Emas, Investasi

Model Cincin Emas Putih & Tips Memilihnya!

cincin-emas-putih

Ajaib.co.id – Cincin emas putih merupakan sebuah perhiasan perpaduan antara logam emas dan satu atau lebih logam lain yang berwarna putih seperti perak dan paladium. Sedangkan kandungan emas dalam emas putih sendiri bisa jadi hanya 18 karat, 14 karat, atau lainnya.

Dulu, nikel juga banyak digunakan dalam pembuatan cincin emas putih, tetapi kini nikel lebih jarang digunakan karena campuran nikel bisa mengakibatkan reaksi alergi bagi beberapa orang. Oleh karena itu, sekarang lebih banyak yang dicampur dengan perak dan paladium karena lebih ramah terhadap kulit.

Model Cincin Emas Putih 2020

Berbicara soal cincin emas putih, sepanjang 2020, ada tiga model cincin emas putih yang terlihat mewah dan elegan di jari seorang wanita sebagai berikut ini:

1. Cincin Emas Putih dan Permata

Rekomendasi cincin pertama untuk kamu yang berpasangan. Cincin ini memang terlihat sangat manis. Desain untuk laki-laki dan perempuan juga berbeda. Untuk cincin laki-laki bermodel minimalis, dan model cincin perempuannya menyerupai sepasang sayap. Keren kan.

Cincin yang menggunakan silver, zircon, dan lapis emas 18 karat ini memang sangat cocok untuk dijadikan cincin tunangan.

2. Cincin Emas Bentuk Melingkar Kombinasi Permata

Cincin ini memiliki berat berat 3,15 gram yang desainnya sangat mewah. Memiliki aksen manis dari permata melingkar menyerupai huruf H, membuat cincin ini juga terlihat sangat menawan.

Tak hanya itu saja, kadar emasnya pun sekitar 70 persen lho! Bila seorang wanita yang memakai cincin dengan model ini, dia akan terlihat lebih elegan.

3. Cincin Emas Putih Bentuk Bunga

Terakhir, ada cincin berbentuk bunga yang desainnya terlihat tampak manis sekali. Cincin ini memiliki berat 2,15 gram dan kadar emas 70 persen. Di bagian tengah bunga terdapat detail yang membuat cincin ini semakin cantik. Bagaimana, apa kamu tertarik?

Emas Putih Dilapisi Logam Lainnya?

Sebagai informasi tambahan, ketika masih baru, emas putih dilapisi dengan bahan logam berwarna putih lainnya, yaiturodium, untuk membuat warnanya makin berkilau. Rodium sangat mirip dengan platinum, termasuk warna putihnya. Inilah yang banyak membuat orang salah paham.

Warna emas putih tanpa lapisan rodium akan nampak lebih kusam, sedangkan rupa emas putih yang telah dipoles rodium akan sangat mirip atau malah lebih cemerlang dibanding platinum. Namun demikian, lapisan rodium ini lama kelamaan akan pupus, sehingga emas putih perlu dipoles ulang setiap sekitar 12-18 bulan.

Sedangkan platinum adalah logam berwarna putih yang bila digunakan untuk membuat perhiasan maka tidak perlu campuran lain. Berbeda dengan logam emas yang lunak, platinum lebih padat dan berat.

Jika cincin platinum dipakai misalnya, maka akan terasa lebih berat dibanding cincin emas 18 karat. Berbeda juga dengan emas putih yang perlu dilapisi rodium, platinum sudah cukup berkilau dengan sendirinya. Karenanya, maka harga platinum jauh lebih mahal. Sebuah cincin platinum bisa berharga dua kali lipat emas putih 18 karat.

Cincin Emas Putih Vs Emas Kuning

Cincin emas putih dan emas kuning merupakan jenis logam yang paling sering dan poluler. Jika dilihat dengan mata telanjang, emas putih dan kuning tidak memiliki perbedaan yang berarti, kecuali warnanya. Lalu apa perbedaan kedua jenis emas ini?

1. Bagaimana Cara Dibuatnya

Emas putih terbuat dari emas kuning yang dicampur logam putih, seperti palladium ataupun nikel. Umumnya, perhiasan ini dibuat dengan dilapisi rhodium untuk membuat perhiasan terlihat lebih putih dan berkilau. 

Sedangkan, emas kuning dibuat dengan campuran logam lain yang tujuannya untuk membuatnya menjadi lebih keras dan tahan lama, bukan untuk mengubah warna.

2. Daya Tahan

Cincin yang terbuat dari emas putih lebih tahan lama daripada emas kuning. Hal tersebut dikarenakan emas putih telah dilapisi rhodium yang membuatnya tahan lebih lama dari emas kuning.

3. Perawatan 

Cincin emas kuning lebih lembut dari emas putih, sehingga memerlukan pemeliharaan lebih sering dibandingkan emas putih. Selain itu, cincin emas kuning perlu diperiksakan lebih detail untuk kerusakan dan diperbaiki lebih sering.

Sedangkan, emas putih lebih tahan lama dan lebih mudah dalam perawatannya. Namun, pudarnya lapisan rhodium tergantung seberapa sering kamu menggunakan cincin tersebut. 

4. Kandungan Nikel

Ada beberapa pengrajin perhiasan menggunakan campuran nikel untuk perhiasan emas. Ketika kamu mempunyai alergi terhadap logam, kamu harus mempertimbangkan hal tersebut. Cobalah tanyakan dan pastikan campuran logam yang digunakan terlebih dulu kepada toko perhiasan sebelum membeli cincin. Cincin emas putih yang mengandung nikel akan dilapisi rhodium yang bisa memicu reaksi alergi.

5. Harga yang Terjangkau

Harga emas bergantung pada karatnya, namun biasanya cincin emas putih lebih mahal dibanding emas kuning walaupun memiliki karat yang sama. Hal tersebut disebabkan karena rhodium yang melapisi emas putih tersebut.

Koleksi Perhiasan Emas Putih dari Toko Emas Semar Nusantara

Bagi kamu pecinta perhiasan emas, kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan Semar group? Perusahaan yang dikenal dengan Toko Emas Semar Nusantara ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perhiasan seperti emas, berlian dan batu permata.

Nah, di bulan September 2020 ini, perushaan ini memiliki koleksi perhiasan terbaru dalam bentuk anting, liontin, gelang dan kalung emas. Di mana, perhiasan terbaru dari Semar Nusantara ini memiliki kadar emas 50 hingga 75 persen. Di bawah ini adalah koleksi perhiasan di Toko Emas Semar Nusantara.

  1. Anting emas kuning dengan kadar 75 persen dan berat 3,1 persen.
  2. Liontin emas kuning yang memiliki kadar 75 persen dengan berat 1,7 gram.
  3. Gelang emas yang hadir dengan berat 9,7 gram dan memiliki kadar emas 75 persen.
  4. Kalung emas yang hadir dengan berat 4 gram dan memiliki kadar 50 persen.
  5. Cincin emas terbaru hadir dalam berbagai pilihan mulai dari 1 gram hingga 1,2 gram dengan kadar 50 persen.

Harga masing-masing perhiasan yang dijual di Semar Nusantara berdasarkan berat dan kadar emas serta jenis emas. Jenis emas yang dimaksud yakni emas kuning dan putih.

Dikutip dari data Semar, harga jual standar untuk perhiasan emas kuning dan kadar 50 persen yakni Rp430.000 per gram, dan untuk kadar 75 persen dibanderol Rp703.000 per gram.

Sedangkan, harga standar untuk perhiasan yang terbuat dari emas putih dengan kadar 50 persen yaitu Rp445.000 per gram, dan kadar 75 persen dijual dengan harga Rp720.000 per gram.

Harga perhiasan emas putih lebih tinggi dibanding perhiasan emas putih. Hal itu lantaran kandungan emas putih yang membuatnya lebih tahan lama dan berkilau.

Daftar Harga Emas Semar Nusantara 9 September 2020

  1. Emas perhiasan kuning 12 karat 1 gram: Rp430.000
  2. Emas perhiasan kuning 12 karat 2 gram: Rp860.000
  3. Emas perhiasan kuning 12 karat 3 gram: Rp1.290.000
  4. Emas perhiasan kuning 18 karat 1 gram: Rp703.000
  5. Emas perhiasan kuning 18 karat 2 gram: Rp1.406.000
  6. Emas perhiasan kuning 12 karat 3 gram: Rp2.109.000
  7. Emas perhiasan putih 12 karat 1 gram: Rp445.000
  8. Emas perhiasan putih 12 karat 2 gram: Rp890.000
  9. Emas perhiasan putih 12 karat 3 gram: Rp1.335.000
  10. Emas perhiasan putih 18 karat 1 gram: Rp720.000
  11. Emas perhiasan putih 18 karat 2 gram: Rp1.440.000
  12. Emas perhiasan putih 18 karat 3 gram: Rp2.160.000

Selain perhiasan, perusahaan ini juga menawarkan emas batangan atau logam mulia yang bisa digunakan sebagai investasi. Semar Gold memiliki kadar 99,9 persen ini dibanderol mulai Rp932.000 per gram.

  1. 1 gram: Rp932.000
  2. 2 gram: Rp1.864.000
  3. 3 gram: Rp2.796.000
  4. 5 gram: Rp4.635.000
  5. 10 gram: Rp9.270.000
  6. 25 gram: Rp23.050.000

Itulah beberapa hal terkait perhiasan emas dan cincin emas putih. Ini bisa jadi salah satu investasi buat kamu. Namun, perhatikan kembali tempat penyimpanan dan juga perawatannya. Karena tanpa perawatan yang benar, nilai dari emas yang kamu miliki bisa turun dan tidak sesuai harapan.

Bagi kamu yang ingin mencari cincin untuk investasi namun tidak bisa merawatnya, kamu bisa coba memilih investasi lain seperti reksa dana maupun saham.

Kedua jenis investasi ini tidak membutuhkan timpat penyimpanan dan juga perawatan. Kamu hanya perlu memerhatikan angka dan dana investasi. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk mulai berinvestasi, karena reksa dana ataupun saham memiliki modal kecil untuk memulainya. Mulai Rp10 ribu untuk instrumen reksa dana, dan mulai dari Rp100 ribu untuk saham. Bukan hanya itu, kamu juga bisa memilih investasi dan melakukan diversifikasi untuk hindari risiko besar dalam berinvestasi.

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana maupun saham dengan lebih mudah dari rumah. Hanya dengan mendaftar dan memulai investasi, kamu sudah bisa mendapatkan keuntungan yang disesuaikan dengan instrumen investasi yang kamu pilih. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasimu sekarang!

Artikel Terkait