Saham

Pahami Cara Tebus Right Issue dengan Mudah di Sini!

cara-tebus-right-issue

Ajaib.co.id – Sebagai investor saham, kamu punya hak istimewa dalam membeli saham baru yang diterbitkan oleh emiten dengan cara tebus right issue.

Mekanisme right issue ini memungkinkan pemegang saham lama dari suatu emiten membeli saham baru yang diterbitkan sebelum saham tersebut ditawarkan ke investor lainnya.

Walaupun right issue adalah hak istimewa yang diberikan emiten kepada investor lama. Namun, pilihan untuk membeli atau tidak saham baru yang diterbitkan tersebut adalah hak dari masing-masing investor lama.

Investor lama diberikan kebebasan untuk menebus saham right issue atau tidak. Jika investor lama memutuskan untuk tidak menggunakan hak belinya, emiten bisa menawarkan saham baru tersebut kepada investor baru atau biasa disebut sebagai stand by buyer.

Stand by buyer ini adalah investor yang siap untuk membeli saham-saham right issue yang tidak laku terjual. Dalam hal ini, stand by buyer berasal dari investor baru yang tertarik dengan saham baru tersebut.

Proses right issue bagi investor baru perlu melalui persetujuan dari pemegang saham lama lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Hal ini sudah diatur di Peraturan Bapepam IX.D.1.

Cara Tebus Right issue

Bagi investor lama yang ingin menebus saham right issue, pihak emiten akan membatasi hak beli para investor tersebut berdasarkan rasio.

Dengan pembatasan hak beli investor lama berdasarkan rasio, tentunya hal ini membuat para investor lama dengan jumlah saham yang banyak bisa membeli saham baru tersebut dalam jumlah yang banyak pula.

Misalnya kamu adalah investor lama di salah satu emiten di pasar modal. Emiten tersebut berencana akan melakukan aksi right issue dengan menetapkan rasio 1:2.

Nilai rasio ini membuat investor lama hanya bisa membeli saham baru maksimal sebanyak 2x lipat dari jumlah saham yang dimilikinya saat ini di emiten tersebut. Bila kamu punya saham sebanyak 1.000 lembar, kamu hanya boleh membeli 2.000 lembar saham baru yang diterbitkan oleh emiten tersebut lewat aksi right issue.

Agar tidak kehilangan kepercayaan dari para investor lama, umumnya saham right issue punya harga yang lebih murah dibanding harga saham tersebut pada saat ini. Walaupun begitu, ada pula emiten yang menjual saham right issue lebih mahal, lebih murah, ataupun sama.

Bila investor memutuskan tidak membeli saham right issue, investor akan mengalami penurunan persentase saham di emiten tersebut. Lantaran, adanya penambahan modal namun tidak dibarengi dengan keikutsertaan para investor lama.

Ini adalah risiko investasi bagi seorang investor saham, keputusan membeli atau tidak saham right issue bagi investor lama adalah suatu hal yang perlu diputuskan secara cermat.

Salah satu hal yang perlu dicermati oleh investor saat ingin membeli saham baru lewat right issue adalah tujuan right issue tersebut untuk apa.

Jika penambahan modal nantinya digunakan oleh perusahaan untuk melunasi utang, tentunya investor perlu menimbang-nimbang terlebih dahulu. Sedangkan, jika modal tambahan dari right issue akan digunakan untuk strategi bisnis. Investor bisa mempertimbangkan untuk membeli saham tersebut.

Umumnya, penambahan modal lewat aksi right issue bisa berjalan sukses. Ketika perusahaan menerbitkan saham right issue dengan harga lebih murah dibanding harga pasar saat ini.

Jangan Sampai Ketinggalan Momen, Kini Kamu Bisa Beli Saham Right issue di Ajaib

Seperti diketahui, ada sejumlah emiten yang dikabarkan akan segera melaksanakan right issue dalam waktu dekat. Salah satunya adalah saham-saham blue chip yang menjadi daya tarik bagi para investor di luar sana.

Berdasarkan data OJK, ada 21 emiten yang telah menggelar right issue hingga 27 Agustus 2021. Di mana, satu di antaranya adalah Bank BRI yang berpotensi meraup Rp95,9 triliun lewat harga pelaksanaan right issue senilai Rp3.400 per saham.

Di 2021 ini, saham-saham perbankan diyakini akan berlomba-lomba menggelar right issue untuk memperkuat permodalan yang nantinya akan digunakan untuk berekspansi ke bank digital. Tren bank digital di Indonesia sudah terlihat dari banyaknya kantor cabang bank yang ditutup untuk memaksimalkan platform digital.

Bagi kamu yang tertarik dengan sejumlah emiten yang dikabarkan akan menggelar right issue pada 2021. Investor bisa membeli saham right issue dengan mudah lewat aplikasi Ajaib. Ini dia cara tebus right issue di Ajaib.

·      Di aplikasi Ajaib, investor bisa membeli saham right issue dengan menggunakan fitur HMETD. Untuk menggunakan fitur satu ini, setiap pengguna harus terdaftar sebagai investor Ajaib, dan memastikan bahwa versi aplikasi Ajaib yang diunduh di ponsel pintar adalah versi terbaru.

·      Jika belum mengupdate ke versi terbaru, investor bisa mengupdatenya terlebih dahulu lewat Google Play Store atau App Store.

·      Fitur HMETD di aplikasi Ajaib ini akan diperoleh oleh investor, dengan syarat telah menjadi investor di emiten terkait. Investor bisa memiliki saham yang sedang right issue selambat-lambatnya saat cum date.

·      Jika kamu sudah punya saham yang sedang menggelar right issue, kamu bisa melihatnya di laman “Portofolio” pada HMETD.

·      Pada menu HMETD, kamu bisa melihat saham yang sedang menggelar right issue. Lalu, kamu bisa menebus saham tersebut.

·      Bila kamu ingin menebus saham right issue tersebut, maka dana Buying Power kamu akan berkurang.

·      Lalu, kamu bisa memasukkan jumlah lot saham yang ingin ditebus. Investor bisa membeli saham right issue di aplikasi Ajaib sebanyak lot saham yang kamu miliki di emiten tersebut.

·      Lalu, klik Tebus untuk membeli saham right issue tersebut pada tanggal perdagangan HMETD pukul 09.00-11.00 WIB.

·      Investor perlu memastikan bahwa saldo RDN mencukupi untuk menebus saham right issue tersebut. Bila perdaganan HMETD berakhir namun kamu belum menebusnya, kamu akan kehilangan hak tebus tersebut.

·      Klik Konfirmasi bila kamu sudah yakin bahwa jumlah lot saham yang ingin dibeli sudah benar. Maka, dana Buying Power kamu akan berkurang sesuai dengan nominal tebus.

·      Selanjutnya, kamu akan melihat adanya notifikasi di layar ponsel pintar bahwa kamu sudah berhasil menebus saham right issue tersebut.

Selain menggunakan hak tebus saham right issue yang dimiliki, kamu juga bisa tidak menggunakan hak tebus tersebut dengan menjualnya kepada stand by buyer di aplikasi Ajaib. Cara tebus right issue atau menjualnya kepada stand by buyer selengkapnya bisa kamu lihat di sini

Keuntungan dari cara tebus right issue di aplikasi Ajaib ini adalah investor dapat memperoleh harga saham yang lebih murah dibanding harga pasar saat ini.

Artikel Terkait