Ajaib, Pengumuman

Tebus dan Jual Right Issue di Ajaib

Ajaib Right Issue

Hai Investor Ajaib!

Kabar baik! Kini Anda dapat menikmati kemudahan menebus dan menjual saham saat emiten menggelar Right Issue di aplikasi Ajaib. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Right Issue, berikut adalah beberapa penjelasan yang dapat Anda pelajari. 

Apa itu Right Issue?

Right Issue adalah penambahan modal yang dilakukan oleh emiten dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) kepada investor lama sebelum ditawarkan kepada investor baru.

Apa yang Bisa Dilakukan Jika Mendapatkan Right Issue?

Jika Anda merupakan investor lama, maka Anda mendapatkan hak untuk menebus ataupun menjual saham dari emiten yang menggelar Right Issue.

Apa Keuntungan dari Menebus atau Tidak Menebus HMETD? 

Keuntungan jika Anda memutuskan untuk menebus HMETD adalah Anda berkesempatan untuk mendapatkan saham dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar. Jika Anda tidak menebus HMETD, maka persentase kepemilikan saham Anda akan menurun atau mengalami dilusi.

Bagaimana Cara Menghitung HMETD yang Bisa Anda Dapatkan?

HMETD akan dihitung dan didistribusikan dengan menggunakan rasio yang ditetapkan oleh emiten. Apabila Anda memiliki sejumlah lot saham induk, maka cara menghitung lot HMETD adalah dengan mengkonversi jumlah lembar saham yang Anda miliki dengan rasio yang sudah ditetapkan.

Anda bisa mendapatkan hak untuk menebus atau menjual jika hasil konversi HMETD Anda adalah 100 lembar dan kelipatannya. Jika hasil konversi HMETD Anda dibawah 100 lembar atau ada selisih dibawah 100, maka Anda tidak dapat menebus atau menjual saham tersebut. 

Contoh: Anda memiliki 1,000 lembar saham dari PT Bahagia Selalu Tbk., dan perusahaan ini kemudian melakukan Right Issue dengan rasio 1:0,25. Maka perhitungan HMETD yang bisa Anda dapatkan adalah: 

Hasil konversi = 1,000 lembar yang Anda miliki x 0,25 = 250 lembar.

Sehingga HMETD Anda adalah sebanyak 200 lembar, dan Anda tidak mendapatkan hak atas selisih 50 lembar tersebut karena berada dibawah 100 lembar.

Bagaimana Ketentuan Penggunaan Fitur HMETD di Aplikasi Ajaib?

1. Pastikan Anda telah memperbaruiaplikasi Ajaib Anda ke versi terbaru.

2. Anda wajib memiliki saham yang akan mengeluarkan HMETD selambat-lambatnya saat tanggal terakhir perdagangan saham atau Cum Date. Setelah itu, saham tersebut akan masuk ke dalam portofolio Anda pada saat tanggal distribusi dengan kode: (kode saham)-R. Contoh: BBCA-R. Lalu klik saham tersebut.

3. Jika Anda mendapatkan HMETD suatu saham, maka Anda dapat melihat HMETD tersebut melalui laman “Portofolio” di aplikasi Ajaib Anda.

4. Baca kembali dengan seksama dan pastikan Anda mengisi dengan benar lalu klik Konfirmasi. Setelah Anda melakukan konfirmasi untuk menebus HMETD, maka dana Buying Power Anda akan berkurang sesuai dengan nominal tebus.

5. Masukkan jumlah Lot Ditebus maksimal sesuai dengan Lot Dimiliki.

6. Lalu klik Tebus untuk menebus HMETD pada tanggal perdagangan HMETD pukul 09.00-11.00 WIB.

7. Pastikan saldo RDN T+2 yang Anda miliki mencukupi. Pastikan juga Anda tidak melewatkan tanggal perdagangan, karena ketika tanggal perdagangan berakhir dan Anda belum menebus HMETD maka Anda akan kehilangan hak tebus.

8. Baca kembali dengan seksama dan pastikan Anda mengisi dengan benar lalu klik Konfirmasi. Setelah Anda konfirmasi untuk menebus HMETD, maka dana Buying Power Anda akan berkurang sesuai dengan nominal tebus.

9. Penebusan HMETD berhasil dilakukan.

10. Berikut adalah langkah-langkah yang Anda harus lakukan jika Anda memutuskan untuk menjualnya kepada stand by buyer:

  • Klik saham Right Issue di portofolio kamu
  • Pilih Jual
  • Isi jumlah Lot Dijual dengan harga yang tertera di orderbook pada laman yang sama
  • Klik Buat Permintaan Jual

Baca kembali dengan seksama dan pastikan Anda mengisi dengan benar karena Anda tidak dapat mengubah pesanan hingga hari bursa berikutnya. Jika Anda sudah yakin, Anda bisa melakukan Konfirmasi. Setelah itu, permintaan jual HMETD akan dikirim dan diproses secara manual. Apabila transaksi Anda berhasil, Anda akan menerima konfirmasi melalui notifikasi di hp Anda.

Artikel Terkait