Peluang Usaha Menguntungkan Saat Libur Nasional

peluang usaha
peluang usaha

Tidak terasa tahun 2019 telah lewat dan kita sekarang memasuki tahun 2020. Buat kamu yang berjiwa wiraswasta, setiap momen libur nasional, bisa juga dijadikan peluang usaha dan berdagang lho.

Berikut ini adalah beberapa peluang emas yang bisa kamu jalankan untuk menyambut hari-hari perayaan nasional.

Berdagang Air Mancur dan Kembang Api

Pada saat libur nasional untuk merayakan tahun baru dan juga imlek, berjualan kembang api dan air mancur bisa jadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan.

Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, berjualanlah di tempat-tempat yang sering menjadi pusat keramaian. Seperti misalnya di alun-alun, lapangan kota atau jalan-jalan menuju pasar.

Berdagang Makanan dan Minuman

Dimana ada keramaian, di sana juga makanan dan minuman bisa laris manis. Sebelum mulai berjualan makanan atau minuman, pastikan terlebih dahulu tempat yang akan kamu gunakan untuk berdagang.

Datangi tempat yang biasanya ramai dijadikan venue acara. Carilah lokasi yang strategis dan bisa kamu tempati. Setelah itu, cari tahu bagaimana kamu bisa menempati tempat tersebut. Karena tidak jarang ada biaya retribusi yang harus dibayar untuk berjualan di lokasi umum.

Kamu bisa juga menggunakan kendaraan pribadi milikmu sebagai kios. Jangan lupa sediakan tikar atau kursi bagi para pelanggan yang hendak makan di tempat.

Rental Kendaraan

Kalau kamu punya beberapa kendaraan yang menganggur, tidak ada salahnya kamu coba usaha yang satu ini. Kamu bisa menyewakan kendaraan tersebut bagi mereka yang membutuhkan jasa rental kendaraan.

Tentunya, kamu jangan sembarangan menyewakan kendaraan yang kamu miliki kepada siapa saja. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk bertransaksi rental kendaraan yang aman.

  • Sebaiknya sewa mobil disertai sopir (tidak lepas kunci)
  • Jika lepas kunci, mintalah jaminan Kartu Keluarga, dan antarkan kendaraan pada alamat yang tertera di kartu keluarga.
  • Pastikan penyewa memiliki SIM
  • Foto penyewa dan simpan sebagai dokumentasi.
  • Lebih baik lagi, pasang GPS atau pelacak pada kendaraan yang kamu sewakan.

Harga rental kendaraan pada akhir tahun bisa melonjak dari hari-hari biasa. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan banyaknya permintaan. Namun demikian, jangan menetapkan tarif sewa yang tidak masuk akal.

Survei terlebih dahulu pasaran harga sewa sesuai jenis kendaraan yang kamu miliki. Kamu bisa menaikkan tarif hingga 30% dari harga sewa biasanya. 

Tarif sewa kendaraan bisa kamu tentukan sendiri. Apakah tarif flat per hari, atau dibagi berdasarkan jauh dekat rute yang akan ditempuh oleh kendaraan tersebut, misalnya :

  • Tarif Dalam Kota (Misalnya hanya di DKI Jakarta)
  • Tarif Wilayah (Misalnya Tarif Jabodetabek)
  • Tarif Provinsi (Tarif ke Bandung atau kota-kota di Jawa Barat)
  • Tarif Antar Provinsi (Jawa Tengah, Jawa Timur)
  • Tarif Antar Pulau (ke Bali atau Sumatera)

Jangan lupa untuk memastikan kondisi kendaraan yang disewakan dalam keadaan optimal dan siap digunakan dalam jangka waktu lama.

Berjualan Buku Agenda

Pergantian tahun sangat identik dengan resolusi, atau target-target yang ingin dicapai di tahun depan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika buku agenda menjadi salah satu jenis barang yang paling banyak dicari saat tahun baru datang.

Berjualan buku agenda bisa kamu lakukan online ataupun offline. Jika kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, tidak ada salahnya kalau kamu juga mendesain sendiri buku agenda yang kamu jual.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan besar dari berdagang Buku Agenda yang kamu buat sendiri.

  • Buatlah desain buku agenda.
  • Bawa desain tersebut ke percetakan dan tanyakan ongkos serta lama pembuatannya.
  • Tentukan harga jual dan cara pemasarannya.
  • Buka preorder dan pasarkan rancangan buku agenda kamu, pada kerabat dekat, rekan sekantor, atau melalui media online,
  • Cetak dan kirimkan buku agenda tersebut ke alamat pemesan.

Umunya, diperlukan waktu sekitar tiga minggu untuk preorder. Jangan lupa sampaikan mengenai hal tersebut pada para pemesan, agar mereka tidak gelisah dan bersabar.

Jika kamu ingin cara yang lebih praktis, menjadi reseller atau dropship tentu bisa menjadi pilihan yang lebih mudah.

Menjadi Tour Guide

Travelling biasanya menjadi salah satu cara menghabiskan masa liburan. Jika kamu termasuk orang yang mengenal seluk beluk objek wisata di kotamu, kamu bisa memanfaatkan momen liburan dengan menawarkan jasa tour guide.

Kamu bisa bekerja secara mandiri dan menawarkan jasamu di website-website atau di grup media sosial milikmu. Atau kamu juga bisa mendatangi agen tour dan travel di kotamu dan mendaftar sebagai tour guide freelance.

Biasanya, jika kebutuhan permintaan tour sedang banyak, mereka dengan senang hati akan menerima kamu sebagai salah satu tour guide freelance. Tentunya setelah lulus tes yang mereka berikan.

Itulah beberapa peluang berdagang dan usaha yang bisa menghasilkan uang tambahan buat kamu pada saat ada perayaan dan liburan. Pastinya, untuk bisa mendapatkan peluang usaha saat momen khusus datang, kamu harus lebih peka dengan sekitarmu.

Dengan demikian, kamu pun bisa mengetahui apa yang dibutuhkan banyak orang pada saat momen tersebut dan menyediakannya. Bukan mustahil jika tahun ini bisa jadi tahun keberuntungan kamu dalam bidang usaha. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait