Siapkan Masa Depan yang Indah dengan Investasi Ini

masa depan
masa depan

Inilah beberapa jenis investasi yang bisa menyiapkan masa depan yang lebih indah. Simak ulasan redaksi Ajaib berikut untuk lebih lengkapnya.

Investasi saat ini sudah menjadi hal yang lazim didengarkan oleh kalangan masyarakat. Hal itu karena saat ini mereka sudah sadar bahwa investasi bisa membuat masa depan lebih baik. Bahkan, dengan inviestasi kamu bisa terhindar dari ansih menjadi orang miskin. Sudsah banyak orang-orang yang membuktikannya.

Apalagi dengan investasi kamu bisa memenuhi tujuan-tujuan finansial. Maka dari itu, banyak financial planner yang sering menyarankanmu untuk berinvestasi. Sebab, investasi dapat mengamankan finansialmu di masa yang akan datang.

Sudah pasti kamu tidak mau kan jika mengalami kebangkrutan atau mungkin finansialmu tidak mengalami peningkatan? Nah di sinilah investasi dapat membantu masa depan dan terhindar dari kondisi buruk bahkan kamu bisa mencapai kebebasan finansial.

Lalu apa saja investasi-investasi masa depan itu? Berikut ini beberapa pilihan investasi yang dianjurkan untuk dilakukan yang dikutip dari Forbes.

Investasi dalam Karir Jadi Pilihan Terbaik

Masa depan yang akan kamu hadapi sebenarnya bergantung dengan karier yang dijalani. Ini saja masih belum cukup apalagi jika kamu sendiri tidak berupaya untuk meningkatkan potensi yang dimiliki saat ini. Maka dari itu, berinvestasi dalam karier merupakan pilihan investasi masa depan yang harus dijadikan prioritas. Lalu bagaimana caranya?

Seperti yang kamu tahu, berkembangnya karir seseorang dipengaruhi penguasaan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki orang tersebut. Biasanya nih perkembangan karier diikuti juga dengan peningkatan penghasilan lho.

Itulah kenapa pentingnya mengikuti pelatihan atau kuliah, kursus online, hingga membaca buku agar kemampuan dan pengalaman yang dimiliki meningkat. Jadi, mulai dari sekarang sisihkan deh pendapatan yang kamu punya demi mendapatkan ilmu yang lebih banyak lagi.

Investasi di Kesehatan Agar Rekening Tidak Jebol

Kesehatan itu mahal harganya. Saking mahalnya, orang-orang yang selesai berobat biasanya kepalanya sakit lho. Gara-garanya uangnya dalam rekening terkuras banyak buat beli obat.

Walaupun ada yang bilang sekarang udah enak berkat adanya BPJS Kesehatan atau asuransi kantor, namanya sakit tetap aja gak enak. Lagi pula pakai BPJS Kesehatan itu ribetnya minta ampun. Sementara pakai asuransi kesehatan, kita masih dibebani dengan tambahan biaya.

Semua itu gak bakal kamu alami selama kesehatan terjaga dengan baik. Caranya mudah kok. Cukup memakan asupan sehat yang kaya gizi, hindari gaya hidup yang gak sehat, dan rutin melakukan olahraga. Mudah bukan menjaga kesehatan itu?

Investasi dalam Bentuk Emas Hingga Deposito untuk Menyimpan Dana Darurat

Sebaiknya, dana darurat yang kamu punya jangan seluruhnya disimpan di rekening tabungan. Meskipun pengambilannya mudah, dana yang kamu miliki gak berkembang dengan signifikan lho.

Daripada dana darurat yang kamu miliki segitu-segitu aja nilainya, mendingan disimpan di deposito atau emas agar ada peningkatannya sekalipun gak sebanyak saham ataupun reksa dana.

Kenapa deposito atau emas? Kenapa gak saham atau reksa dana? Sebab risiko deposito atau emas gak sebesar saham ataupun reksa dana.

Cuma nih jangan berharap untung gede dari deposito atau emas. Ini karena tujuannya menyimpan di kedua instrumen tersebut supaya uangmu aman dari inflasi.

Nah, menyimpan dana darurat ke deposito atau emas juga jangan seluruhnya. Ambil 50 persennya aja buat disimpan di deposito atau emas. Sisanya lagi biarkan di rekening bank agar kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, mudah mengambilnya.

Sisihkan Penghasilanmu untuk Investasi Saham, Reksa Dana, atau Peer to Peer (P2P) Lending

Selain dana darurat, kamu juga perlu memiliki investasi masa depan dengan menabung dalam bentuk saham ataupun reksa dana. Berinvestasi di kedua instrumen tersebut jelas untungnya lebih menggiurkan ketimbang di deposito ataupun emas.

Kalau di deposito bunga yang kamu peroleh rata-rata 6 persen setahun, di saham ataupun reksa dana kamu bisa mendapat return hingga 20 persen per tahun lho. Namun, kamu juga perlu tahu, berinvestasi saham atau reksa dana merupakan investasi yang berisiko tinggi.

Di sinilah kamu perlu paham dasar-dasar investasi saham ataupun reksa dana. Minimal kamu paham apa itu analisis fundamental ataupun teknikal.

Tidak cuma saham atau reksa dana, kamu juga bisa memanfaatkan keberadaan peer to peer lending atau P2P lending. Di instrumen ini kamu bisa meraih return hingga 18 persen per tahun. Sama seperti saham atau reksa dana, instrumen investasi ini juga punya risiko.

Karena ada risiko, bukan berarti kamu jadi ogah berinvestasi ya. Satu hal yang harus kamu tahu hampir semua investasi uang itu ada risikonya. Tinggal disesuaikan aja.

Adapun bagi kamu yang ingin memulai investasi reksa dana, kamu bisa menggunakan aplikasi Ajaib. Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan didukung oleh SoftBank. Dengan Ajaib, kamu tidak perlu khawatir dalam hal keamanan karena Ajaib telah tersertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, kamu tidak mungkin mengalami risiko kerugian. Bahkan, untuk mulai berinvestasi kamu cukup menyiapkan dana hanya sebesar Rp10.000. Dengan dana yang kecil tersebut, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana di Ajaib. Adapun kamu tidak perlu menyiapkan biaya pendaftaran dan bisa menarik dana kapan saja.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan kemudahan saat berinvestasi reksa dana dengan Ajaib. Karena, Ajaib akan memilihkan investasi terbaik yang bisa kamu dapatkan. Namun, semua itu kembali lagi kepada dirimu sendiri, jenis investasi reksa dana apa yang ingin dipilih? Jadi sebelum kamu memilih reksa dana yang kamu ingin pilih, tentukan terlebih dahulu tujuan dan jenis investasi yang ingin dibeli.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait