Bisnis & Kerja Sampingan

Strategi Meningkatkan Traffic Toko Online Agar Jumlah Visitor Tinggi

Strategi Meningkatkan Traffic Toko Online Agar Jumlah Visitor Tinggi

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa peningkatan industri e-commerce Indonesia 10 tahun terakhir mencapai 17%, dengan jumlah total 26,2 juta unit. Tahun 2018 tercatat sebagai masa pertumbuhan terpesat, dan diperkirakan akan terus meningkat seiring pertumbuhan jumlah pengusaha UMKM dan stratup.

5 Negara dengan pertumbuhan E-Commerce tertinggi:

  1. Indonesia – pertumbuhan: 78%/tahun
  2. Meksiko – pertumbuhan: 59%/tahun
  3. Filipina – pertumbuhan: 51%/tahun
  4. Kolombia – pertumbuhan: 45%/tahun
  5. Uni Emirat Arab (UEA) – pertumbuhan: 33%/tahun

Tantangan Meluaskan Jangkauan Toko Online

Tingkat kerepotan pengelolaan toko online  tidak berbeda dengan toko offline. Toko ini juga butuh tenaga admin untuk menanggapi pertanyaan dan keluhan pelanggan, mengurus pemesanan, pengiriman, hingga penggantian barang rusak. Belum lagi proses produksi, promosi, penjualan, sampai delivery. Toko online bukanlah “jalan pintas mudah” untuk punya bisnis. Perlu direncanakan, dipersiapkan, dibangun, ditumbuhkan, dilindungi dari kerugian, disuburkan agar bisa berkembang selamanya. Dan, strategi pemasaran untuk meluaskan jangkauan toko adalah kunci sukses utamanya.

Cara meningkatkan Traffic

1. Media Sosial

Toko ini juga membutuhkan dukungan medsos karena jangkauannya yang sangat luas, meningkatan traffic (lalu-lintas) visitor (pengunjung) sebuah toko. Facebook , Twitter, Instagram, dan Pinterest mampu menjadi window display digital bagi produk/jasa dengan memaksimalkan penayangan informasi visual, teks dan link toko online.

2. Blogwalking

Ini strategi pengalokasian waktu untuk mengunjungi blog-blog lain dan “meninggalkan tanda” di sana – dengan cara follow, subscribe (berlangganan), atau berkomentar sambil memperkenalkan toko secara natural.

3. Responsive dan Cepat

Visitor umumnya mengakses toko via ponsel atau tablet karena kenyamanan mobilitasnya. Pastikan toko online dapat diakses dengan cepat dengan desain tampilan yang atraktif namun ringan, karena kelambatan akan membuat visitor ingin cepat kabur ke situs lain! 

4. Email

Pemasaran informasi, promo, serta layanan terbaru via email sukses meningkatkan traffic jika desain komunikasi email menarik, singkat, informatif dan nggak bikin ill-feel.

5. On-Page SEO

Jika toko online punya website/blog sendiri, optimasikan halamannya untuk Search Engine Optimation (on page SEO). Tulis judul dan (meta) deskripsi menarik yang mengandung kata kunci yang ditargetkan pada mesin pencari, agar selalu berada di peringkat atas daftar hasil pencarian calon visitor. Perhatikan efektivitas kalimat karena jumlah karakter meta deskripsi terbatas.

6. Judul yang Menarik

Judul harus kontekstual dengan isi, catchy, ringkas, jelas, dan memuat kata kunci. Angka, tips, trik, rekomendasi, dan fakta turut mengundang klik.

7. Gunakan Long Tail Keyword

Kata kunci yang terdiri dari 4 kata atau lebih sangat memudahkan pembuatan  konten, karena topiknya lebih terarah. Tingkat kompetisi dengan strategi ini di mesin pencari juga rendah. 

8. Konten Menarik

Selain memasarkan produk, buatlah konten bertema variatif, relevan dengan produk/jasa yang dipasarkan, jarang dibahas situs lain dan orisinal.

9. Buat Konten Promosi Berbentuk Video

“Picture speaks louder than words”. Konten gambar, apalagi video umumnya akan “menciduk” perhatian visitor.

Jadikan Toko Online Relevan Dan Inspiratif

Bukan cuma jualan, jadikan juga toko ini sebagai “mercusuar” yang secara natural senantiasa mencerahkan perjalanan wawasan para visitor dalam mengelilingi dunia maya. Dengan demikian, brand produk/jasa akan terus berkembang melampaui skala toko online, sehingga menuntutnya untuk selalu keep up dan tumbuh bersama.

Namun, bagi kamu yang belum bisa membuka toko online dalam bentuk website, kamu bisa memanfaarkan social media, atau situs jual beli online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada Indonesia, dan sebagainya.

Bacaan menarik lainnya:

Assauri, Sofjan. (2007). Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait