Milenial

Tokoh Inspiratif, Tenar Tapi Gaya Hidupnya Sederhana

Sumber: Facebook Mark Zuckerberg

Ajaib.co.id – Figur publik (public figure) yang memiliki kekuasaan, kekayaan, atau popularitas identik dengan gaya hidup glamor, mewah, atau bahkan berfoya-foya. Tapi, tak semua figur publik memilih gaya hidup seperti itu. Sebagian dari mereka justru menjadi tokoh inspiratif dengan tetap bergaya hidup minimalis dan pantas dijadikan inspirasi

Berikut adalah beberapa figur publik yang menjadi tokoh inspiratif dunia dan pantas menjadi panutan karena gaya hidupnya yang sederhana.

Jose Mujica

Terlepas dari latar belakang politik dan kebijakannya, Jose Mujica menjadi tokoh inspiratif yang pantas menempati posisi terdepan soal hidup sederhana. Bagaimana tidak, Presiden Uruguay tahun 2010–2015 ini meninggalkan istana kepresidenan dan tinggal di rumahnya di wilayah pertanian. Tidak ada penjagaan mencolok di rumahnya.

Di luar urusan kepresidenan, Mujica bersama istrinya bekerja sendiri sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan bercocok tanam bunga krisan untuk dijual. Sewaktu menjabat sebagai presiden, Mujica juga mendonasikan sebagian besar gajinya untuk proyek-proyek sosial.

Baginya, mendonasikan sebagian besar gajinya bukanlah sebuah pengorbanan, melainkan sudah menjadi tugasnya sebagai pemimpin. Seorang presiden dilihat dari apa yang diperbuatnya untuk rakyat, bukan dari gaya hidupnya.

Untuk urusan transportasi, Mujica tak gengsi naik pesawat terbang di kelas ekonomi dan menyetir sendiri mobil Volkswagen Beetle tua miliknya. Banyak kalangan menjulukinya sebagai ‘presiden termiskin di dunia’. Tapi, ia kurang sependapat dengan itu.

Ia tidak pernah merasa miskin. Menurutnya, orang miskin adalah mereka yang hanya bekerja untuk memenuhi gaya hidup yang mahal. Mereka selalu ingin lebih dan lebih. Jika seseorang tidak memiliki banyak keinginan, maka ia tidak perlu bekerja seumur hidup seperti budak. 

Ingvar Kamprad

Ingvar Kamprad adalah pendiri IKEA, perusahaan peralatan rumah tangga ternama asal Swedia. Perabotan rumah tangga yang dijual melalui IKEA memiliki banderol harga untuk kelas ekonomi menengah ke atas.

Jaringan bisnis IKEA pun sudah menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia. Sebagai pemilik, tentu pundi-pundi Kamprad sangat ‘gemuk’. Toh, itu semua tak membuat Kamprad mengubah gaya hidupnya yang sederhana. Dari penampilan luarnya saja, Kamprad tak terlihat seperti orang yang super tajir. Ia memilih tinggal di rumah kecil.

Kamprad juga sering terlihat berburu diskon di pasar swalayan setempat di momen tertentu. Ia juga memilih untuk terbang di kelas ekonomi atau naik bus untuk jarak yang lebih dekat. Kamprad juga sering terlihat makan di kantin IKEA.

Ia telah menjalani gaya hidup minimalis ini selama bertahun-tahun. Kamprad meyakini, bersikap bijak dengan keuangan adalah hal yang penting dan membantu diri untuk tetap bahagia dan rendah hati.

Warren Buffett

Nama yang satu ini hilir-mudik di daftar top ten orang terkaya di dunia dalam beberapa tahun terakhir. Julukannya adalah ‘Oracle of Omaha’. Ya, dia bak tokoh Oracle di film trilogi The Matrix yang bisa menerka sebagian besar kejadian di masa depan. Sosok ini adalah Warren Buffett.

Meski termasuk sebagai orang terkaya di planet ini, Buffett masih tinggal di rumah yang sama seharga US$31.500 (Rp418,95 juta) sejak tahun 1958. Dalam sebuah dokumenter BBC, putri Buffett mengatakan, ayahnya lebih cenderung membeli mobil bekas alih-alih mobil baru.

Bila memiliki beberapa kerusakan, mobil bekas tersebut kemudian diperbaiki dan digunakan oleh Buffett. Ia juga sangat jarang mengganti mobilnya bila belum benar-benar rusak. Hobinya pun tak perlu mengeluarkan banyak uang, yakni bermain kartu bridge. Selain bermain bridge, Buffett juga biasanya bermain ukulele atau sekadar bernyanyi di waktu luang.

Keanu Reeves

Untuk kalangan seleb Hollywood, Keanu Reeves sangat pantas dikedepankan dalam urusan gaya hidup hemat. Sudah puluhan film yang dibintanginya. Beberapa di antaranya masuk jajaran box office. Lazimnya seleb papan atas Hollywood, Reeves punya harta melimpah.

Yang tak lazim adalah gaya hidupnya yang sederhana. Ia memang memiliki sejumlah sepeda motor custom yang harganya cukup mahal. Namun, ia juga sering ditemui  di angkutan umum atau makan di pinggir jalan seperti orang lain. Reeves pun sempat membeli rumah mewah di Los Angeles yang bernama Chateau Modern.

Namun, dia justru memilih untuk menempati apartemen sederhana di New York. Reeves mengatakan bahwa dirinya tak terlalu membutuhkan ruangan berukuran besar. Dia pun mengaku kebingungan untuk memanfaatkan ruang kosong di rumahnya yang sangat luas.

Tak hanya hidup sederhana, Reeves juga melakukan keputusan abnormal ketika dirinya membagikan honor yang ia peroleh dari Film The Matrix kepada seluruh kru film.

Tak hanya di film The Matrix Reeves melakukan ini, namun juga banyak di film lain sehingga ia hampir tak pernah menerima honornya secara utuh. Gaya hidup sederhana dan sering beramal ini tak terlepas dari masa lalu Reeves yang beberapa kali tertimpa cobaan berat.

Dari pengalaman-pengalaman hidupnya itulah, ia pun tidak pernah menganggap kalau uang bisa membeli kebahagiaan. Itu sebabnya dia pun hidup dengan sederhana dan dikagumi karena kemurahan hatinya dalam beramal.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg adalah salah satu pendiri Facebook yang sudah menjadi perusahaan global. Ia termasuk tokoh inspiratif yang paling berpengaruh di dunia. Hartanya pun melimpah ruah. Tapi, untuk kalangan miliarder, gaya hidup Zuckerberg terbilang minimalis.

Dalam berpakaian, misalnya, ia memilih untuk mengenakan pakaian kasual berwarna abu-abu ketimbang jas bermerek yang super mahal. Padahal, dengan uang triliunan rupiah miliknya, ia dengan mudah membeli jas kelas premium.

Suami Priscilla Chan ini mengaku tidak ingin membuang waktu untuk membeli pakaian. Zuckerberg juga banyak menghabiskan waktunya untuk membantu komunitas yang ia bangun untuk bertumbuh.

Sumber: 7 Miliarder “Kelas Kakap” Ini Hemat Banget Kalau Belanja, Ngirit?, Cerita Akhir Pekan: 6 Pesohor Dunia yang Memilih Hidup Sederhana, dan Jadi Petinggi Negara, 5 Tokoh Dunia Ini Justru Hidup Sangat Sederhana, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait