkaitan dengan harga saham yang naik. Harga saham yang naik berarti banyak investor yang tertarik dengan sahamnya sehingga melakukan pembelian secara berkesinambungan. Ini tentu akan menjadi nilai yang bagus bagi perusahaan, selain perusahaan dapat menghimpun dana yang lebih banyak karena harga sahamnya jadi jauh lebih mahal.

4. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Pada kenyataannya IPO membuat pendapatan perusahaan akan semakin besar. Ini adalah cara tercepat untuk mendapatkan dana karena setiap harinya pasti ada transaksi yang masuk, dan perusahaan pun bisa memanfaatkan dana itu untuk kegiatannya. Jika kegiatan produksi mereka meningkat, tentu laba yang bisa mereka dapatkan akan meningkat pula. Momen inilah yang akan dimanfaatkan perusahaan sebaik-baiknya.

5. Perusahaan mampu menjadi lebih besar dari yang sebelumnya

Perusahaan yang berhasil melakukan IPO biasanya akan tumbuh menjadi lebih besar. Mereka bisa mendirikan anak-anak perusahaan jika ingin membuka bisnis di sektor lain. Lalu, perusahaan tersebut akan mampu menampung para pekerja, dan ini tentu akan sangat bagus bagi perekonomian negara. Perusahaan yang berhasil IPO tidak hanya menguntungkan bagi perusahaannya sendiri, tapi juga bisa mendatangkan manfaatkan ke negara dan masyarakat.

Melihat tujuan go public yang cukup menjanjikan, wajar saja jika banyak perusahaan yang ingin bisa melantai di bursa efek. Untuk itu perusahaan diharuskan mempersiapkan IPO mereka semaksimal mungkin dan menyiapkan dana yang cukup untuk pertama kali. Diharapkan dengan melakukan IPO, akan ada masa depan yang lebih cerah untuk perusahaan.

Artikel Terkait