Saham DYAN, Perusahaan Media yang Meluncur di Bursa Saham

Saham DYAN, Perusahaan Media yang Meluncur di Bursa Saham
Saham DYAN, Perusahaan Media yang Meluncur di Bursa Saham

Pada era dewasa ini, perusahaan-perusahaan yang bergerak pada bidang media baik itu cetak ataupun online memiliki peranan yang penting. Mengapa? Perusahaan-perusahaan media tersebutlah yang setiap waktu tanpa henti memberikan informasi terupdate terkait fenomena-fenomena yang sedang terjadi di masyarakat seperti berita bisnis, pengetahuan, ekonomi, teknologi, dan lain sebagainya.

Perusahaan media yang saat ini bukan hanya berfokus terhadap penyampaian berita saja. Melainkan ada pula perusahaan media yang berfokus terhadap manajemen suatu event baik berskala nasional ataupun internasional. Salah satu perusahaan media yang berfokus terhadap layanan yang memberikan manajemen event adalah PT Dyandra Media International Tbk (DYAN). 

Selain itu, PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) juga sudah melantai di bursa saham dengan kode Saham DYAN. Oleh karena itu, buat kamu yang ingin atau berminat membeli sahamnya, coba disimak dulu artikel berikut ini.

Sejarah dan Profil PT Dyandra Media International Tbk

PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) bergerak pada berbagai bidang bisnis seperti media, event management, investasi, dan bisnis. Perusahaan ini mulai beroperasi secara komersial pada tahun 2007. Perusahaan ini merupakan bagian dari Dyandra Group.

PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) memiliki tiga anak perusahaan yaitu PT Dyamall Graha Utama anda subsidiaries, PT Dyandra Promosino and subsidiaries, dan PT Nusa Dua Indonesia.

PT Dyandra Promosindo merupakan perusahaan pertama di bawah naungan PT Dyandra Media International Tbk. Perusahaan ini membantu bisnis DYAN sejak 1994 sebagai penyelenggaraan pameran di Indonesia. Seiring dengan bisnis yang semakin berkembangan, anak perusahaan DYAN ini telah membuka kantor-kantor baru di kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Makassar, dan Yogyakarta.

Di mana PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) membagi bidang usahanya menjadi 4 pilar bisnis yaitu:

  • Bisnis penyelenggara event (PT Dyandra Promosindo)
  • Bisnis pendukung event (PT Dyanmall Graha Utama)
  • Bisnis ruang konvensi dan pameran (PT Nusa Dua Indonesia)
  • Bisnis Hotel (PT Graha Multi Utama)

Bagaimana Kepemilikan Saham DYAN?

Kepemilikan saham DYAN saat ini dimiliki lebih dari 5% antara lain PT Teletransmedia 51,47%, publik 31,36%, PT Mondial Investama Indonesia 5,27%, dan Budi Yanto Lusli 5,08%. Selain itu, saham DYAN ditawarkan perdana ke publik pada 25 Maret 2013 sebesar 30% (1.282.000.000). Harga saham DYAN yang ditawarkan kala itu seharga Rp350 per saham. Dari penawaran saham perdana ke publik ini, DYAN mendapatkan suntikan dana IPO sebesar Rp448.700.000.000.

Pembagian Dividen Saham DYAN kepada Investor

Saham DYAN juga pernah membagikan dividen dari keuntungan perusahaan sebesar Rp2 per lembar (tahun 2012), Rp3 per lembar (tahun 2013), Rp 2per lembar (tahun 2018).

Tahun ini PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) membagikan dividen sebesar Rp8.5 miliar, berkat keuntungan yang didapatkan sepanjang 2018 sebesar Rp76,7 miliar, tumbuh sebesar 756% dari tahun sebelumnya. Pendapatan pada tahun 2018 juga mengalami peningkatan menjadi Rp1,03 triliun dan tumbuh 20,02% dari tahun sebelumnya.

Peningkatan pendapatan dan keuntungan bersih pada tahun 2018 tidak lepas dari keberhasilan DYAN untuk menanggani 72 event besar. Sebut saja IMF-WB di Bali, Asian Para Games dan Asian Games. Tanggal pembayaran dividen dilakukan pada tanggal 26 Juni 2019.

Harga Saham DYAN Saat Ini

Harga saham DYAN saat ini berkisar di rentang harga harian Rp110- Rp121 per saham dengan market cap Rp509,48 miliar. Bagaimana? Apa masih masuk budget investasi kamu? Jika iya jangan tunggu nanti, langsung investasikan uangmu sekarang di saham ini dan dapatkan keuntungan yang besar! Temukan jenis saham ini di Ajaib sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait