Bisnis & Kerja Sampingan

Passive Income Online di Indonesia, Bagaimana Cara Mudahnya?

passive income online di indonesia

Ajaib.co.id – Tema yang mengulas cara untuk mendapatkan passive income online di Indonesia sedang marak. Banyak orang berusaha mengoptimalkan pendapatannya dengan berbagai cara. Namun manakah cara terbaik yang bisa kamu jalani?

Kehidupan semakin menantan, kebutuhan finansial semakin meningkat dan pendapatan terasa selalu pas-pasan. Jika itu yang kamu rasakan maka sudah seharusnya kamu mencapari sumber penghasilan tambahan. Tak punya waktu dan tenaga lebih untuk punya proyek aktif? Maka saatnya kamu mendapatkan uang dari passive income online.

Pernahkah kamu mendengar istilah passive income online Indonesia? Secara sederhana, passive income online adalah pendapatan pasif yakni yang diperoleh berulang kali atas suatu pekerjaan yang hanya dilakukan satu kali.

Passive income online dapat dikatakan merupakan pendapatan pasif yang diterima atas suatu kegiatan ekonomi secara online, tanpa kamu harus aktif dalam kegiatan tersebut secara langsung. Dengan kata lain, uang akan mengalir ke rekening dengan sendirinya bahkan tanpa sang pemilik harus kerja keras mengerjakan sesuatu.

Hal yang Harus Diketahui Mengenai Passive Income Online

Daro definisinya saja mungkin sudah tergambar kemudahan dan peluangnya. Jika sudah demikian, siapa yang tidak mau memiliki passive income? Semua orang tentu menginginkannya, apalagi jika hanya lewat cara online tanpa harus pergi ke kantor atau tempat kerja.

Cara ini khususnya sangat bermanfaat di era pandemi ketika keluar rumah dan berinteraksi langsung dengan banyak orang sangat berisiko. Maka itu bisa menghasilkan passive income online di Indonesia sangat menjanjikan. Paling tidak ini bisa menjadi salah satu menyelamatkan kondisi ekonomimu di masa krisis ini.

Nah, jika kamu berniat untuk memulai upaya demi menghasilkan passive income, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui:

  • Tidak Membutuhkan Banyak Pengetahuan Khusus

Untuk menjalankan sebuah usaha secara online, seorang pelaku usaha nyatanya tidak begitu membutuhkan banyak pengetahuan, pengalaman tingkat tinggi atau keahlian khusus. Namun hal ini bukan berarti kamu tidak perlu memiliki sebuah keahlian. Misalnya saja jika kamu ingin membuka online shop, maka kamu harus memiliki setidaknya kemampuan dasar dalam penjualan.

Kemampuan ini nantinya dapat meningkat seiring dengan usaha yang dijalankan. Jadi usaha online dapat lebih cepat dimulai, pengalaman baru dapat dipelajari dan passive income online pun juga sudah mulai bisa diperoleh.

  • Tidak Membutuhkan Modal Besar

Yang paling menguntungkan dari memulai usaha online adalah kamu yang tidak membutuhkan modal besar, bahkan bisa jadi sangat minim. Hal ini tentu sangat menarik, apalagi jenis usaha online seperti ini juga ada banyak dan cocok untuk passive income online Indonesia.

Misalnya saja jika kamu adalah penulis artikel maka modal utama yang dibutuhkan hanyalah komputer atau laptop dan koneksi internet. Hanya dengan itu dan kamu sudah bisa menghasilkan uang.

  • Membutuhkan Waktu Relatif Lama untuk Menghasilkan

Tidak dipungkiri, usaha online membutuhkan lebih banyak waktu dibandingkan dengan jenis usaha lain untuk dapat menghasilkan passive income. Namun lama ini adalah perihal waktu dan proses, di mana itu berarti waktu lama bukan tidak mungkin akan menghasilkan melainkan masih berjalan.

Contohnya saja bila kamu berjualan produk secara online melalui akun media sosial atau website yang dikelola pribadi sendiri. Keuntungan yang didapatkan relatif tidak terlalu besar dan tergantung penjualan per harinya sehingga butuh waktu cukup lama untuk passive income dihasilkan.

  • Bergantung Penuh pada Pelanggan

Poin ini merupakan salah satu kelemahan dalam passive income online Indonesia. Di mana pengusahanya akan sangat dan bahkan sepenuhnya bergantung kepada pelanggan. Pasalnya, jika ia tidak mampu mempertahankan para pelanggan untuk tetap dengan usaha miliknya, maka mereka bisa saja dengan mudah pergi ke lain tempat sehingga ia menjadi kehilangan pelanggan.

Disinilah peran promosi dan iklan untuk memasarkan produk menjadi sangat penting guna memelihara para pelanggan tetap agar tidak berpaling sekaligus menggaet pelanggan baru. Dengan memperluas pasar maka kamu tak perlu khawatir kehilangan pelanggan.

Cara Mudah Mendapatkan Passive Income Online di Indonesia

Ada berbagai cara mendapatkan passive income online di Indonesia. Ajaib akan memberikan sejumlah contohnya untuk kamu jadikan inspirasi. Berikut ini ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkannya:

Membuat Konten

Yang dimaksud konten disini adalah suatu hal yang bersifat informatif dan punya manfaat seperti ebook, video tutorial atau video mengajar. Dalam hal ini, kamu mungkin akan memerlukan banyak waktu untuk membuat produk tersebut, mengedit sekaligus menyelesaikan konten, begitu juga untuk memasarkannya.

Tetapi begitu konten telah siap dan semua pekerjaan selesai, kamu hanya tinggal bersantai dan hasil yang menguntungkan sudah bisa kamu dapatkan. Kamu bisa memanfaatkan teknologi online misalnya saja Google Adsense untuk promosi.

Freelancer

Bila kamu memiliki keahlian seperti dalam bidang penerjemah, penulisan artikel, jasa SEO, pembuatan website, pemrograman, jasa desain interior atau sejenisnya maka ini bisa menjadi salah satu cara. Carilah project yang akan memberikan bayaran untuk skillmu ini.

Maka cobalah untuk menjual keahlian kamu itu secara online sebagai freelancer. Kamu bisa mempromosikan jasa tersebut secara mandiri atau bergabung dengan freelancer lainnya untuk lebih mudah mendapatkan klien. Cara ini sekarang menjadi cara terfavorit untuk mendapatkan passive income di Indonesia.

Jual Beli Domain atau Website

Jika kamu telah memasukkan waktu dan usaha untuk membangun sebuah situs web yang kini telah mendapat banyak pengunjung setiap harinya maka manfaatkan lah. Kamu mungkin bisa menjualnya pada pihak lain yang berkepentingan.

Tidak ada salahnya hal ini kamu lakukan dengan mencantumkannya di pasar seperti Flippa. Pasti banyak konsumen yang tertarik dengan produkmu. Pasalnya, situs dengan tingat kunjungan tinggi memang adalah cara singkat untuk berpromosi secara online.

Affiliate Marketing

Cara terakhir mendapatkan passive income di Indonesia adalah dengan melakukan affiliate marketing alias afiliasi pemasaran. Profesi ini sedang hit seiring dengan berkembangnya digital promosi lewat internet. Adapun profesi ini memungkinkanmu mendapatkan bayaran atas jasamu menjual produk atau jasa seorang merchant atau perusahaan yang mempunyai produk atau jasa yang dipasarkan melalui Internet dan membutuhkan orang lain untuk menjual produk/jasanya.

Kamu akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang berhasil kamu lakukan. Singkatnya profesi ini sama dengan makelar online. Untuk memulainya kamu harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan web afiliasi dan kamu akan mendapat sebuah link Afiliasi.

Kemudian kamu mempromosikan link tersebut di website atau blog, social media atau forum-forum online, dan siapapun yang melakukan klik melalui link yang kamu bagikanlalu melakukan pembelian, maka kamu mendapatkan komisi.

Berinvestasi

Salah satu cara mendapatkan passive income online di Indonesia adalah dengan melakukan investasi. Saat ini ada banyak pilihan investasi online yang bisa kamu jajal. Misalnya saja peer to peer lending (P2P Lending), investasi saham dan reksa dana.

Cukup berinvestasi lewat aplikasi secara online dan kamu akan mendapatkan keuntungan secara rutin. Bukan hanya sekedar pedapata pasif kamu juga akan bisa mempersiapkan masa depan lebih baik dengan berinvestasi.

Untuk investasi yang ama dan terpercaya kamu bisa melakukannya lewat aplikasi Ajaib. Tekfin ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu tak perlu khawatir uangmu hilang. Kelebihan lainnya ialah fitur Referral jika mengajak kenalanmu berinvestasi.

Jadinya benefit investasi bukan hanya kamu rasakan namun juga kenalanmu yang diajak kenal manfaat investasi. Caranya yakni dengan share kode referral dan kamu akan mendapatkan saham dan reksa dana gratis.

Mekanismenya untuk setiap kode yang dipakai maka kamu mendapatkan 1 koin Ajaib yang bisa ditukar dengan reksa dana pasar uang gratis, satu lot saham gratis, atau gratis biaya broker selama 10 hari. Baik nominal reksa dana gratis dan satu lot saham gratis didapatkan secara acak. Adapun nominal reksa dana gratis yang bisa kamu dapatkan maks. Rp1.000.000, sedangkan untuk 1 lot saham gratis tidak ada nilai maksimalnya. Durasi gratis biaya broker maks. 30 hari, setara dengan tiga (3) kali penukaran koin Ajaib.

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan passive income online Indonesia dengan mudah. Kamu bisa memilih yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kamu agar dapat lebih maksimal untuk mengoptimalkan pendapatan pasif kamu.

Artikel Terkait