Saham

Pentingnya Membuat Jurnal Trading Saham

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Menjadi seorang trader saham berarti kamu harus fokus pada hasil kemajuan selama trading, baik jual maupun membeli saham. Selain itu, analisa saham dan market juga menjadi hal penting yang juga harus diperhatikan. Hal ini berarti kamu harus selalu memantau progres dari setiap trading yang dilakukan, baik hasilnya positif maupun negatif. Oleh karena itu, kehadiran dari jurnal trading saham atau stock trading journal bisa menjadi solusi bagi setiap trader dalam melihat progres aktivitas trading saham yang dilakukan.

Hal ini bisa menjadi pembanding dari awal kamu melakukan trading sampai waktu beberapa bulan setelah mempelajari dan mengamati hal terkait trading saham. Seperti apa manfaat dari membuat jurnal trading saham? Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Jurnal Trading Saham?

Untuk bisa membuat jurnal trading saham, tentunya kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertiannya. Di mana, jurnal trading saham adalah catatan trading yang berisi aksi jual maupun beli setiap kali melakukan transaksi beserta analisa-analisa yang digunakan.

Ketika memutuskan untuk membeli saham, hal yang harus diisi dalam stock trading journal meliputi jumlah lot, harga berapa yang ingin dibeli, dan juga tanggal pembelian.

Begitu juga saat menjual saham, catat tanggal, harga, dan besaran keuntungan atau kerugian yang didapatkan dari penjualan.

Untuk memudahkan pembuatan jurnal trading saham, kamu bisa menggunakan bantuan kalkulator dan mengisi jurnal melalui Microsoft Excel.

Kamu bisa membuat tabel di Excel yang berisi tanggal, emiten saham, harga, lot biaya, fee, total buy dan sell, serta total profit dan loss.

Untuk saham-saham yang dibeli dengan average price juga dapat dimasukkan ke dalam jurnal trading sehingga ke depannya bisa diketahui harga rata-rata saham.

Sementara untuk bagian analisa, bisa dibuat berupa grafik saham-saham yang dibeli dan pindahkan ke file tersendiri agar lebih memudahkan. Dengan membuat jurnal ini, tentunya setiap trader bisa mengambil keputusan secara tepat saat trading.

Selain itu, kamu sebagai trader juga tahu perkembangan hasil kinerja trading dari awal memulainya sehingga dapat dijadikan evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Mengetahui Time Frame Trading Secara Tepat

Salah satu manfaat dari membuat stock trading journal adalah pengetahuan akan time frame trading maupun strategi trading.

Hal ini mengacu pada historis dari rincian beli dan jual saham-saham yang kamu catat di stock trading journal. Kamu dapat mengetahui jumlah hari dari membeli maupun menjual saham.

Sebagai contoh, kamu lebih suka trading saham dengan waktu 1 sampai 3 minggu, maka kamu cenderung ke tipe swing trader.

Hal ini berarti kemampuan tersebut selalu diasah dan jangan mengubah strategi tersebut dengan tipe lain yang justru kurang cocok untuk digunakan.

Begitu juga dengan trading harian atau jangka pendek yang aktivitas jual beli saham dilakukan harian, maka tetap pada strategi tersebut.

Oleh karena itu, mengapa jurnal trading saham memberikan manfaat lebih khususnya dalam mengetahui time frame trading.

Memudahkan dalam Memilih Saham-Saham yang Berpeluang Profit dan Loss

Jurnal trading saham juga memberikan manfaat bagi kamu untuk mengetahui saham-saham mana saja yang sering profit maupun loss.

Hal ini karena catatan trading tersebut dapat menjadi pertimbangan dalam menganalisa saham-saham untuk ditradingkan secara tepat dan menyingkirkan saham-saham yang berpeluang membuat kamu rugi.

Di mana, kamu bisa melakukan analisa lebih mendalam pada saham-saham yang menghasilkan profit dengan mempelajari pola-pola chart-nya secara benar.

Jika kamu tidak memiliki stock trading journal, hal ini tentu tidak akan bisa dilakukan karena tidak adanya sumber yang bisa menjadi acuan dalam menganalisa saham-saham menguntungkan maupun yang merugikan.

Memantau Perkembangan Profit dan Loss

Setelah kamu membeli saham-saham yang diyakini dapat menghasilkan profit, tentunya kamu akan rajin memantaunya dari waktu ke waktu.

Hal inilah mengapa stock trading journal menjadi penting karena berisi historis trading yang kamu lakukan dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu bisa secara mudah memantau perkembangan trading yang dilakukan.

Mulai dari jumlah pencapaian trading di bulan lalu dan bulan ini sudah mencapai berapa atau tahun lalu dengan bulan ini, hingga saat pertama kali memulai trading.

Hal ini menjadi evaluasi terhadap perkembangan trading yang dilakukan, apakah sudah baik dan benar atau harus mengubah strategi lain agar bisa menghasilkan.

Jika perkembangan trading menghasilkan profit dan menekan kerugian, maka bisa meneruskan strategi yang dilakukan.

Begitu juga sebaliknya, jika trading yang kamu lakukan justru mengalami kerugian, maka kamu bisa menggunakan strategi lainnya.

Evaluasi Hasil Trading Saham dengan Komprehensif

Manfaat jurnal trading saham terakhir seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu evaluasi hasil trading. Di mana, stock trading journal bisa menjadi acuan bagi kamu untuk menganalisa sejumlah hal seperti modal dapat berkembang, modal mampu menghasilkan profit atau loss, hingga perlu untuk menurunkan atau menambah modal.

Evaluasi secara komprehensif ini akan membuat kelihaian kamu menjadi seorang trader semakin bertambah.

Di mana, kamu tidak sembarangan memutuskan langkah ke depannya bagi keberlangsungan saham yang dimiliki karena harus ada sejumlah pertimbangan untuk diputuskan.

Dengan begitu, trading saham justru akan menghasilkan keuntungan yang ditargetkan dan menekan kerugian yang ingin dihindari.

Oleh karena itu, stock trading journal menjadi hal penting bagi kamu yang ingin memulai trading saham. Di mana, memang jurnal ini tampak seperti catatan jual dan beli saham saja, namun setiap trader wajib membuat jurnal trading saham sebagai acuan dalam mengevaluasi maupun mengukur setiap progres trading ke depannya.

Trading saham sendiri merupakan salah satu pilihan dari media investasi yang mampu menghasilkan keuntungan jika dilakukan secara tepat.

Ditambah dengan menerapkan jurnal trading saham yang rutin kamu catatkan saat memulai trading saham. Apalagi kini investasi maupun trading saham bisa dilakukan secara online melalui media investasi seperti Ajaib.

Ajaib menawarkan kemudahan bagi kamu untuk berinvestasi saham melalui aplikasinya. Di mana, ada sejumlah saham-saham yang bisa kamu pilih dengan menganalisanya langsung melalui aplikasi.

Cocok bagi kamu yang ingin memulai investasi saham secara jangka panjang maupun pendek untuk memenuhi rencana keuangan di masa depan. Mulai dari membuka usaha, membeli properti, dan kebutuhan lainnya secara mudah bisa dilakukan melalui Ajaib.

Yuk, download aplikasi Ajaib melalui smartphone kamu untuk memulai investasi dan hasilkan keuntungan sesuai target yang diinginkan.

Artikel Terkait